-->

Berikut Tips Menghindari Kejahatan Skimmer Saat Menggunakan Mesin ATM!

tips-menghindari-kejahatan-skimmer
inulwara.blogspot.com
Beberapa hari terakhir cukup viral di media-media berita online maupun media sosial kabar tentang banyaknya nasabah bank BRI yang kehilangan uangnya secara misterius. Bukan karena layanannya yang mengalami gangguan, melainkan uang yang ada dalam rekening nasabah raib begitu saja.

Para nasabah mengklim jika uangnya tidak pernah ia ambil atau transfer. Namun, setelah ditelusuri riwayat transaksi menunjukkan jika uang yang ada dalam rekening berstatus "debit", yang artinya bahwa uang tersebut telah dikeluarkan, entah itu karena penarikan atau transfer.

Mengetahui fenomena yang terjadi demikian, sudah selayaknya Anda sebagai orang yang selalu menyimpan uang di bank untuk selalu berhati-hati terhadap segala aktivitas yang terjadi pada rekening Anda. Langkah ini tidak lain adalah sebagai upaya untuk mengamankan rekening bank Anda dari pencurian atau kejahatan skimmer.

Kasus yang terjadi akhir-akhir ini sangat mungkin adalah bagian dari kejahatan skimmer. Pemilik rekening tak tahu menahu jika uangnya telah raib padahal tidak ia ambil atau melakukan transfer ke rekening lain. Meskipun pada dasarnya kejahatan perbankan bisa saja terjadi dengan modus yang berbeda-beda.

Umumnya, kejahatan skimmer sering dilakukan lewat mesin ATM. Pelaku akan menaruh alat khusus untuk merekam aktivitas korban lewat kartu ATM yang digunakannya. Tujuannya adalah untuk mencuri data nasabah. Sehingga, kartu ATM akan dibuat duplikatnya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghindari kejahatan skimmer pada rekening bank Anda saat menggunakan mesin ATM.

1. Selalu waspada dan awasi kondisi sekitar

Awasi kondisi sekitar, apakah ada orang-orang yang mencurigakan. Sebisa mungkin untuk menghindari mesin ATM yang berada di lokasi terpencil atau di tempat terbuka.

2. Periksa terlebih dahulu sebelum menggunakan mesin ATM

Selain waspada, coba perhatikan terlebih dahulu mesin ATM yang akan digunakan apakah ada kelainan atau keanehan secara fisik, terutama dibagian untuk memasukkan kartu. Periksa, apakah posisinya ada yang terlihat aneh atau janggal.

3. Goyangkan kartu saat memasukkan ke mesin ATM

Saat memasukkan kartu ke lubang pembaca kartu, goyang-goyangkanlah kartu ATM Anda ke kanan dan ke kiri atau ke atas dan ke bawah sampai kartu masuk ke dalam. Langkah ini tujuannya agar alat skimmer tidak dapat membaca pita magnetik yang berada pada kartu ATM Anda.

4. Selalu asumsikan bahwa ada orang yang mengintip

Saat memasukkan nomor pin, usahakan agar tidak bisa terlihat oleh orang lain, meski tidak ada seorangpun yang terlihat di sekitar. Karena bisa jadi ada skimmer yang menaruh kamera kecil di sekitar mesin ATM yang tak terlihat oleh Anda.

5. Gunakan ATM di hari kerja

Biasanya setiap hari Sabtu dan Minggu kantor layanan bank terhadap konsumen akan libur. Para pelaku skimmer biasanya menanamkan alat penyadap mereka di akhir pekan. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir laporan korban kepada pihak bank jika mereka jadi korban.

6. Aktifkan layanan mobile banking

Sebaiknya segera aktifkan layanan ini di nomor hp Anda. Dengan aktifnya layanan mobile banking pada hp Anda, segala aktivitas rekening Anda akan cepat Anda ketahui.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kejahatan skimmer saat Anda menggunakan mesin ATM untuk melakukan transaksi perbankan. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel