RPP PJOK Kelas 1 Tema 8 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
Kelas /Semester : 1 / 2 (dua )
Tema 8 : Peristiwa Alam
Subtema 3 : Penghujan
Pembelajaran ke- : 2 dan 5
Peertemuan ke- : 29 dan 30
Fokus Pembelajaran : PJOK
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x 35 Menit = 4xPertemuan)
4 Jam Pertemuan/Minggu
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
3.7.1 melakukan keselamatan diri/orang lain aktivitas air Kolam renang/sungai/pantai
4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
4.71 • Mempraktikkan melakukan aktivitas air Kolam renang/sungai/pantai
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan arahan dari guru, siswa mampu mempraktikkan menjaga keselamatan saat melakukan aktivitas air dengan baik.
MATERI PEMBELAJARAN
Buku teks tematik kelas 1 tema 6
•Kotak P3K
Bola untuk bermain di kolam renang/sungai
Buku siswa Revisi 2017
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
E. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | · Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. · Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. · Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. · Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. · Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. · Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. · Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. · Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. · Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. | 15 menit |
Kegiatan inti | Ayo Berlatih • Guru memulai pelajaran dengan menanyakan apakah siswa sudah menyiapkan peralatan untuk mereka melakukan aktivitas air hari ini? • Apakah ada siswa yang membawa pakaian renang? Jika ada siswa yang tidak memiliki, mereka bisa memakai baju olahraga yang mereka miliki. • Guru mengajak siswa ke kolam renang. Bisa yang ada di sekolah, lokasi luar sekolah, atau pusat kota yang masih terjangkau jaraknya. Selain kolam renang, guru bisa juga mengajak siswa ke sungai yang dangkal atau pantai, sesuai ciri daerah masing-masing. • Guru mengajak siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan menggerakkan kepala, tangan, dan kaki. Siswa menyimak penjelasan guru karena mereka akan belajar berjalan di air. • Mulailah dengan posisi siap dalam kolam yang dangkal • Siswa berdiri di pinggir kolam sambil tetap berpegangan pada pinggir kolam. • Mereka berjalan menyusuri pinggir kolam. • Lakukan hingga satu putaran kolam. Jika siswa masih ingin mengulangi satu putaran lagi, guru dapat memberikan kesempatan. • Ingatkan siswa untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas di air. Tidak banyak bercanda dan tetap menjaga keselamatan dengan berpegangan pada tepi kolam. • Setelah kegiatan inti selesai lakukan kegiatan pendinginan dan mintalah siswa untuk mandi/berbilas kemudian mengganti pakaian dengan seragam sekolah. • Siswa kembali ke kelas/sekolah untuk melanjutkan kegiatan berikutnya. | 35 Menit |
Penutup | • Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung: • Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? • Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar? • Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini. • Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru. • Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. • Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. • Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. | 15 menit |
[ads-post]
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas /Semester : 1 / 2 (dua )
Tema 8 : Peristiwa Alam
Subtema 4 : Bencana Alam
Pembelajaran ke- : 2 dan 5
Peertemuan ke- : 31 dan 32
Fokus Pembelajaran : PJOK
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x 35 Menit = 4xPertemuan)
4 Jam Pertemuan/Minggu
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
3.7.1 melakukan keselamatan diri/orang lain aktivitas air Kolam renang/sungai/pantai
4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
4.71 • Mempraktikkan melakukan aktivitas air Kolam renang/sungai/pantai
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan beraktivitas di air, siswa dapat mempraktikkan cara menjaga keselamatan dalam aktivitas air..
MATERI PEMBELAJARAN
Buku teks tematik kelas 1 tema 6
•Kotak P3K
Bola untuk bermain di kolam renang/sungai
Buku siswa Revisi 2017
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
E. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | · Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. · Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. · Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. · Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. · Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. · Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. · Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. · Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. · Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. | 15 menit |
Kegiatan inti | Ayo Berlatih • Guru lalu bercerita tentang bencana banjir sambil menunjukkan sebuahcontoh gambar tentang bencana banjir. • Guru menyampaikan bahwa jika beradadi dalam air, keselamatan harus dijaga.Seperti saat terjadi banjir. • Guru lalu mengajak siswa melakukanaktivitas air bersama-sama. • Guru mengajak siswa ke sumber airterdekat, bisa kolam renang ataupunsungai yang berada di dekat sekolah. • Guru meminta siswa berganti pakaianyang cocok digunakan untuk aktivitas air. • Guru meminta siswa untuk memakaiperlengkapan keselamatan yang tersedia,seperti pelampung ban atau pelampungtangan. • Guru mengajak siswa melakukan aktivitasair di kolam renang. • Guru meminta siswa membentuk 2 kelompok besar, yaitu elompok siswalaki-laki dan kelompok siswa perempuan. Hal ini bertujuan agar saatberaktivitas air yang membutuhkan gerak badan, siswa dapat bergerakdengan nyaman dan aman. Biasanya kekuatan otot siswa laki-laki danperempuan berbeda. • Sebelum melakukan aktivitas air, siswa diminta untuk melakukanpemanasan. Siswa menggerakkan dan melemaskan otot-otot tangan,kaki, dan badan. Kegiatan pemanasan berlangsung selama 5 menit. • Aktivitas air kali ini adalah siswa diminta untuk berjalan bersamasatu orang teman dan mengelilingi kolam renang. Tujuannya adalahmengenalkan dan mempraktikkan cara menjaga keselamatan dalamaktivitas air bersama teman. Salah satu caranya adalah berjalan di dalamair bersama teman sambil berpegangan tangan. • Setelah pemanasan, guru meminta siswa laki-laki berbaris berjajar kesamping. Siswa satu per satu diminta untuk masuk ke dalam sumberair atau kolam renang. Kolam renang yang dipilih adalah kolam dangkalkhusus untuk anak-anak. • Guru meminta siswa untuk berpegangan dengan satu siswa. Siswapertama berdiri dekat kolam renang dan satu tangannya erpeganganpada pinggir kolam renang. Satu tangan lainnya memegang lenganteman. • Siswa lalu berjalan pelan-pelan mengitari kolam renang. Sambil diawasioleh guru, minta siswa berjalan pelan-pelan mengelilingi kolam renang. • Hal ini untuk melatih siswa beradaptasi dengan tekanan air di dalamkolam. • Sambil berjalan mengelilingi kolam, siswa sesekali diminta memasukkanwajah ke kolam. • Setelah itu, siswa berbalik arah, kembali berjalan mengelilingi kolamsampai ke posisi semula. • Siswa laki-laki diberikan waktu selama 15 menit untuk melakukan • aktivitas air. Setelah itu bergantian dengan siswa perempuan untukmelakukan kegiatan yang sama. • Setelah semua siswa selesai melakukan aktivitas air, siswa dimintauntuk berganti pakaian kembali dengan seragam sekolah. Siswa dimintakembali ke kelas. • • Siswa dipersilakan beristirahat sambil minum air putih. | 35 Menit |
Penutup | • Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung: • Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? • Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar? • Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini. • Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru. • Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. • Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. • Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. | 15 menit |
Subtema 1: Peristiwa Siang dan Malam
Subtema 2 : Kemarau
Subtema 3 : Penghujan
Subtema 4 : Bencana Alam
[warning title="REKOMENDASI" icon="exclamation-triangle"]RPP PJOK Kelas 1 Tema 5 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 1 Tema 6 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 1 Tema 7 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 1 Tema 8 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus PJOK SD-MI Revisi 2017 Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013
JURNAL PEMBELAJARAN (PJOK) KELAS 1,2,3,4,5,6 REVISI 2017
PROMES/PROSEM PJOK REVISI 2017 KELAS 1,2,3,4,5,6 KURIKULUM 2013
[/warning]