IPA (RPP,Silabus,KI/KD) Kelas 7-VII Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
IPA (RPP,Silabus,KI/KD) Kelas 7-VII Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : VII (Satu) / 1
Topik : Objek IPA dan Pengamatannya
Sub Topik : Objek IPA dan Pengamatan
Pertemuan : Ke 1
Alokasi Waktu : 3 X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
C. INDIKATOR
Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok.
Menyebut kan objek yang dipelajari dalam IPA.
Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
Menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil.
Terampil dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar.
Menjelaskan 3 komponen ketrampilan proses meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui observasi dan diskusi
Siswa dapat mengembangkan perilaku tanggung jawab,ketekunan, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
Siswa dapat mengembangkan rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok.
Siswa dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
Siswa dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
Siswa dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil.
Siswa terampil dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar.
Siswa dapat menjelaskan tiga komponen ketrampilan proses meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi
E. MATERI PEMBELAJARAN
Objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola krteraturannya.
Kegunaan belajar IPA, agar kita dapat meningkatkan kwalitas hidup, memahami berbagai hal di sekitar kita, menyelesaikan masalah, berfikir logis dan sistematis.
Pengamatan : melibatkan panca indra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi.
Inferensi : merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan- hubungan antar aspek yang diamati serta membuat prediksi.
Komunikasi : mengkomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan dan gambar yang relefan.
F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media : Alam sekiter kita
Alat dan bahan : Alat indra dan lingkungan
Sumber Belajar : Buku Siswa IPA Kelas VII, Puskurbuk 2013
Buku Guru
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Tahapan pokok | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Orientasi siswa pada masalah | þ Siswa menyimak masalah yang disampaikan guru tentang pengamatan dalam pembelajaran IPA. þ Siswa diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap masalah tersebut. þ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan cara pambelajaran yang akan dilaksanakan. | 10 menit |
Inti | Mengorganisasi siswa dalam belajar | þ Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru. þ Siswa menerima LKS untuk pengamatan | 20 Menit |
Membimbing pengamatan siswa secara mandiri maupun kelompok | þ Siswa melakukan pengamatan sesuai petunjuk LKS dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi. þ Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok, belajar berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan. | 20 Menit | |
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | þ Siswa menjawab pertanyaan pada LKSdan menyajikan dalam laporan tertulis. þ Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan didepan kelas | 20 Menit | |
Penutup | Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah | þ Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan- pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa. þ Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi penghargaan. þ Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa. | 20 Menit |
I. PENILAIAN
1. Metode dan bentuk instrumen
Metode | Bentuk intrumen |
1. Sikap | Lembar pengamatan sikap |
2. Tes unjuk kerja | Tes penilaian kinerja dalam pengamatan |
Lampiran 1 : Instrumen penilaian non tes
1. PENILAIAN SIKAP
Mata pelajaran : IPA Semester : 1 ( satu )
Kelompok : Kelas :
NO | NAMA SISWA | SKOR | |||||
Komitmen tugas | Kerja sama | ketelitian | minat | Jumlah skor | Nilai | ||
1 | |||||||
2 | |||||||
3 | |||||||
4 |
SKOR NILAI = 0 - 100