RPP,Silabus,KI/KD Matematika Kelas 7-VII Semester 1,2 Kurikulum 2013 Revisi
RPP,Silabus,KI/KD Matematika Kelas 7-VII semester 1 dan semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII (Satu) / 1
Materi Pokok : Himpunan
Alokasi Waktu : 4 x 5 JP
B. KOMPETENSI DASAR
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, resposnsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan diri pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya serta kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan himpunan.
Memahami pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
C. INDIKATOR
Membangun persepsi positif dengan menunjukkan proses penemuan konsep dan aturan himpunan menggunakan objek-objek nyata pengamatan
Siswa diajak berpikir dan mengajukan ide-ide secara bebas dan terbuka baik secara individu maupun kelompok dalam menanggapi pemecahan masalah dan bekerjasama memecahkannya
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses pembelajaran himpunan, siswa memiliki pengalaman belajar:
terlatih berpikir kritis dan berpikir kreatif;
menemukan ilmu pengetahuan dari pemecahan masalah nyata;
mengajak untuk melakukan penelitian dasar dalam membangun konsep;
dilatih bekerjasama dalam tim untuk menemukan solusi permasalahan.
dilatih mengajukan ide-ide secara bebas dan terbuka;
merasakan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari.
E. MATERI PEMBELAJARAN
MENEMUKAN KONSEP HIMPUNAN
F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | þ Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran) þ Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa þ Guru Mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis. þ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai. þ Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran. | 10 menit |
Inti | Tahap apersepsi budaya þ Menginformasikan indikator pencapaian kompetensi dasar. þ Menciptakan persepsi positif dalam diri siswa terhadap budayanya dan matematika sebagai hasil konstruksi sosial. þ Menjelaskan pola interaksi sosial, menjelaskan peranan siswa dalam menyelesaikan masalah. þ Memberikan motivasi belajar pada siswa melalui penanaman nilai matematis, soft skill dan kebergunaan matematika. þ Memberi kesempatan pada Tahap penyelesaian masalah pola interaksi edukatif þ Membentukan kelompok þ Mengajukan masalah yang bersumber dari fakta dan lingkungan budaya siswa þ Meminta siswa memahami masalah secara individual dan kelompok þ Mendorong siswa bekerjasama menyelesaikan tugas-tugas þ Membantu siswa merumuskan hipotesis (dugaan). þ Membimbing, mendorong/mengarahkan siswa menyelesaikan masalah dan mengerjakan LKS þ Memberikan scaffolding pada kelompok atau individu yang mengalami kesulitan þ Mengkondisikan antar anggota kelompok berdiskusi, berdebat dengan pola kooperatif þ Mendorong siswa mengekspresikan ide-ide secara terbuka þ Membantu dan memberi kemudahan pengerjaan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam pemberian solusi Tahap persentasi dan mengembangkan hasil kerja þ Memberi kesempatan pada kelompok mempresentasikan hasil penyelesaian masalah di depan kelas þ Membimbing siswa menyajikan hasil kerja þ Memberi kesempatan kelompok lain mengkritisi/menanggapi hasil kerja kelompok penyaji dan memberi masukan sebagai alternatif pemikiran. Membantu siswa menemukan konsep berdasarkan masalah þ Mengontrol jalannya diskusi agar pembelajaran berjalan dengan efektif þ Mendorong keterbukaan, proses-proses demokrasi þ Menguji pemahaman siswa Tahap temuan objek matematika dan penguatan skemata baru þ Mengarahkan siswa membangun konsep dan prinsip secara ilmiah þ Menguji pemahaman siswa atas konsep yang ditemukan melalui pengajuan contoh dan bukan contoh konsep þ Membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang berkaitan dengan masalah þ Memberi kesempatan melakukan konektivitas konsep dan prinsip dalam mengerjakan soal tantangan þ Memberikan scaffolding Tahap menganalisis dan mengevaluasi proses dan hasilpenyelesaian masalah þ Membantu siswa mengkaji ulang hasil penyelesaian masalah þ Memotivasi siswa untuk terlibat dalam penyelesaian masalah yang selektif þ Mengevaluasi materi akademik: memberi kuis atau membuat peta konsep atau peta materi. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | þ Guru bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran, þ Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram, þ Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, þ Memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar pesrta didik. | 15 menit |
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru Kelas VII SMP/MTs
I. INSTRUMEN PENILAIAN
Tugas
Guru menyuruh siswa mengamati Gambar 1.4. untuk menemukan hal-hal berikut
Himpunan A memuat unsur x maka dikatakan bahwa x adalah anggota himpunan A atau sering disebut x adalah elemen himpunan A, dilambangkan dengan x e A.
Himpunan B memuat unsur 2 maka dikatakan 2 adalah anggota himpunan B atau sering disebut 2 adalah elemen himpunan B dilambangkan dengan 2 e B.
Observasi
Selama KBM:
ketelitian
rasa ingin tahu
Portofolio
Menilai kemajuan belajar dalam memecahkan masalah himpunan:
pemahaman
pemodelan atau penyusunan kalimat matematika
memilih strategi dan menyelesaikan model
masuk akalnya penyelesaian
Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan himpunan:
himpunan bagian
komplemen
operasi himpunan
diagram Venn