PERANGKAT PEMBELAJARAN SMK BAHASA INGGRIS KELAS 12 K 13 REVISI 2017
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -
Dan dalam inti dari apa yang akan kami bahas kali ini tentang rpp, yang mana RPP dapat diartikan dengan sebuah rencana yang mengambarkan prosedur pembelajaran dalam mencapai suatu kompetensi, Dimana RPP mengembangkan silabus untuk diarahakan kepada kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai (KD) atau Kompetensi dasar.
Setiap tenaga pengajar wajib menyusun RPP sistematis dan secara lengkap agar ketika proses pembelajaran berlangsung secara interaktip, inspiratif, menantang, menyenangkan,efisien, serta memotivasi siswa untuk ikut berpartisipasi aktif,serta memberikan ruang yang cukup bagi prakrasa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat,minat, serta perkembangkan fisik dan psikologis peserta didik dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diharapkan pada Standar Proses, dan karena itu, setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis.
Dan untuk itu kami menyajikan perangkat pembelajaran untuk SMK/MAK BAHASA INGGRIS KELAS 10.11, 12 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 yang telah disusun secara lengkap dan sistematis, berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih, SMK/MAK BAHASA INGGRIS KELAS 12 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 ini dikembangkan secara rinci mengacu pada KI-KD, silabus dan bahan ajar. RPP terdiri atas komponen KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media, sumber belajar, langkah langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.Masing-masing komponen saling berhubungan secara logis sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh.
Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru berdasarkan Struktur kurikulum yang berlaku (SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017)
IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Dan berikut ruang lingkup materi yang terdapat pada SMK/MAK BAHASA INGGRIS KELAS 12 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 diantaranya sebagai berikut:
Dan dalam inti dari apa yang akan kami bahas kali ini tentang rpp, yang mana RPP dapat diartikan dengan sebuah rencana yang mengambarkan prosedur pembelajaran dalam mencapai suatu kompetensi, Dimana RPP mengembangkan silabus untuk diarahakan kepada kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai (KD) atau Kompetensi dasar.
Setiap tenaga pengajar wajib menyusun RPP sistematis dan secara lengkap agar ketika proses pembelajaran berlangsung secara interaktip, inspiratif, menantang, menyenangkan,efisien, serta memotivasi siswa untuk ikut berpartisipasi aktif,serta memberikan ruang yang cukup bagi prakrasa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat,minat, serta perkembangkan fisik dan psikologis peserta didik dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diharapkan pada Standar Proses, dan karena itu, setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis.
Dan untuk itu kami menyajikan perangkat pembelajaran untuk SMK/MAK BAHASA INGGRIS KELAS 10.11, 12 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 yang telah disusun secara lengkap dan sistematis, berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih, SMK/MAK BAHASA INGGRIS KELAS 12 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 ini dikembangkan secara rinci mengacu pada KI-KD, silabus dan bahan ajar. RPP terdiri atas komponen KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media, sumber belajar, langkah langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.Masing-masing komponen saling berhubungan secara logis sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh.
Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
- Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, Literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative
- HOTS (Higher Order Thinking Skill)
RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru berdasarkan Struktur kurikulum yang berlaku (SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017)
IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Dan berikut ruang lingkup materi yang terdapat pada SMK/MAK BAHASA INGGRIS KELAS 12 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 diantaranya sebagai berikut:
- Teks Eksposisi Analitis
- Teks Biografi Tokoh
- Hubungan Sebab Akibat
- Teks Interaksi Transaksional terkait Penulisan Laporan Sederhana
- Teks Interaksi Transaksional terkait terkait penyajian laporan secara lisan
- Menawarkan Jasa dan Menanggapinya (offering help and response)
- Surat Lamaran Kerja
- Teks Interaksi Transaksional Melibatkan Memberi dan Meminta Informasi Terkait Jati diri
- Menyatakan Dan Menanyakan Tentang Keharusan
- Teks News Item
- Teks Interaksi Transaksional Melibatkan Tindakan Terkait Pengandaian Diikuti Oleh Perintah/saran