-->

Belajar Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris untuk XII TKJ dan XII Farmasi SMKN Taman Fajar

Belajar Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris
SMK adalah sekolah menengah kejuruan dimana siswanya dituntut untuk bisa kerja menjadi tenaga siapa pakai (terampil). Hal ini sangat berbeda dengan siswa SMA. Siswa SMK mempunyai kompetensi yang terampil, mereka bisa mencari kerja dengan kompetensinya. Siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) mempunyai skill di bidang komputer dan jaringan internet. Mereka bisa menginstal laptop atau komputer, menginstal software, memasang jaringan internet, membuat website, dan tentu saja Microsoft Office juga mereka kuasai.
Di sisi lain, siswa Farmasi mempunyai keahlian dalam meracik obat dan membuat resep obat. Sehingga siswa kelas XII Farmasi dan XII TKJ haruslah id bekali ilmu dalam mencari kerja yaitu surat lamaran kerja.

Pada pertemuan mengajar di kelas XII Far dan XII TKJ bertanggal 25 Februari 2017, saya memberikan materi tentang surat lamaran kerja (application letter). untuk siswa kelas XII Far di jam 1,2 dan 3. Sedangkan di XII TKJ di jam 4,5,6 dan 7.

Surat lamaran kerja (Application Letter) adalah surat yang digunakan untuk melamar kerja di suatu instansi atau perusahaan. Surat lamaran kerja ditulis apabila kita sudah mendapat informasi lowongan kerja (LOKER) dari surat kabar, majalah atau dari situs website di internet.

Menulis surat lamaran kerja sangatlah mudah. Yang harus di ingat bagian-bagian dari sebuah surat haruslah lengkap yaitu tanggal (date), alamat (address), salam pembuka (salutation) seperti Dear Sir/Madam (jika kita tidak mengetahui jenis kelamin direktur atau manajer personalia) atau Dear Mr. Azwar, isi surat (body of letter) yang harus sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan (LOKER), Salam Penutup (Complimentary Close) seperti Yours Sincerely dan yang terakhir tanda tangan (signature).

Setelah itu, saya memberikan contoh-contoh surat lamaran kerja kepada siswa. Selanjutnya saya dan siswa membuat surat lamaran kerja (Application Letter) secara bersama-sama, saya mengetik dan mengarahkan sedangkan siswa memberikan ide dan melihat ke layar infocus.

Nah berikut hasil surat lamaran kerja di kelas XII Farmasi

Peureulak, February 11, 2017


dr. Rosmanida, S.p.P.D
Director of Arun Hospital
PT. Arun NGL
Jalan Plaju Batupat Timur
Lhokseumawe

Dear Mrs. Rosmanida,

I have read from your advertisement on Haba Aceh, February 9, 2017 that your hospital needs 5 Pharmacist. I would like to apply for the position.

My name is Risky Lubis, S.Farm Apt. I am 25 years old. I have graduated from Pharmachy Department Helvetia University in 2015. I also take specialization  Apt in North Sumatra University in 2017. I can operate computer. I have skill in english both oral and written. I am a diligent and smart man.  I can work in team and individual.

I hope your reply soon. Thank for your attention.

Your Sincerey,


Risky Lubis


Sedangkan hasil surat lamaran kerja di kelas XII TKJ berikut ini:

Peureulak, February 11, 2017

Mark Zurkberg
CEO Facebook
Facebook Inc.
Obama Streets No. 12
New York City (USA)

Dear Mark Zurkberg,

I have read a job vacancy on PROHABA, February 9, 2017 that your company need 10 web designers. I am interested in that position.

My name is Nasruddin. I am 25 years old. I have graduated from computer Department Indonesia University in 2017. I have skill in Engslih and Korea Language in Oral and Written. I master HTML 5, PHP Language, SQL, etc. I can make website like LAZADA, TOKOPEDIA, OLX, TRAVELOKA, etc. I am a smart and diligent man. I can work in team and individually.

I hope your reply soon. Thank for your attention.

Yours Sincerely,


Nasruddin, M.Kom

 Setelah selesai, saya memberikan tugas rumah (homework) untuk siswa yaitu
1. Mencari iklan lowongan kerja di internet (Screenshoot dan save ke Ms. Word)
2. Menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan lowongan kerja tersebut
3. Menulis Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
4. Semua dikerjakan di Ms. Word dan dikirim ke E_Mail

nah, ini merupakan sedikit pengalaman mengajar. Masih banyak yang perlu diperbaiki dan belajar. Terima kasih ^_^


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel