-->

Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD-MI Sub Tema 1,2,3

Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017[tab][content icon="file-word-o" title=" Subtema 1"]  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Sekolah :
Kelas /Semester :  V/2 (dua )
Tema 9 :  Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema 1 :  Benda Tunggal dan Campuran
Pembelajaran ke- :  1
Fokus Pembelajaran :  Bahasa Indonesia dan IPA,
Alokasi Waktu :  6 x 35 menit (6 JP)

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau
elektronik.
3.4.1 menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik;

4.4 Memeragakan kembali informasi yangdisampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
4.4.1 memeragakan  kembali  informasi yang  disampaikan  paparan  iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual;

IPA
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran).
3.9.1 mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran); dan

4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4.9.1 melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan kegiatan mengamati iklan dalam media cetak, siswa dapat menyebutkan isi iklan, pengertian iklan, serta menemukan arti kata-kata asing dalam iklan dengan tepat.
2. Dengan kegiatan mengamati iklan dalam media cetak, siswa dapat mengomunikasikan isi iklan, pengertian iklan, dan arti kata-kata dalam iklan dengan percaya diri.
3. Dengan kegiatan mengamati berbagai gambar benda termasuk dalam zat tunggal, siswa dapat menuliskan pengertian zat tunggal dan mengidentifikasi contoh benda termasuk zat tunggal di lingkungan sekitar dengan benar.
4. Dengan kegiatan membaca teks mengenai zat tunggal dan campuran, siswa dapat menuliskan pengertian zat campuran dan menuliskan contoh benda termasuk zat campuran di lingkungan sekitar dengan benar.

D. MATERI PEMBELAJARAN
1. teks tentang peristiwa kedatangan bangsa barat di Indonesia
2. peta pikiran, mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman
3. teks,  tentang mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman)..

E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin, Tertib)
2.     Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3.     Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4.     Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5.     Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.     Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.     Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.     Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
15 menit
Kegiatan inti
PROSES KBM
Ayo Mengamati
1.    Secara mandiri siswa diminta untuk mengamati gambar iklan pada buku siswa.
2.    Catatan:Pada kegiatan mengamati, guru menstimulus siswa agar cermat dalam mengamati gambar iklan.
3.    Guru menstimulus daya analisis siswa melalui pertanyaan: Apa isi iklan tersebut?
4.    Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai isi iklan secara lisan.
5.    Siswa membaca narasi pada buku siswa.
6.    Siswa diminta menjawab pertanyaan dalam kotak yang telah disediakan.
7.    Siswa dapat mencari arti kata-kata asing dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI)
8.    Guru mengajak siswa melakukan diskusi klasikal untuk membahas hasil jawaban siswa.
9.    Siswa mengungkapkan secara lisan mengenai pengertian iklan serta kata asing yang ditemukan dalam iklan.
10.    Guru menanggapi jawaban siswa sekaligus memberikan penegasan terkait jawaban siswa dan materi iklan.


Ayo Mengamati
1.    Siswa diajak mengamati gambar benda benda yang terdapat pada buku siswa.
2.    Guru memberi stimulus kepada siswa melalui pertanyaan: Apa saja gambar yang terdapat dalam buku?
3.    Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya di depan kelas.
4.    Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan pengertian zat tunggal  berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan. Guru juga  memberikan penegasan terkait materi zat tunggal. Hasil yang Diharapkan Siswa memiliki pemahaman yang mendalam mengenai zat tunggal.
5.    Siswa mampu mengidentifikasi zat tunggal dalam kehidupan sehari hari.
6.    Siswa mampu mengolah dan menyajikan/menuangkan data/informasi yang didapat secara tertulis.
7.    Siswa mampu mengungkapkan pendapatnya secara lisan dengan percaya diri.
AYO MEMBACA (LITERASI)
1.      Secara mandiri siswa diminta untuk membaca teks bacaan mengenai zat tunggal dan campuran.
2.      Kemudian, Guru menjelaskan kepada siswa mengenai pengertian zat tunggal dan zat campuran.
3.      Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa saja contoh zat tunggal dan campuran?
4.      Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai berbagai contoh zat tunggal dan campuran dengan percaya diri.
5.      Selanjutnya, siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa.
6.      Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya di depan kelas.
7.      Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan pengertian campuran berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
8.      Hasil yang Diharapkan Siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai zat tunggal dan campuran.
9.      Siswa memiliki pemahaman mendalam mengenai pengertian zat tunggal dan campuran.
10.  Siswa mampu mengidentifikasi zat campuran dalam kehidupan seharihari.
11.  Siswa mampu mengolah dan menyajikan/menuangkan data/informasi yang didapat secara tertulis.
12.  Siswa mampu mengemukakan pendapatnya secara lisan dengan percaya diri.
180 menit
Penutup
1.     Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflektif):
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.     Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.     Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.     Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.     Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
15 menit

Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 SD-MI Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita) Sub Tema 1 (Benda Tunggal dan Campuran).
 | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 1
 | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 2
 | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 3
 | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 4
 | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 5
 | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 6
 | Kelas 5 Tema 7 Benda-Benda di Sekitar Kita (Literasi dan Kegiatan Proyek) Subtema 1
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 2"]  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Sekolah :
Kelas /Semester :  V/2 (dua )
Tema 9 :  Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema 2 :  Benda dalam Kegiatan Ekonomi
Pembelajaran ke- :  1
Fokus Pembelajaran :  Bahasa Indonesia dan IPA,
Alokasi Waktu :  6 x 35 menit (6 JP)

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.
3.4.1  menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik;
4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
4.4.1 memeragakan  kembali  informasi yang  disampaikan  paparan  iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual;

IPA
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran).
3.9.1 mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran); dan

4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4.9.1 melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan kegiatan mengamati paparan iklan melalui media radio, televisi, dan internet, siswa dapat menjelaskan kembali tentang iklan elektronik dengan tepat.
2. Dengan kegiatan berlatih mencari dan memilih contoh iklan elektronik, siswa dapat menuliskan kesimpulan isi iklan elektronik dengan tepat.
3. Dengan kegiatan membaca karakteristik iklan elektronik, siswa dapat menjelaskan kembali karakteristik iklan elektronik, baik iklan radio, iklan televisi, maupun iklan internet dengan tepat.
4. Dengan kegiatan berkreasi menggambar benda yang ada dalam iklan televisi, siswa dapat menggambar benda yang ada dalam iklan televise dengan tepat.
5. Dengan kegiatan mengamati gambar iklan minuman, siswa dapat mengidentifikasi zat penyusun minuman, lalu mengklasifikasikan ke dalam zat tunggal dan zat campuran dengan tepat.
6. Dengan kegiatan berlatih membuat bagan tentang materi, siswa dapat menyimpulkan jenis materi suatu benda dan contohnya dengan tepat.
7. Dengan kegiatan mencoba membuat larutan, siswa dapat menuliskan perbedaan zat campuran homogen dan zat campuran heterogen dalam bentuk laporan dengan tepat.

D. MATERI PEMBELAJARAN
1. teks tentang peristiwa kedatangan bangsa barat di Indonesia
2. peta pikiran, mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman
3. teks,  tentang mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman)..

E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin, Tertib)
2.     Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3.     Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4.     Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5.     Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.     Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.     Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.     Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)

15 menit
Kegiatan inti
Proses KBM
Langkah-Langkah KegiatanPembelajaran
AYO MEMBACA
1.    Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mengajak siswa untuk mengamati gambar sambil mendengarkan guru membacakan narasi pada balon kalimat.
2.    Kemudian, guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut.
a.    Apa kamu pernah menonton iklan di televisi?
b.    Apa iklan yang kamu tonton?
3.    Guru memberi kesempatan kepada siswa yang ingin menjawab pertanyaan tersebut dengan mengangkat tangan.
4.    Siswa menceritakan iklan yang pernah ditonton di televisi dengan percaya diri.
5.    Kemudian, guru menjelaskan bahwa iklan di televisi merupakan iklan elektronik. Iklan elektronik
6.    adalah iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik.

AYO MENGAMATI
Guru dapat melakukan alternatif kegiatan berikut.
1.     Guru membacakan materi tentang tiga paparan bentuk iklan elektronik dan siswa mendengarkan. Kemudian, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada materi yang belum dipahami. Selanjutnya, guru menjawab pertanyaan siswa dan menjelaskan kembali dengan bahasanya sendiri tentang iklan melalui radio, televisi, dan internet.
2.     Guru meminta siswa membacakan materi tentang tiga paparan bentuk iklan elektronik secara bergantian. Kemudian, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada materi
3.     yang belum dipahami. Selanjutnya, guru menjawab pertanyaan siswa.
4.     Guru meminta siswa membaca dengan senyap materi tentang tiga paparan bentuk iklan elektronik. Kemudian, guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan kembali materi tersebut dengan bahasanya sendiri. Selanjutnya, guru mengonfirmasi penjelasan siswa.

