-->

Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018

Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018 - Sistem Manajemen Aplikasi TAKOLA SMK 2018, Pada kesempatan kali ini admin memberikan informasi mengenai Takola SMK 2018, dan rekan-rekan semua bisa download buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018 secara gratis pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.


Aplikasi Takola SMK Tahun 2018 Pada hakikatnya adalah merupakan suatu sistem yang mengendalikan proses managemen pemberian bantuan kepada sekolah dari mulai tahapan pengusulan oleh sekolah, tahap verifikasi ulang data sekolah, tahap pengajuan pengesahan ke Dinas Pendidikan Provinsi hingga pada proses penentuan calon penerima bantuan oleh Direktirat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan dan pelaporan pelaksanaan bantuan sekolah kembali.


Aplikasi Takola SMK  2018 Sistem ini diharapakan dapat memaksimalkan dan meningkatkan efisiensi dalam proses pemberian bantuan dan monitoring tahapan pelaksanaan bantuan di sekolah sehingga seluruh proses dapat terpantau dan terkoordinasi dengan baik. Buku manual Panduan Penggunaan Aplikasi TAKOLA SMK 2018 ini mempunyai peran straregis mengingat besarnya peran sekolah dalam aplikasi TAKOLA SMK, terutama sebagai acuan dalam pengoprasian sistem ini.


Buku ini tidak hanya bermanfaat bagi Direktorat Pembinaan SMK selaku pengelola utama aplikasi TAKOLA SMK, namun juga sangat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan Provinsi selaku Instansi yang membawahi sekolah langsung khusus nya sekolah menengah kejuruan yang merupakan ujung tombak pengguna aplikasi TAKOLA SMK ini.
Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018
Perkembangan aplikasi teknologi informasi saat ini sudah berkembang begitu pesat dan menambah di berbagai bidang, seperti pendidikan, perbankan, perhubungan, pemasaran, perencanaan, pelayanan umum, dan sebagainya. Teknologi informasi dapat berkembang dengan baik seiring dengan tersedianya perangkat keras atau komputer yang berkemampuan tinggi baik dalam kecepatan proses ataupun memorinya, yang dibarengi dengan perkembangan fasilitas perangkat lunak yang semakin baik dalam mengakomodasi pemakai sesuai kepentingannya.


Teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dengan pembangunan sistem informasi sebagai bentuk sarana penyedia informasi untuk berbagai kepentingan. Informasi yang disajikan di dunia internet sudah sangat global dan selalu diusahakan ontime sehingga waktu update suatu informasi sangatlah cepat. Setiap organisasi dapat memanfaatkan internet dan jaringan teknologi informasi untuk menjalankan berbagai aktivitasnya secara elektronis. Dengan digunakannya aplikasi web, diharapkan segala masalah dapat diatasi dengan mudah. inilah yang dapat menunjang kelancaran dalam melaksanakan suatu pekerjaan secara cepat dan akurat.



Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan adalah sebuah Oraganisasi pemerintahan yang berada di bawah Kementerin Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertugas untuk membina satuan pendidikan khususnya Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Salah satu program yang terdapat pada Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kujuruan adalah program pemberian bantuan kepada sekolah dan siswanya.


Dengan memanfaatan teknologi informasi maka akan dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas perencanaan dan penyaluran program bantuan ke sekolah, serta dapat menata keseluruhan proses beserta data dan dokumen dalam proses penyaluran program bantuan.


Takola SMK adalah aplikasi berbasis web terintegrasi dengan DAPODIK sebagai sumber data yang digunakan untuk mengelola proses pengusulan, penetapan, monitoring dan pelaporan bantuan-bantuan yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan SMK kepada Sekolah.


Adapun tujuan yang akan dicapai dari aplikasi ini adalah :
1. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pemberian bantuan kepada
2. Meningkatkan transparasi dan akuntabilitas pengelolaan bantuan
3. Memudahkan sekolah proses monitoring terhadap proses pelaksanaan bantuan
4. Meningkatkan tata kelola dokumentasi dan pelaporan pelaksanaan bantuan


Setiap satuan pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai hak akses untuk masuk ke dalam aplikasi, hak akses tersebut secara default tanpa melalui tahap proses pendaftaran akun yaitu dengan cara menggunakan akun Dapodik, karena setiap sekolah sudah diwajibkan untuk mendaftarkan diri di Jaringan Pendataan Nasional Dapodik sehingga akun tersebut bisa digunakan untuk mempermudah sekolah masuk ke dalam aplikasi tanpa melalui tahapan pendaftaran.


Akun sekolah ini digunakan bagi sekolah untuk melakukan verifikasi data dan pelaporan bagi sekolah yang telah mendapat bantuan. Aplikasi Takola SMK untuk sekolah dapat diakses melalui laman http:psmk.kemdikbud.go.id/takola, berikut adalah contoh tampilan halaman utama aplikasi takola:

Tampilan progres pengusulan pada tampilan awal Takola 2018


Setelah terbuka halaman utama aplikasi takola, maka pengguna bisa menekan tombol “Login” dan memasukkan akun Dapodik sekolah seperti pada contoh gambar di bawah ini:
Tampilan Login Takola SMK 2018

Setelah Login ke dalam aplikasi takola bagi sekolah maka akan ditampilkan halaman utama “home” dan daftar menu yang diperbolehkan diakses oleh sekolah, seperti pada gambar berikut :
Tampilan utama pengguna oleh Sekolah


Berikut adalah daftar menu yang bisa di akses oleh sekolah:

1. Menu Pesan 
Menu ini dipergunakan sebagai sarana untuk bertukar pesan antar pengguna aplikasi Takola layakanya seperti sebuah email, tujuan menu ini dibuat adalah agar bisa saling berkomunikasi antara sekolah dan sekolah lain atau antara sekolah dengan Direktorat Pembinaan SMK terkait data maupun perihal bantuan yang diterima oleh sekolah.


2. Menu Verifikasi Data
Menu Verifikasi Data ini adalah menu yang difungsikan sebagai menu khusus bagi sekolah untuk memverifikasi ulang data yang sekolah telah isikan melalui masing-masing operator yang berada di sekolah ke dalam aplikasi pendataan nasional Dapodik. Sehingga data yang ditampilkan pada menu ini adalah hanya satu data yaitu data masing-masing sekolahnya, data tersebut di kombinasikan dengan data-data yang dibutuhkan terkait pemberian bantuan tetapi yang belum dapat diperoleh dari data Dapodik misal foto lahan, luas lahan tanah atau lahan cor/dak yang siap untuk dibangun dan lain-lain.


3. Menu Kelengkapan Dokumen
Pada menu Kelengkapan Dokumen, sekolah bisa menggunakannya sebagai alat untuk melengkapi seluruh dokumen-dokumen yang dibutuhkan terkait bantuan yang mereka akan terima, misalnya dokumen surat pengantar dari Dinas Pendidikan Provinsi, dokumen SK pengangkatan TIM,dll.


4. Menu Daftar Bantuan Diterima
Menu ini digunakan oleh sekolah untuk melihat riwayat seluruh daftar bantuan yang diterima oleh sekolah berserta data detail keseluruhan setiap program bantuan mulai dari laporan hingga perincian penggunaan dana.


Itu Penjelasan singkat mengenai Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018 yang dapat admin bagikan, lebih jelasnya lagi silahkan Download buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018 berformat pdf pada link di bawah ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel