-->

Mengajar Reservation Melalui Media Komik

Pada postingan ini, saya akan sharing mengenai pengalaman mengajar saya di Kelas XII Farmasi dan XII TKJ di SMKN Taman Fajar dengan materi RESERVATION (Pemesanan).

Reservation is an act to reserving something such as ticket (transportation/ cinema), rooms (hotel) and table (restaurant). Reservasi adalah tindakan untuk memesan sesuatu seperti memesan tiket pesawat, tiket ke bioskop, memesan kamar di hotel dan memesan meja di restoran.

Setelah saya memberi materi mengenai reservation, saya membagi siswa dalam beberapa kelompok, kemudian saya menugaskan setiap kelompok harus membuat percakapan reservation melalui media komik dengan tema reservation at hotel, reservation at restaurant, reservation at Travel Agency and Reservation at Cinema. Kemudian saya memberikan software untuk membuat komik yaitu comic life.

Setiap kelompok mengambil beberapa gambar baik di dalam kelas maupun sekolah. Ternyata untuk pengambilan foto untuk project reservation komik tidak cukup waktu. Sehingga saya memberikan arahan agar pengambilan foto bisa dilakukan waktu jam istirahat dan pada pertemuan minggu depan agar dipresentasikan.

Setelah satu minggu kemudian, setiap kelompok sudah menyelesaikan project komik baik itu di kelas XII Farmasi maupun kelas XII TKJ. Berikut ini hasil komik mereka:

Kelas XII Farmasi

1. Kelompok 1 (M. Iqram (Waiter), Ainun, Berliana dan Mona)

Reservation at Restaurant

Waiter : Good Evening, Welcome to Our Restaurant. (Selamat Sore, Selamat datang di restoran kami)

Berliana : Good Evening (Selamat sore)

Waiter : This is the menu of this restaurant. What would you like to reserve? (Ini daftar menu yang ada di restoran ini. Mau pesan apa mbak?)
Berliana : We order the food right now or wait Mona? (Kita pesan sekarang atau tunggu Mona)

Ainun : I think we are better to wait for her (Sebaiknya kita tunggu dia saja)

Ainun : Okay, We are waiting a friend first. (Baik tapi kami sedang menunggu teman kami dulu)

Waiter : Alright, you can call me if you
want to order the food. (Baik, mbak bisa panggil saya jika nanti mau pesan makanan)

Berliana : that's Mona. Hi Mona.

Mona : Sorry for make you wait for me (maaf telah membuat kalian menunggu)

Berliana : No problem. Ainun, Can you call the waiter? (Ngak masalah, Ainun, tolong panggil pelayan itu?)


Ainun : Waiter (Pelayan)

Waiter: Are you ready to order now? (Mau pesan sekarang mbak?)

Ainun : What's special menu today? (Apa menu special hari ini?)

Waiter : Today, special menu is Pancake Durian and Ice Cream (Menu spesial hari ini Pancake durian dan Es Krim)

Berliana : I order a Pancake Durian (Saya pesan satu Pancake Durian)

Ainun : okay I order Pancake Durian too. And you Mona ?(Saya juga pesan Pancake Durian, dan kamu Mona?)

Mona : I order a Pancake Durian too. (Saya pesan itu juga)

Waiter : Okay, your meals will be here shortly. (Baiklah pesanan mbak semua akan tiba segera

Waiter : Here is food. Enjoy your meal. If you need anything else, just ask. (Ini makanannya, Selamat menikmati, Jika butuh sesuatu lagi, kalian bisa memintanya lagi)


Mona : okay, Thanks (Baik, terima kasih)














2. Kelompok 2 (Liza Fiska, Khaidir, Safri Lisna, Nurul Fajri (Waiter))

Liza : Friends, took it to dinner with me (Teman, kalian mau makan malam dengan saya?)

Lisna : Of course (tentus saja)

Khaidir : Where an attractive place our dinner? (Dimana tempat yang menarik untuk makan malam?)

Liza : In the restaurant ONE LOVE, How do you think? (Di restoran ONE LOVE, Bagaimana pendapat kalian?)

Khaidir: Wow... Very Nice (Wow ide bagus)

Liza : Okay, We will order it. (Kita akan pesan)

Liza : Hello (Halo)

Waiter: Yes, jointly restaurant ONE LOVE, How can i help you? (Ya, selamat datang di restoran ONE LOVE, Bisa saya bantu?)

Liza : Would like to reserve a  table for tonight. (Kami mau pesan temopat untuk malam ini?)

Waiter : of course (tentu saja)

Liza : Thanks (Terima Kasih)


Waiter: sit down please, can I help you? (Silahkan duduk ada yang bisa saya bantu?)

Liza: yes, thanks. I booked a table yesterday (Ya, terima kasih. Saya memesan tempat kemarin. )

Waiter. Yes, I will check first (Saya cek dulu)

Liza : Ok (Baik)

Waiter : this is number of tables (ini nomor mejanya)

Liza: ok

Waiter : Please go to your order desk. (Silahkan menuju tempat yang kamu pesan)


Liza : thanks (terima kasih)


Waiter: Please sit (Silahkan duduk)

Liza: thanks (Terima Kasih)

as the restaurant menu in between (Menu tiba)

Waiter: this book is food menu (Ini buku menunya)

While ordering.... (Saat memesan)

Lisna : I want to order this Meal (Saya mau pesan makanan ini)

Waiter : ok (Baik)

WHen booking ready (Saat pesanan tiba)

waiter: enjoy your meal (Selamat menikmati)

Lisna : thank you (Terima Kasih)



3. Kelompok 3 (Dea Ananda (Waiter I), Yasir Afif (Waiter II), Khaliza Putri dan Maya)

Waiter I : Good evening, Mrs. Welcome restaurant. (Selamat sore mbak, selamat datang di restoran kami)

Waiter II : Can I help you? (Bisa saya bantu?)














Putri : yes, Have you got a free table? (Ya, Apa ada meja kosong?)

Waiter II: Yes, certainly Mrs. Where would you like to sit? (Tentu saja, Mbak mau duduk dimana?)

Maya : Near the window (Dekat jendela)

Waiter II : Yes, certainly Mrs. Follow me, this way please (Tentu saja. Lewat sini mbak)









Putri : Can I have the menu please? (Bisa saya lihat Daftar Menunya?)

Waiter II: yes, here you are, Mrs (Ya mbak, ini dia)

Waiter I : Are you ready to order? (Mau pesan apa Mbak)











Putri : yes, Can I have chicken Carbonara Pasta, Please... (Saya mau pesan Chicken Carbonara Pasta)

Waiter II : Yes, of course. What would you like to drink? (Ok, Mau minum apa?)

Maya : Can I have a glass of white wine, please? (Saya mau segelas anggur)

Waiter II : Yes, of course, Can I recommend a nice french wine to you. (Tentu, Saya recomendai anggur perancis untuk mbak?)





Maya : Will it match with the food? (Apa cocok dengan makanannya?)

Waiter II : Yes, It is a pleasant white wine that will match your sauce. Anything else? (Ya ini anggur putih  yang lezat cocok dengan makanan anda. Ada lagi yang mau di pesan?)

Maya : No. That's all. Thank you. (Tidak, Itu saja. terima kasih)









Waiter I : Here we are. Your Chicken Carbona Pasta. I hope you enjoy your meal Mrs. (Ini dia pesanan mbak. Chicken Carbona Pasta, Selamat menikmati)


Putri : Thank you very much (Terima kasih banyak)











Putri ; Waiter. Can you come here, please? (Pelayan.... Bisa kesini)

Waiter I : Can I help you? (Bisa saya bantu?)

Putri : Can I have the bill ? (Bisa minta bon?)

Waiter I : Here you are (Ini dia)

Putri : Can I pay by credit card?? (Bisa saya bayar dengan kartu kredit?)



Waiter I : yes, of course (Ya tentu saja)

Putri : Thank you so much. good evening (Terima kasih banyak, selamat sore)

Waiter II : I hope you will come again (Jangan lupa datang lagi ya mbak)












3. Kelompok 4 (Nur Akmalia (Waiter), Fitria Rizka dan Azura)



Waiter : Good afternoon, Welcome to our restaurant (selamat siang, selamat datang di restoran kami)

Rizka: Please give us a table for two (Berikan kami tempat untuk dua orang)

Waiter : come on! table for us is over there. Well. follow me. This is your table and here the menu list. Please decide the food you want to eat. I'll be back again in a few minute to take your order  (ayo ikuti saya.  meja untuk dua orang ada di sebelah sana. Ini daftar menunya. saya akan kembali sesaat lagi untuk mengambil pesanan anda )


Azura : yes, thank you. We will see it first. (Ya terima kasih. kami liat dulu)


The waiter leaves them (pelayan meninggalkan mereka)

Rizka : So, What shall we eat today? I still have decided what i will eat. (Jadi, Hari ini kita makan apa?. Saya masih bingun mau makan apa)

Azura: So do I. How about mess fried chicken?
(Begitu juga dengan saya. Bagaimana kalau makan ayam goreng?)

Rizka : I have heard this type of food yet? (Saya belum pernah mendengar makanan itu)


Azura : It seems like I want to eat chicken noodle or meatballs. How about you? (Kelihatannya seperti mie ayam atau bakso)


The waiter comes for asking their order. (Pelayan data untuk menanyakan pesanan mereka)

Waiter: So, are you ready to order the food you want to eat. (Mau pesan apa?)

Rizka : I guess so, but may i ask what is a mess. We will take a messy fried chicken? (Ok, tetapi boleh saya tanya apa itu a mess fried chicken. Kami akan memesan a messy frid chicken)

Azura: it seems delicious (Kelihatannya enak)

Waiter: Oh it is our new menu which is very popular in our customers. A good choice. Okay I have noted your orders. (oh itu menu baru,  yang sangat disukai pelangan kami. Pilihan bagus kami akan catat.)

Azura: Please do not be too long. (Tolong jangan lama ya)


Waiter: we'll make it soon. (kami akan membuatnya segera )


5. Kelompok 5 (Nur Ainun, Nur Anita dan Sri Ima)



Anita : we sit in the restaurant tomorrow, okay? (Besok kita duduk di restoran gimana?)

Ima: Let me try to call the restaurant (Baiklah saya akan nelpon)

Ainun: I can (Saya bisa)

Ima : Hello Jasmine restaurant. (Halo Restoran Jasmin)

Waiter: Yeah. How can I help you? (Apa yang bisa kami bantu?)


Ima: I want to reserve a table for three. (saya mau pesan meja untuk 3 orang)


Waiter :  Welcome to our restaurant, please be seated? (Selamat datang di restoran kami, silahkan duduk)

Ainun: yes, thank you (Ya terima kasih)

Waiter: what would you like to have ? (Mau pesan apa?)

Ima : I want to order one bottle Pocari Sweat and Ice Cream. (Saya mau pesan Pocari Sweat dan es krim)

Anita: I want to order one bottle sprite (Saya mau pesan satu botol sprite)

Ainun : I want to order one Bottle Floridina (Saya mau pesan satu botol floridina)


Waiter: here is your order (Ini pesanan anda)

Ainun : the food is quite good and your service also (makanannya sangat lezat dan juga pelayananya.)













6. Kelompok 6 (Mutiara Rizki, Siti Nurhaliza, M. Chairul Umami dan Risky Ardiansyah)


Risky: Good morning, Taruna Tour and Travel. (Selamat datang di agensi perjalanan Taruna)

Chairul : Can I help you? (bisa saya bantu?)

Tiara: i am Tiara and my friend liza. I have a meeting in Jakarta on this monday (Saya tiara dan teman saya liza, kami punya pertemuan di jakarta pada senin ini)

Liza: So we need one way ticket for tommorrow. (Jadi kami perlu tiket untuk besok)








Risky: how many ticket that going to be ordered? (berapa tiket yang mau di pesan?)

Liza: I need two tickets for my friend and me (Dua tiket untuk saya dan teman saya)

Chairul : All right Mrs  (baiklah mbak)

They are booking two tickets in Jakarta for monday (mereka memesan 2 tiket ke jakarta untuk senin ini)







Chairul : Tomorrow is sunday and let me check for while on every sunday there are flights to jakarta and which one do you like better? (besok minggu, saya akan cek sebentar apa di hari minggu ada penerbangan ke jakarta. Bagaimana menurut mbak? )

Tiara: so, you don't have any flight for afternoon?
(Jadi tidak ada penerbangan untuk siang ini?)

Risky : No, we don't (tidak ada)


Liza: Ok, no problem (oke, tidak masalah)





Tiara : we choose the night flight. (kami ambil penerbangan malam)

Chairul: at night you will on Garuda Air and your flight number 218. It leaves at 08.30 pm (Penerbangan malam mbak dengan pesawar Garuda dan nomor penerbangannya 218 yang akan berangkat jam 8.30 pm)

Risky: and arrives in Jakarta at 10 pm but you need to check in at least an hour before its departure.  (dan pesawat akan tiba di jakarta jam 10 malam, Mbak harus check in sebelum keberangkatan. )

Tiara : Thank you for your information. I have noted those. How much does it cost? (Terima kasih infonya, saya sudah catar. Berapa harganya?)

Risky: The cost is Rp. 950.000 and what's your complete name (Biayanya 950 ribu. Apa nama lengkap anda?)


Liza: I am Nurhaliza and My friend is Mutiara (Saya Nurhaliza dan teman saya Mutiara.)



Risky: Okay. The ticket will be ready? (Ok, tiketnya sudah siap)



Liza: okay ra, ticket is ready for you and me. We can fly to Jakarta. (Oke ra, tiket sudah siap untuk kamu dan saya. kita akan terbang ke jakarta)
















7. Kelompok 7 (Elsa Safira, Mutia Wirda, dan Cut Meti)








Kelas XII TKJ

Kelompok 1 (Faisal Sumantri, Anjas, Manda dan Andrian Pratama)





Kelompok 2 (Fauzan, Juliardi dan Aulia Musanna)





Kelompok 3 (Rahmat Hidayat, Hamdani dan Ayub Marzuki)



Kelompok 4 (Nasrudin, Agustina, dan Ninda Natasya)


Kelompok 5 (Muhammad Syahputra, Ghuntur Reda Arwana dan Fahrur Razi)


Masih jauh dari kata sempurna terutama ada grammar yang salah, but saya menghargai usaha mereka. Inilah hasil karya komik reservasi buatan siswa saya kelas XII Farmasi dan XII TKJ SMKN Taman Fajar Tahun Ajaran 2016-2017.

Terima kasih ^_^

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel