Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4
[tab][content icon="file-word-o" title=" Subtema 1"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 5. Pengalamanku
Sub tema : 1. Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1.Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6.1.Mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
3.2.1Menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
3.2.2Menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2.1Memainkan pola irama sederhana.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2. Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4. Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
5. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7. Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks Percakapan
2. Satuan Baku untuk mengukur panjang
3. Pola irama sederhana
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks Percakapan.
2. Teks lagu “Pelangi-Pelangi”.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 1
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 2
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 3
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 4
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 5
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 2"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 5. Pengalamanku
Sub tema : 2. Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1.Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6.1.Mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.1.1 Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1.1 Membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan baik.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar berbagai jenis biji-bijian, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
2. Dengan menggunakan bahan alami, siswa dapat membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan baik.
3. Dengan membuat karya imajinatif tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan tepat.
4. Dengan memperhatikan yang disampaikan guru, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
5. Dengan mendengarkan teks percakapan, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
6. Dengan tanya jawab, siswa dapat menentukan konversi mengubah satuan panjang dengan tepat.
7. Dengan membandingkan dua satuan ukuran, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks Percakapan
2. Satuan Baku untuk mengukur panjang
3. Karya imajinatif tiga dimensi
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks Percakapan.
2. Gambar biji-bijian untuk menghias vas bunga.
3. Gambar vas bunga yang di hias dengan berbagai hiasan.
4. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Deskripsi
1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5. Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
AYO MENGAMATI
1. Siswa mengamati gambar berbagai jenis biji-bijian.
2. Siswa mengajukan pertanyaan terhadap gambar yang diamati.
3. Siswa lain menjawab pertanyaan yang diajukan temannya.
4. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gambar yang telah diamati.
AYO MENULIS
1. Siswa kembali mengamati gambar.
2. Siswa menulis jenis biji-bijian sesuai dengan gambar yang diamati.
AYO MENCOBA
1. Siswa bertanya jawab tentang bahan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
2. Siswa bertanya jawab tentang alat yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
3. Siswa menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
4. Siswa mengamati pola hiasan yang diinginkan.
5. Siswa memilih pola yang menarik menurut seleranya.
6. Siswa membuat hiasan vas bunga sesuai dengan pola yang telah dipilih.
AYO MENULIS
1. Siswa mengamati karya hiasan vas bunga yang dibuatnya.
2. Siswa menulis ciri-ciri karya hiasan vas bunga yang dibuatnya.
AYO BERLATIH
1. Siswa bertanya jawab tentang ciri-ciri karya hiasan vas bunga yang dibuatnya.
2. Siswa mendengarkan guru membacakan teks percakapan Beni tentang membuat hiasan vas bunga.
3. Siswa membuat pertanyaan tentang teks percakapan yang didengarnya.
4. Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat kepada temannya.
5. Siswa saling menjawab pertanyaan teman.
6. Siswa membacakan pertanyaan yang dibuat (4C: Communication).
7. Siswa menanggapi pertanyaan yang dibuat (4C: Communication).
8. Siswa mempraktikkan cara meminta tolong yang benar.
AYO MENULIS
1. Siswa membaca pertanyaan yang sudah disediakan.
2. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya.
AYO MENGAMATI
1. Siswa bertanya jawab tentang pengukuran benda (menanya).
2. Siswa mengamati gambar beberapa benda (mengamati).
3. Siswa mengukur benda sesuai dengan gambar yang diamati (mencoba).
4. Siswa menulis hasil pengukurannya (mencoba).
1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflectif):
• Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
• Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 1
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 2
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 3
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 4
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 5
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 3"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 5. Pengalamanku
Sub tema : 3. Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1. Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6.1. Mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
3.3.1 Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan yang benar.
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3.1 Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan yang benar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar pengukuran panjang, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dengan tepat.
4. Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m) dengan tepat.
5. Dengan mengamati gambar Beni melambaikan tangan, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan yang benar.
6. Dengan mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan yang benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks Percakapan
2. Satuan Baku untuk mengukur panjang
3. Gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Gambar Udin terjatuh disenggol oleh Beni ketika bermain Gobak Sodor
bersama.
2. Teks Percakapan “Beni Menyenggol Udin”.
3. Gambar Beni mengukur panjang pensil dengan menggunakan penggaris.
4. Gambar berbagai jenis benda.
5. Gambar berbagai jenis gerakan.
6. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 1
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 2
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 3
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 4
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 5
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 4"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 5. Pengalamanku
Sub tema : 4. Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1. Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
3.6.2. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan benar
3.6.3. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan baik
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6.1. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat).
4.6.2. Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang dengan tepat.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
3.4.1 Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan baik.
3.4.2. Mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan baik.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
4.4.1 Membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan benar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menggunakan teks lagu “Pemandangan”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat).
2. Dengan mendengarkan temannya membaca puisi, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
3. Dengan membaca teks puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan benar.
4. Dengan bertanya jawab, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan baik.
5. Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar.
6. Dengan mengamati gambar bercerita, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan baik.
7. Dengan membaca langkah-langkah membuat “Hiasan Pot Botol Bekas”, siswa dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan baik.
8. Dengan mengikuti petunjuk pembuatan “Hiasan Pot Botol Bekas”, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan benar.
9. Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
10. Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswa dapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Puisi anak tentang alam.
2. Masalah sehari-hari tentang satuan panjang.
3. Karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Gambar gerbang Taman Nasional Bantimurung
2. Teks puisi “Pemandangan”.
3. Gambar Beni melihat dan menunjuk botol minuman berserakan di
sekitar patung.
4. Gambar Beni sedang memegang contoh pot hiasan yang masih kosong
di tangan.
5. Pola pot bekas.
6. Cat warna
7. Kuas
8. Gambar botol minuman bekas
9. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 2
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 3
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 4
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 5
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 6
[/content][/tab]
[warning title="REKOMENDASI" icon="exclamation-triangle"]
Kelas 2 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 6 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
[/warning]
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 5. Pengalamanku
Sub tema : 1. Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1.Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6.1.Mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
3.2.1Menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
3.2.2Menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2.1Memainkan pola irama sederhana.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2. Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4. Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
5. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7. Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks Percakapan
2. Satuan Baku untuk mengukur panjang
3. Pola irama sederhana
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks Percakapan.
2. Teks lagu “Pelangi-Pelangi”.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Deskripsi
1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5. Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
Guru membuka pelajaran dengan memperkenalkan judul tema dan subtema (Tema : Pengalamanku, Subtema: Pengalamanku di Rumah).
AYO MENGAMATI
Siswa diarahkan untuk mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya (BG: 21).
Siswa mendengarkan dengan penuh konsentrasi.
AYO MENANYA
Siswa diarahkan oleh guru mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati (HOTS: Berfikir Logis).
Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan. (4C: Collaboratif)
AYO MENULIS
Siswa bertanya jawab tentang isi teks percakapan.
Siswa menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang diketahuinya. (4C: Communication)
Siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya.
AYO BERLATIH (4C: COLLABORATION)
Siswa mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya”.
Siswa bertanya jawab tentang gambar.
Siswa bertanya jawab tentang sikap santun.
Siswa bertanya jawab tentang cara meminta maaf.
Siswa berlatih tentang cara meminta maaf.
Siswa bersama pasangannya berlatih meminta maaf secara bergantian.
Siswa berlatih di depan kelas yang diamati oleh siswa lain.
AYO MENGAMATI
Siswa mengamati gambar jam dinding.
Siswa bertanya jawab tentang gambar jam dinding.
Siswa diarahkan untuk mengukur benda.
Siswa bertanya jawab tentang alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang benda.
Siswa menyebutkan berbagai jenis alat ukur panjang (4C: Communication)
Siswa menyebutkan penggaris sebagai alat ukur panjang dan juga yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari (4C: Communication).
Siswa bertanya jawab tentang benda yang pernah diukur menggunakan penggaris.
Siswa bertanya jawab tentang satuan yang terdapat pada penggaris.
Siswa menyebutkan sentimeter (cm) sebagai satuan pada penggaris
(4C: Communication).
Siswa bertanya jawab tentang cara menggunakan penggaris.
Siswa mencoba mengukur benda.
MENALAR DAN MENCOBA
Siswa sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan penggaris.
Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar.
Siswa mengukur minimal lima benda.
Siswa menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom yang disediakan.
Siswa menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan cm.
AYO BERLATIH
Siswa mengamati gambar berbagai jenis benda.
Siswa menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris.
Siswa memberikan tanda centang (√) untuk benda yang dapat diukur dengan penggaris.
AYO BERNYANYI
Siswa membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi”.
Siswa menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi”.
Siswa bertanya jawab tentang tekanan nada.
Siswa bertanya jawab tentang notasi angka.
Siswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru tentang notasi angka.
AYO BERDISKUSI (4C: COLLABORATION)
Siswa berdiskusi menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana.
Siswa berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana.
Siswa yang kesulitan mendapatkan bimbingan guru.
Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
Siswa memahami cara menentukan tekanan nada kuat dan nada lemah.
Siswa memahami cara menentukan panjang dan pendek bunyi nada.
Siswa menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi panjang dengan warna merah.
Siswa menggarisbawahi teks lagu yang termasuk bunyi pendek dengan warna biru.
1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflectif):
• Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
• Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 2
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 3
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 4
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 5
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 2"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 5. Pengalamanku
Sub tema : 2. Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1.Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6.1.Mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.1.1 Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1.1 Membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan baik.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar berbagai jenis biji-bijian, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
2. Dengan menggunakan bahan alami, siswa dapat membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan baik.
3. Dengan membuat karya imajinatif tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan tepat.
4. Dengan memperhatikan yang disampaikan guru, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
5. Dengan mendengarkan teks percakapan, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
6. Dengan tanya jawab, siswa dapat menentukan konversi mengubah satuan panjang dengan tepat.
7. Dengan membandingkan dua satuan ukuran, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks Percakapan
2. Satuan Baku untuk mengukur panjang
3. Karya imajinatif tiga dimensi
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks Percakapan.
2. Gambar biji-bijian untuk menghias vas bunga.
3. Gambar vas bunga yang di hias dengan berbagai hiasan.
4. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Deskripsi
1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5. Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
AYO MENGAMATI
1. Siswa mengamati gambar berbagai jenis biji-bijian.
2. Siswa mengajukan pertanyaan terhadap gambar yang diamati.
3. Siswa lain menjawab pertanyaan yang diajukan temannya.
4. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gambar yang telah diamati.
AYO MENULIS
1. Siswa kembali mengamati gambar.
2. Siswa menulis jenis biji-bijian sesuai dengan gambar yang diamati.
AYO MENCOBA
1. Siswa bertanya jawab tentang bahan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
2. Siswa bertanya jawab tentang alat yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
3. Siswa menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
4. Siswa mengamati pola hiasan yang diinginkan.
5. Siswa memilih pola yang menarik menurut seleranya.
6. Siswa membuat hiasan vas bunga sesuai dengan pola yang telah dipilih.
AYO MENULIS
1. Siswa mengamati karya hiasan vas bunga yang dibuatnya.
2. Siswa menulis ciri-ciri karya hiasan vas bunga yang dibuatnya.
AYO BERLATIH
1. Siswa bertanya jawab tentang ciri-ciri karya hiasan vas bunga yang dibuatnya.
2. Siswa mendengarkan guru membacakan teks percakapan Beni tentang membuat hiasan vas bunga.
3. Siswa membuat pertanyaan tentang teks percakapan yang didengarnya.
4. Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat kepada temannya.
5. Siswa saling menjawab pertanyaan teman.
6. Siswa membacakan pertanyaan yang dibuat (4C: Communication).
7. Siswa menanggapi pertanyaan yang dibuat (4C: Communication).
8. Siswa mempraktikkan cara meminta tolong yang benar.
AYO MENULIS
1. Siswa membaca pertanyaan yang sudah disediakan.
2. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya.
AYO MENGAMATI
1. Siswa bertanya jawab tentang pengukuran benda (menanya).
2. Siswa mengamati gambar beberapa benda (mengamati).
3. Siswa mengukur benda sesuai dengan gambar yang diamati (mencoba).
4. Siswa menulis hasil pengukurannya (mencoba).
1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflectif):
• Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
• Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 2
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 3
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 4
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 5
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 3"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 5. Pengalamanku
Sub tema : 3. Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1. Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6.1. Mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
3.3.1 Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan yang benar.
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3.1 Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan yang benar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar pengukuran panjang, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dengan tepat.
4. Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m) dengan tepat.
5. Dengan mengamati gambar Beni melambaikan tangan, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan yang benar.
6. Dengan mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan yang benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks Percakapan
2. Satuan Baku untuk mengukur panjang
3. Gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Gambar Udin terjatuh disenggol oleh Beni ketika bermain Gobak Sodor
bersama.
2. Teks Percakapan “Beni Menyenggol Udin”.
3. Gambar Beni mengukur panjang pensil dengan menggunakan penggaris.
4. Gambar berbagai jenis benda.
5. Gambar berbagai jenis gerakan.
6. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Deskripsi
1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5. Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
AYO MENGAMATI
1. Siswa mengamati gambar Udin terjatuh disenggol oleh Beni ketika bermain Gobak Sodor bersama.
2. Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamati.
3. Siswa bertanya menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.
4. Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan temannya.
5. Siswa bersama bimbingan guru menentukan jawaban yang sebenarnya (4C: Communication).
AYO MEMBACA (LITERASI)
1. Siswa membaca teks bacaan.
2. Siswa membaca dengan lancar.
3. Siswa lain menyimak temannya membaca.
4. Siswa lain diberi kesempatan untuk membaca.
5. Siswa membaca secara bergantian.
AYO BERLATIH
1. Siswa menjawab lima pertanyaan.
2. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang dibaca.
AYO BERMAIN PERAN
1. Siswa mengamati guru membacakan teks percakapan.
2. Siswa memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
3. Siswa mencobakan penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
4. Siswa bermain peran dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
5. Siswa lain diberi kesempatan untuk mengomentari penampilan temannya (4C: Communication).
6. Siswa dengan bimbingan guru memberikan tepuk tangan kepada siswa yang sudah berani maju ke depan.
AYO BERLATIH
1. Siswa menuliskan kesalahan yang pernah dilakukannya.
2. Siswa menulis kalimat minta maaf yang diucapkannya.
3. Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan yang sudah diperagakannya.
AYO MENGAMATI
1. Siswa mengamati gambar Lani mengukur panjang pensil menggunakan penggaris.
2. Siswa juga mengamati gambar Lani mengukur panjang tepi meja menggunakan meteran.
3. Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamatinya.
4. Siswa mengerjakan latihan isian.
5. Siswa mengisi kata yang masih rumpang.
AYO BERLATIH
1. Siswa mengamati gambar beberapa benda.
2. Siswa mengukur panjang benda yang ada pada gambar.
3. Siswa mengurutkan panjang benda sesuai dengan dari yang terpanjang.
AYO MENGAMATI
1. Siswa mengamati gambar beberapa gerakan yang diperagakan oleh Beni.
2. Siswa bertanya jawab tentang gambar Beni yang memperagakan berbagai gerakan dengan hitungan 1-8.
AYO BERLATIH
1. Siswa melakukan gerakan yang dicobakan oleh Beni.
2. Siswa menggabungkan semua gerakan yang dicontohkan Beni.
3. Siswa melakukan gerakan tarian kemenangan.
1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflectif):
• Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
• Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 2
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 3
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 4
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 5
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 4"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 5. Pengalamanku
Sub tema : 4. Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1. Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
3.6.2. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan benar
3.6.3. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan baik
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6.1. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat).
4.6.2. Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang dengan tepat.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
3.4.1 Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan baik.
3.4.2. Mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan baik.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
4.4.1 Membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan benar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menggunakan teks lagu “Pemandangan”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat).
2. Dengan mendengarkan temannya membaca puisi, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
3. Dengan membaca teks puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan benar.
4. Dengan bertanya jawab, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan baik.
5. Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar.
6. Dengan mengamati gambar bercerita, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan baik.
7. Dengan membaca langkah-langkah membuat “Hiasan Pot Botol Bekas”, siswa dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan baik.
8. Dengan mengikuti petunjuk pembuatan “Hiasan Pot Botol Bekas”, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan benar.
9. Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
10. Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswa dapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Puisi anak tentang alam.
2. Masalah sehari-hari tentang satuan panjang.
3. Karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Gambar gerbang Taman Nasional Bantimurung
2. Teks puisi “Pemandangan”.
3. Gambar Beni melihat dan menunjuk botol minuman berserakan di
sekitar patung.
4. Gambar Beni sedang memegang contoh pot hiasan yang masih kosong
di tangan.
5. Pola pot bekas.
6. Cat warna
7. Kuas
8. Gambar botol minuman bekas
9. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Deskripsi
1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin)
2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius)
3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius)
4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis)
5. Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis)
AYO MENGAMATI
1. Siswa mengamati gambar berbagai jenis biji-bijian.
2. Siswa mengajukan pertanyaan terhadap gambar yang diamati.
3. Siswa lain menjawab pertanyaan yang diajukan temannya.
4. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gambar yang telah diamati.
AYO MENULIS
1. Siswa kembali mengamati gambar.
2. Siswa menulis jenis biji-bijian sesuai dengan gambar yang diamati.
AYO MENCOBA
1. Siswa bertanya jawab tentang bahan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
2. Siswa bertanya jawab tentang alat yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
3. Siswa menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
4. Siswa mengamati pola hiasan yang diinginkan.
5. Siswa memilih pola yang menarik menurut seleranya.
6. Siswa membuat hiasan vas bunga sesuai dengan pola yang telah dipilih.
AYO MENULIS
1. Siswa mengamati karya hiasan vas bunga yang dibuatnya.
2. Siswa menulis ciri-ciri karya hiasan vas bunga yang dibuatnya.
AYO BERLATIH
1. Siswa bertanya jawab tentang ciri-ciri karya hiasan vas bunga yang dibuatnya.
2. Siswa mendengarkan guru membacakan teks percakapan Beni tentang membuat hiasan vas bunga.
3. Siswa membuat pertanyaan tentang teks percakapan yang didengarnya.
4. Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat kepada temannya.
5. Siswa saling menjawab pertanyaan teman.
6. Siswa membacakan pertanyaan yang dibuat (4C: Communication).
7. Siswa menanggapi pertanyaan yang dibuat (4C: Communication).
8. Siswa mempraktikkan cara meminta tolong yang benar.
AYO MENULIS
1. Siswa membaca pertanyaan yang sudah disediakan.
2. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya.
AYO MENGAMATI
1. Siswa bertanya jawab tentang pengukuran benda.
2. Siswa mengamati gambar beberapa benda.
3. Siswa mengukur benda sesuai dengan gambar yang diamati.
4. Siswa menulis hasil pengukurannya.
1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflectif):
• Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
• Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius)
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 2
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 3
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 4
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 5
| Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 6
[/content][/tab]
[warning title="REKOMENDASI" icon="exclamation-triangle"]
Kelas 2 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 6 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
[/warning]