AYO BERLATIH
1.    Siswa telah mengetahui iklan elektronik melalui radio, televisi, dan internet.
2.    Siswa diminta memilih salah satu bentuk dari ketiga iklan elektronik tersebut,kemudian mencari contoh iklan.
3.    Siswa mengidentifikasi iklan tersebut dengan cara menuliskan kalimat iklan jika iklan yang dipilih iklan radio. Jika yang dipilih iklan televisi, siswa menuliskan script dan storyboardnya. Jika siswa memilih iklan internet, siswa diminta menempelkan iklan pada lembaran kertas.
4.    Selanjutnya, siswa membuat kesimpulan isi iklan elektronik yang dibuat.
5.    Siswa menuliskan hasil identifikasinya seperti contoh yang terdapat pada buku siswa.
6.    Setelah selesai, siswa diminta mempresentasikan hasilnya di depan teman sekelas dengan percaya diri.
7.    Guru memberi kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi dengan cara menambahi jawaban, menyanggah, atau memberi masukan.
8.    Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa.

AYO BERLATIH
1.    Guru merangsang keingintahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan, ”Bagaimana karakteristik iklan radio, televisi, dan internet?”
2.    Siswa yang akan menjawab pertanyaan tersebut diminta untuk mengangkat tangannya terlebih dahulu.
3.    Siswa menjawab pertanyaan tersebut sesuai pengetahuannya.
4.    Guru memberi kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi jawaban temannya.
Selanjutnya, guru dapat memilih alternative kegiatan membaca berikut.
1.     Guru membacakan materi tentang karakteristik ketiga iklan elektronik, yaitu iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Siswa diminta mendengarkan. Kemudian, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada materi yang belum dipahami. Selanjutnya, guru menjawab pertanyaan siswa dan menjelaskan kembali dengan bahasanya sendiri tentang karakteristik ketiga iklan elektronik, yaitu iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.
2.     Guru meminta siswa membacakan materi tentang karakteristik ketiga iklan elektronik, yaitu iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet secara bergantian. Kemudian, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada materi yang belum dipahami. Selanjutnya, guru menjawab pertanyaan siswa.
3.     Guru meminta siswa membaca dengan senyap materi tentang karakteristik ketiga iklan elektronik, yaitu iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Kemudian, guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan kembali materi tersebut dengan bahasanya sendiri. Selanjutnya, guru mengonfirmasi penjelasan siswa.

AYO BERKREASI (4C: CREATIVITY)
1.     Siswa telah memahami bentuk iklan elektronik, salah satunya iklan televisi.
2.     Guru meminta siswa memilih salah satu gambar benda yang diiklankan di televisi.
3.     Siswa diminta berkreasi dengan menggambar kembali benda yang
4.     diiklankan tersebut pada sehelai kertas.
5.     Siswa diminta menggambar benda tersebut semenarik mungkin, lalu mewarnainya.
6.     Setelah selesai, siswa menunjukkan hasil
7.     gambarnya di depan kelas.
8.     Siswa menyampaikan alasan memilih  gambar benda tersebut dan menjelaskan isi iklan tentang benda tersebut.
9.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi dengan bertanya atau memberi masukan.
10. Siswa mengumpulkan hasil gambarnya untuk dinilai.
11. Guru mengapresiasi hasil gambar siswa dengan menempelkan gambar terbaik,misalnya tiga atau lima gambar terbaik di papan majalah dinding kelas.

AYO MENGAMATI
1.     Guru meminta siswa mengamati gambar iklan minuman pada buku siswa.
2.     Kemudian, guru mengajukan pertanyaan, ”Manakah minuman yang       termasuk zat tunggal?” dan ”Manakah minuman yang termasuk zat      campuran?”
3.     Siswa menjawab pertanyaan tersebut dengan cara mengangkat tangan terlebih dahulu. • Siswa menyebutkan minuman yang termasuk zat tunggal. Siswa juga menyebutkan minuman yang termasuk zat campuran. Jika minuman termasuk zat campuran, siswa diminta menyebutkan zat penyusunnya sesuai pengetahuannya.
4.     Guru memberi kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi.
5.     Guru mengapresiasi jawaban siswa.
6.     Selanjutnya, guru mengonfirmasi jawaban siswa dengan membacakan penjelasan gambar.
7.     Setelah itu, guru memancing rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan,”Apakah yang dimaksud materi, zat tunggal,dan zat campuran?”
8.     Guru meminta siswa membaca materi tentang materi, zat tunggal, dan zat campuran yang terdapat pada buku siswa.
9.     Selanjutnya, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada materi yang belum dipahami.
10. Guru menjawab pertanyaan siswa dan menjelaskan secara detail.
AYO BERLATIH
AYO MENCOBA
1.     Siswa telah mengetahui tentang zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.
2.     Selanjutnya, siswa akan melakukan percobaan untuk mengetahui perbedaan sifat kedua zat tersebut.
3.     Guru meminta siswa membentuk kelompok       yang terdiri atas enam siswa.
4.     Setiap kelompok menyiapkan alat dan bahan sesuai yang disebutkan pada buku siswa.
5.     Selanjutnya, siswa melakukan percobaan        sesuai langkah-langkah yang terdapat pada buku siswa.
6.     Siswa membandingkan hasil kedua larutan.
7.     Siswa menuliskan kesimpulan dan perbedaan kedua larutan tersebut.
8.     Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain.
9.     Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi, baik dengan cara bertanya, menyanggah, menambahkan jawaban, maupun memberi masukan.
10. Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa.

180 menit
Penutup
1.     Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflektif):
·       Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·       Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.     Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.     Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.     Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.     Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)

15 menit

Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 SD-MI Tema 8 (Benda-Benda di Sekitar Kita ) Sub Tema 1 (Benda dalam Kegiatan Ekonomi).
     | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 1
     | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 2
     | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 3
     | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 4
     | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 5
     | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 6
     | Kelas 5 Tema 7 Benda-Benda di Sekitar Kita (Literasi dan Kegiatan Proyek) Subtema 2

    [/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 3"]  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    REVISI 2017
    (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

    Sekolah :
    Kelas /Semester :  V/2 (dua )
    Tema 9 :  Benda-Benda di Sekitar Kita
    Subtema 3 :  Manusia dan Benda di Lingkungannya
    Pembelajaran ke- :  1
    Fokus Pembelajaran :  Bahasa Indonesia dan IPA,
    Alokasi Waktu :  6 x 35 menit (6 JP)

    B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    Bahasa Indonesia
    Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
    3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau
    elektronik.
    3.4.1  menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik;

    4.4 Memeragakan kembali informasi yang
    disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual. 4.4.1 memeragakan  kembali  informasi yang  disampaikan  paparan  iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual;

    IPA
    Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
    3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran).
    3.9.1 mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran); dan

    4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat
    campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.
    4.9.1 melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.

    C. TUJUAN PEMBELAJARAN
    1. Dengan kegiatan mengamati gambar iklan, siswa dapat menyebutkan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan dengan percaya diri.
    2. Dengan kegiatan membaca materi mengenai iklan, siswa dapat mengidentifikasikan pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan bentuk-bentuk iklan.
    3. Dengan kegiatan membaca dan mengamati gambar tentang iklan dalam media cetak, siswa dapat menyebutkan tujuan iklan, bentuk iklan, dan kesimpulan isi teks paparan iklan dalam media cetak dengan benar.
    4. Dengan kegiatan mengerjakan latihan mengenai zat tunggal, siswa dapat mengelompokkan benda-benda kedalam unsur atau senyawa dengan tepat.

    D. MATERI PEMBELAJARAN
    1. teks tentang peristiwa kedatangan bangsa barat di Indonesia
    2. peta pikiran, mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman
    3. teks,  tentang mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman)..

    E. METODE PEMBELAJARAN
    Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
    Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

    F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
    Media/Alat : 1. Teks bacaan.
    2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
    3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
    Bahan : -
    Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Kegiatan
    Deskripsi
    Alokasi Waktu
    Pendahuluan
    1.     Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin, Tertib)
    2.     Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
    3.     Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
    4.     Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
    5.     Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
    6.     Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
    7.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
    8.     Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
    9.     Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)

    15 menit
    Kegiatan inti
    AYO MENGAMATI
    1.    Secara mandiri siswa diminta untuk mengamati gambar iklan pada buku siswa.
    2.    Guru menstimulus daya analisis siswa  melalui pertanyaan seperti tercantum pada buku siswa sebagaiberikut.
    a.    Produk apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
    b.    Apa saja yang terdapat dalam iklan tersebut?
    c.    Bagaimana kesimpulanmu tentang isi teks paparan iklan tersebut?
    3.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan jawaban pertanyaan di depan teman-teman.
    4.    Guru meminta siswa untuk menyampaikan jawaban pertanyaan dengan percaya diri.
    5.    Siswa diajak berdiskusi untuk mengambil kesimpulan mengenai isi iklan.

    AYO MEMBACA
    1.    Secara mandiri siswa diminta untuk membaca teks bacaan mengenai
    2.    iklan.
    3.    Guru menjelaskan kepada siswa mengenai pengertian iklan, tujuan iklan, ciri-ciri iklan, dan bentuk iklan.
    4.    Siswa mengamati contoh iklan baris dan iklan kolom pada buku siswa.
    5.    Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa iklan yang pernah kamu lihat?
    6.    Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai iklan yang pernah dilihat dengan percaya diri.
    7.    Guru meminta siswa untuk mencari satu contoh iklan dalam media cetak.
    8.    Siswa mengidentifikasi tujuan iklan, ciri-ciri iklan, dan bentuk iklan yang diperoleh dari media cetak.
    9.    Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk mengungkapkan jawabannya mengenai tujuan iklan, ciri-ciri iklan, dan bentuk iklan yang diperoleh dari media cetak di depan teman-teman.
    10.    Guru meminta siswa untuk menyampaikan pendapatnya dengan percaya diri.
    11.    Guru mengapresiasi jawaban siswa.

    AYO BERLATIH
    1.    Siswa telah mengetahui pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan bentuk iklan. Selanjutnya, secara mandiri siswa diminta untuk mengamati iklan di
    2.    media cetak pada buku siswa. Kemudian, siswa menjawab pertanyaan
    3.    berdasarkan iklan pada media cetak.
    4.    Secara mandiri, siswa mengamati iklan di media cetak pada buku siswa.
    5.    Setelah membaca dan mengamati iklan, siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa berdasarkan iklan.
    6.    Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan membacakan dan menjelaskan narasi pada buku siswa.
    7.    Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali materi mengenai zat tunggal dan campuran yang telah dipelajari di subtema 1 dan subtema 2.
    8.    Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan.
    a.    Masih ingatkah kamu mengenai zat tunggal dan campuran?
    b.    Apa yang dimaksud dengan zat tunggal dan campuran?
    9.    Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
    10.    Guru memberi penjelasan mengenai zat tunggal dan campuran.
    11.    Guru meminta siswa menyebutkan contoh zat tunggal dan campuran di lingkungan sekitar.
    12.    Siswa menyampaikan pendapatnya dengan percaya diri.
    13.    Guru mengapresiasi jawaban siswa.

    AYO BERLATIH
    1.     Siswa telah memahami tentang zat tunggal. Selanjutnya, siswa diminta melengkapi table penggolongan unsur dan senyawa.
    2.     Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi mengenai zat tunggal yang belum diketahui dari berbagai sumber, misalnya buku dan internet.
    3.     Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa yang mengalami kesulitan.
    4.     Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan jawabannya di depan guru dan teman-teman.
    5.     Guru meminta siswa untuk mengungkapkan jawabannya secara percaya diri.

    180 menit
    Penutup
    1.     Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflektif):
    ·       Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
    ·       Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
    2.     Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
    3.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
    4.     Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
    5.     Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
    6.     Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)

    15 menit

    Link Download Contoh RPP Kurikulum 2013 SD-MI Tema 8 (Benda-Benda di Sekitar Kita ) Sub Tema 1 (Manusia dan Benda di Lingkungannya).
       | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 1
       | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 2
       | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 3
       | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 4
       | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 5
       | Kelas 5 Tema 9 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 6
       | Kelas 5 Tema 7 Benda-Benda di Sekitar Kita (Literasi dan Kegiatan Proyek) Subtema 3
      [/content][/tab]
      [warning title="REKOMENDASI" icon="exclamation-triangle"]
      [/warning]

      Berlangganan update artikel terbaru via email:

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel