RPP SMK PJOK KELAS 11 KURIKULUM 2013 REVISI 2017
Pentingnya rencana pendidikan pembelajaran yang harus dilakukan oleh pendidik yang mana pendidikan merupakan salah satu proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan mencerminkan sebuah karakter anak anak didik, dan tentunya tempat untuk melatih bakat dan minat siswa supaya lebih baik lagi dan kali ini akan sedikit menjelaskan tentang beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh setiap guru sebagai pendidik, dan di awali sebagai salah satu pembelajaran menurut standar proses perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan RPP dan tentunya tentang langkah langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat perangkat pembelajaran, agar apa yang di sampaikan sudah sesuai dengan SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017
RPP dapat diartikan dengan sebuah rencana yang mengambarkan prosedur pembelajaran dalam mencapai suatu kompetensi, Dimana RPP mengembangkan silabus untuk diarahakan kepada kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi dasar (KD), setiap tenaga pengajar wajib menyusun RPP sistematis dan secara lengkap dan sesuai agar ketika proses pembelajaran berlangsung secara interaktip, inspiratif, menantang, menyenangkan,efisien, serta memotivasi siswa untuk ikut berpartisipasi aktif,
Dan juga memberikan ruang yang cukup bagi prakrasa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat,minat, serta perkembangkan fisik dan psikologis peserta didik dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diharapkan pada Standar Proses, dan karena itu, setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis.
Dan untuk itu kami menyajikan perangkat pembelajaran untuk RPP SMK PJOK KELAS 11 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 yang telah disusun secara lengkap dan sistematis, berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih, RPP SMK PJOK KELAS 11 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 ini dikembangkan secara rinci mengacu pada KI-KD, silabus dan bahan ajar. RPP terdiri atas komponen KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media, sumber belajar, langkah langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.Masing-masing komponen saling berhubungan secara logis sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh.
Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, Literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative HOTS (Higher Order Thinking Skill)
RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru (SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017)
RPP disusun berdasarkan Struktur kurikulum yang berlaku (SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017)
- IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
- IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
- IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
- IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
- menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Dan berikut ruang lingkup materi yang terdapat pada RPP SMK PJOK KELAS 11 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 diantaranya sebagai berikut:
- Teknik Dasar Permainan Bola Besar
- Teknik Dasar Permainan Bola Kecil
- Atletik
- Beladiri Pencaksilat
- Kebugaran Jasmani Untuk Kesehatan
- Senam, Locak kangkang dan Loncat Jongkok
- Aktifitas Senam Ritmik
- Aktifitas Renang
- Budaya Hidup Sehat