-->

RPP DESAIN GRAFIS KELAS 10 KURIKULUM 2013 revisi 2017

Artikel kali ini akan sedikit menjelaskan tentang beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh setiap guru sebagai pendidik, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. tentang langkah langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat perangkat pembelajaran, agar apa yang di sampaikan sudah sesuai dengan SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017
RPP dapat diartikan dengan sebuah rencana yang mengambarkan prosedur pembelajaran dalam mencapai suatu kompetensi, Dimana RPP mengembangkan silabus untuk diarahakan kepada kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai (KD) atau Kompetensi dasar.

Setiap tenaga pengajar wajib menyusun RPP sistematis dan secara lengkap agar ketika proses pembelajaran berlangsung secara interaktip, inspiratif, menantang, menyenangkan,efisien, serta memotivasi siswa untuk ikut berpartisipasi aktif,serta memberikan ruang yang cukup bagi prakrasa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakan,minat, serta perkembangkan fisik dan psikologis peserta didik dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diharapkan pada Standar Proses, dan karena itu, setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis.

Baca Juga

Dan di sini kami menyajikan perangkat pembelajaran untuk SMK/MAK DESAIN GRAFIS KELAS 10 KURIKULUM 2013 revisi 2017 yang telah disusun secara lengkap dan sistematis, berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih, SMK/MAK DESAIN GRAFIS KELAS 10 KURIKULUM 2013 revisi 2017  ini dikembangkan secara rinci mengacu pada KI-KD, silabus dan bahan ajar. RPP terdiri atas komponen KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media, sumber belajar, langkah langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.Masing-masing komponen saling berhubungan secara logis sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh.

Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:

  • Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, Literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking,    Communicative, dan Collaborative
  • HOTS (Higher Order Thinking Skill)
  • RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru (SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017)
  • RPP disusun berdasarkan Struktur kurikulum yang berlaku (SK DIRJEN NO.330 Tahun 2017)
  • IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
  • IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
  • IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
  • IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
  • Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.

Dan berikut ruang lingkup materi yang terdapat pada SMK/MAK DESAIN GRAFIS KELAS 10 KURIKULUM 2013 revisi 2017 diantaranya sebagai berikut:

  1. Unsur-Unsur Tata Letak Berupa Garis, Ilustrasi, Tipografi, Warna, Gelap-Terang, Tekstur, Dan Ruang 
  2. Fungsi, dan Unsur Warna CMYK dan RGB
  3. Prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis  
  4. Berbagai Format Gambar
  5. Prosedur Scanning Gambar/ Ilustrasi/Teks Dalam Desain
  6. Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vektor
  7. Manipulasi Gambar Vektor dengan Menggunakan Fitur Efek
  8. Membuat desain berbasis gambar vektor 
  9. Perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
  10. Manipulasi Gambar Raster Dengan Menggunakan Fitur Efek
  11. pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster)
  12. Penggabungan Gambar Vektor Dan Bitmap (Raster)
Demikian info yang dapat kami sampaikan , untuk sahabat yang membutuhkan perangkat pembelajaran SMK/MAK DESAIN GRAFIS KELAS 10 KURIKULUM 2013 revisi 2017 silahkan download link yang sudah tersedia, terima kasih.

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel