RPP DAN SILABUS SMK PPKN KELAS 12 K13 REVISI 2017
langkah langkah yang harus di lakukan untuk membuat perangkat pembelajaran atau rpp yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat ini, Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru (SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017)
Terintegrasi dengan pembelajaran: Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, Literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative
IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS (Higher Order Thinking Skill)
IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret RPP disusun
Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Dan berikut ruang lingkup materi yang terdapat pada PERANGKAT PEMBELAJARAN SMK RPP DAN SILABUS SMK PPKN KELAS 12 K13 REVISI 2017 antara lain:
Terintegrasi dengan pembelajaran: Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, Literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative
IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS (Higher Order Thinking Skill)
IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret RPP disusun
Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Dan berikut ruang lingkup materi yang terdapat pada PERANGKAT PEMBELAJARAN SMK RPP DAN SILABUS SMK PPKN KELAS 12 K13 REVISI 2017 antara lain:
- Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara
- Fungsi Dan Kedudukan Pancasila
- Peran Pancasila Sebagai Ideology Terbuka
- Perlindungan Dan Penegakan Hukum
- System Pemerintahan Yang Berlaku Di Indonesia
- Pengaruh Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Negara Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Dinamika Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Sebagai Upaya Menjaga dan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Peranan Pers Di Indonesia
- Pelaksanaan Pemerintahan Sesuai Karakteristik Good Governance