-->

RPP PJOK Kelas 1 Tema 5 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP PJOK Kelas 1 Tema 5 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah :
Kelas /Semester : 1 / 2 (dua )
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 3 : Pengalaman di Sekolah
Pembelajaran ke- : 2 dan 5
Peertemuan ke- : 5 dan 6
Fokus Pembelajaran : PJOK
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x 35 Menit = 4xPertemuan)
4 Jam Pertemuan/Minggu

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

PJOK
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
3.5.1 Gerak bertumpu dengan tangan
Gerak bergantung
Gerak ayunan
Gerak melayang
Gerak mendarat

4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5.1 Siswa mencoba tugas gerak beladiri ke dalam permainan yang dimodifikasi dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati contoh berjalan di papan titian yang diperagakan oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak keseimbangan dalam aktivitas senam lantai dengan runtu dan percaya diri.
2. Dengan bantuan guru, siswa dapat mempraktikkan gerak keseimbangan dalam aktivitas senam lantai secara tepat.
3. Setelah melakukan kerja sama dengan teman, siswa dapat mempraktikkan gerak keseimbangan dalam aktivitas senam lantai secara tepat.

MATERI PEMBELAJARAN
  Buku siswa Revisi 2017
   Matras.

METODE PEMBELAJARAN
  Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
   Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

D. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.      Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.      Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.      Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.      Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.      Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti
 Ayo Berlatih
·         Ajak siswa untuk bermain ”Lakukan dan Katakan”
·         Bagi siswa menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok LAKUKAN dan kelompok KATAKAN. Perwakilan dari kelompok LAKUKAN bertugas untuk melihat gambar yang ditunjukkan oleh guru dan melakukan gerakan sesuai isi gambar.
·         Kelompok KATAKAN bertugas untuk  mengucapkan kata ajakan sesuai gerakan yang ditunjukkan oleh kelompok LAKUKAN secara bersama-sama.
§  Lakukan secara bergantian.
·         Untuk dapat melakukan asesmen terhadap pemahaman siswa, kegiatan menyebutkan kata ajakan secara berkelompok dapat diganti menjadi menyebutkan kata ajakan secara individu.
·         Jika siswa kesulitan memahami maksud dari gerakan yang ditunjukkan oleh temannya, guru dapat memberikan bantuan dengan menunjukkan gambar.
·         Akhiri kegiatan dengan menyebutkan secara bersama-sama kata-kata ajakan yang terdapat dalam buku siswa yaitu: Ayo, Yuk, Mari.
Ayo Mencoba
·         Guru mengajak siswa berkumpul di lapangan dengan menggunakan kalimat ajakan dan menekankan bahwa kata/kalimat ajakan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari
·         Lakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga, kemudian ajak siswa berkumpul di lapangan terbuka yang telah dilengkapi dengan papan titian.
·         Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai apa yang diketahui tentang senam lantai.
·         Jelaskan sikap keseimbangan sebagai salah satu hal yang harus dikuasai dalam melakukan senam lantai.
·         Guru memberikan contoh sikap berjalan di titian sebagai salah satu sikap keseimbangan dalam senam lantai.
·         Minta salah satu siswa yang bersedia untuk menjadi contoh dalam melakukan gerak berjalan di titian bagi teman-temannya.
·         Setelah mengamati contoh, minta siswa berbaris dan bersiap berjalan di papan titian.
§  Minta siswa untuk saling mengamati gerakan yang dilakukan.
·         Setelah seluruh siswa dirasa telah memahami aturan dalam melakukan gerak minta siswa untuk melakukan secara bergantian.
·         Awasi kegiatan yang dilakukan oleh siswa sambil mencatat kemampuan mereka dalam mencapai kompetensi yang dimaksud.
180 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
2.      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
3.      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
4.      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
5.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
6.      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
7.      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
8.      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah :
Kelas /Semester : 1 / 2 (dua )
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 4 : Pengalaman yang Berkesan
Pembelajaran ke- : 2 dan 5
Peertemuan ke- : 7dan 8
Fokus Pembelajaran : PJOK
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x 35 Menit = 4xPertemuan) 4 Jam Pertemuan/Minggu
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

PJOK
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
3.5.1 Gerak bertumpu dengan tangan
Gerak bergantung
Gerak ayunan
Gerak melayang
Gerak mendarat

4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5.1 Siswa mencoba tugas gerak beladiri ke dalam permainan yang dimodifikasi dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah menyimak teks, siswa dapat menjelaskan gerak keseimbangan dengan tepat.
2. Siswa dapat melakukan gerakan keseimbangan dengan tepat.
3. Setelah melakukan kegiatan membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan rasa persahabatan dengan tepat.
4. Melalui kegiatan menulis puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan rasa persahabatan dengan tepat.
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
• Buku siswa
• Matras untuk senam lantai

METODE PEMBELAJARAN
  Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
   Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

D. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
[ads-post]
E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.      Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.      Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.      Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.      Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.      Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti

·          
·         .
180 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
2.      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
3.      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
4.      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
5.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
6.      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
7.      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
8.      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

Daftar Link Download RPP Tema 5 Pengalamanku
Subtema 1 :  Pengalaman Masa Kecil
Subtema 2 :  Pengalaman Bersama Teman
Subtema 3 :  Pengalaman di Sekolah
Subtema 4 :  Pengalaman yang Berkesan

| RPP PJOK Kelas 1 Tema 5 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
[warning title="REKOMENDASI" icon="exclamation-triangle"]RPP PJOK Kelas 1 Tema 5 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 1 Tema 6 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 1 Tema 7 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 1 Tema 8 Sub Tema 1,2,3,4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus PJOK SD-MI Revisi 2017 Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013
JURNAL PEMBELAJARAN (PJOK) KELAS 1,2,3,4,5,6 REVISI 2017
PROMES/PROSEM PJOK REVISI 2017 KELAS 1,2,3,4,5,6 KURIKULUM 2013
[/warning]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel