RPP SMK/MAK BAHASA INDONESIA KELAS 11 kurikulum 2013 revisi 2017
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -
Dan di sini kami menyajikan buku RPP SMK/MAK BAHASA INDONESIA KELAS 11 kurikulum 2013 revisi 2017 yang telah disusun secara lengkap dan sistematis, berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
RPP BAHASA INDONESIA KELAS 11 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 ini dikembangkan secara rinci mengacu pada KI-KD, silabus dan bahan ajar. RPP terdiri atas komponen KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media, sumber belajar, langkah langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran, masing-masing komponen saling berhubungan secara logis sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh.
RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
RPP disusun berdasarkan Struktur kurikulum yang berlaku (SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017)
IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret
RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Dalam kesempatan kali ini kami akan melakukan pembahasan tentang betapa pentingnya rencana pendidikan pembelajaran dan setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP, apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis, maka pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diharapkan pada Standar Proses, Oleh karena itu, setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis.
RPP BAHASA INDONESIA KELAS 11 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 ini dikembangkan secara rinci mengacu pada KI-KD, silabus dan bahan ajar. RPP terdiri atas komponen KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media, sumber belajar, langkah langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran, masing-masing komponen saling berhubungan secara logis sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh.
Baca Juga
RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
- Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas,
- Literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative)
- HOTS (Higher Order Thinking Skill)
RPP disusun berdasarkan Struktur kurikulum yang berlaku (SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017)
IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret
RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Dan berikut ruang lingkup materi yang terdapat pada RPP BAHASA INDONESIA KELAS 11 K13 REVISI 2017 antara lain:
- Menyusun Teks Prosedur
- Mempelajari Teks Eksplanasi
- Mengelola Informasi dalam Ceramah
- literasi buku fiksi dan nonfiksi
- Mempersiapkan Proposal
- Merancang Karya Ilmiah
- Menilai karya melalui resensi
- Bermain Drama
- literasi buku fiksi dan nonfiksi