Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
[tab][content icon="file-word-o" title=" Subtema 1"]RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan: SD/MI
Kelas / Semester: 1 /2
Tema: 7. Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku
Sub Tema: 1. Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku
Muatan Terpadu: B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke: 1
Alokasi waktu: 1 hari
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.1
2.1 Mensyukuri diterapkannya bintang, rantai, pohon beringin,kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda pancasila
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.
Muatan : SBdP
No Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal elemen musik melalui Lagu.
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.
PPK yang dikembangkan :
• Disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
C. TUJUAN
1. Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
3. Setelah membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
5. Melalui kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
6. Setelah berdiskusi, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.
7. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
8. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.
D. MATERI
1. Siswa dapat membedakan dan mempraktikkan panjang pendek bunyi lagu.
2. Siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda hidup dan tak hidup.
3. Siswa dapat mengamati gambar lambang negara Pancasila.
4. Siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
5. Siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 1
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 2"]RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan: SD/MI
Kelas / Semester: 1 /2
Tema: 7. Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku
Sub Tema: 2. Hewan di Sekitarku
Muatan Terpadu: B. Indonesia, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke: 1
Alokasi waktu: 1 hari
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.2
2.2
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Muatan : SBdP
No Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari .
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari sebuah lagu.
C. TUJUAN
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat .
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menulis ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat
3. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan informasi tentang aturan merawat hewan di rumah dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dengan benar.
6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian dengan benar.
D. MATERI
1. Siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
2. Siswa dapat menjelaskan cara merawat hewan dengan benar.
3. siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah.
4. Siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam.
5. Siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 1
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 3"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /2
Tema: 7. Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku
Sub Tema: 3. Tanaman di Sekitarku
Muatan Terpadu: B. Indonesia, PPKn, SBDP
Pembelajaran ke: 1
Alokasi waktu: 1 hari
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3. 8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.2
2.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Muatan : SBPD
No Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi .
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
C. TUJUAN
1. Melalui kegiatan mewawancara, siswa dapat menggali informasi tentang aturan merawat tanaman di rumah dengan baik.
2. Setelah mewawancarai, siswa dapat menyampaikan aturan merawat tanaman di rumah secara tertulis dengan baik.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian yang terdapat pada teks/gambar dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menulis ungkapan pemberian pujian dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik kolase dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
7. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya tiga dimensi dengan benar.
9. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai obyek yang telah ditentukan dengan benar.
D. MATERI
1. Siswa dapat menggali informasi tentang aturan merawat tanaman di rumah dengan baik.
2. Siswa dapat menyampaikan aturan merawat tanaman di rumah secara tertulis.
3. Siswa dapat menunjukkan dan menulis ungkapan pemberian pujian yang terdapat pada teks/gambar .
4. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik kolase.
5. Siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi.
6. Siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi.
7. Siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai obyek yang telah ditentukan dengan benar
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 1
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 4"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /2
Tema: 7. Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku
Sub Tema: 4. Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
Muatan Terpadu: B Indonesia, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke: 1
Alokasi waktu : 1 hari
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.2
2.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Muatan : SBdP
No Kompetensi Dasar
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam.
C. TUJUAN
1. Setelah mengamati gambar yang ada pada buku, siswa dapat mengelompokkan benda-benda sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan sekitar dengan benar.
3. Setelah mewawancarai teman, siswa dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-benda dengan benar.
5. Setelah mengamati langkah-langkah pembuatan karya, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
D. MATERI
1. Siswa dapat mengelompokkan benda-benda sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Siswa dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan sekitar dengan benar.
3. Siswa dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
4. Siswa dapat memeragakan kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-benda dengan benar.
5. Siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
6. Siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 6
[/content][/tab]
[warning title="REKOMENDASI" icon="exclamation-triangle"]Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 1 Tema 6 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
[/warning]
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan: SD/MI
Kelas / Semester: 1 /2
Tema: 7. Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku
Sub Tema: 1. Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku
Muatan Terpadu: B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke: 1
Alokasi waktu: 1 hari
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.1
2.1 Mensyukuri diterapkannya bintang, rantai, pohon beringin,kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda pancasila
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.
Muatan : SBdP
No Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal elemen musik melalui Lagu.
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.
PPK yang dikembangkan :
• Disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
C. TUJUAN
1. Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
3. Setelah membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
5. Melalui kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
6. Setelah berdiskusi, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.
7. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
8. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.
D. MATERI
1. Siswa dapat membedakan dan mempraktikkan panjang pendek bunyi lagu.
2. Siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda hidup dan tak hidup.
3. Siswa dapat mengamati gambar lambang negara Pancasila.
4. Siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
5. Siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 2"]RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan: SD/MI
Kelas / Semester: 1 /2
Tema: 7. Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku
Sub Tema: 2. Hewan di Sekitarku
Muatan Terpadu: B. Indonesia, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke: 1
Alokasi waktu: 1 hari
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.2
2.2
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Muatan : SBdP
No Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari .
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari sebuah lagu.
C. TUJUAN
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat .
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menulis ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat
3. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan informasi tentang aturan merawat hewan di rumah dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dengan benar.
6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian dengan benar.
D. MATERI
1. Siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
2. Siswa dapat menjelaskan cara merawat hewan dengan benar.
3. siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah.
4. Siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam.
5. Siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 3"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /2
Tema: 7. Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku
Sub Tema: 3. Tanaman di Sekitarku
Muatan Terpadu: B. Indonesia, PPKn, SBDP
Pembelajaran ke: 1
Alokasi waktu: 1 hari
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3. 8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.2
2.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Muatan : SBPD
No Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi .
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
C. TUJUAN
1. Melalui kegiatan mewawancara, siswa dapat menggali informasi tentang aturan merawat tanaman di rumah dengan baik.
2. Setelah mewawancarai, siswa dapat menyampaikan aturan merawat tanaman di rumah secara tertulis dengan baik.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian yang terdapat pada teks/gambar dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menulis ungkapan pemberian pujian dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik kolase dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
7. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya tiga dimensi dengan benar.
9. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai obyek yang telah ditentukan dengan benar.
D. MATERI
1. Siswa dapat menggali informasi tentang aturan merawat tanaman di rumah dengan baik.
2. Siswa dapat menyampaikan aturan merawat tanaman di rumah secara tertulis.
3. Siswa dapat menunjukkan dan menulis ungkapan pemberian pujian yang terdapat pada teks/gambar .
4. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik kolase.
5. Siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi.
6. Siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi.
7. Siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai obyek yang telah ditentukan dengan benar
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 4"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /2
Tema: 7. Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku
Sub Tema: 4. Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
Muatan Terpadu: B Indonesia, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke: 1
Alokasi waktu : 1 hari
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.2
2.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Muatan : SBdP
No Kompetensi Dasar
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya dari bahan alam.
C. TUJUAN
1. Setelah mengamati gambar yang ada pada buku, siswa dapat mengelompokkan benda-benda sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan sekitar dengan benar.
3. Setelah mewawancarai teman, siswa dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-benda dengan benar.
5. Setelah mengamati langkah-langkah pembuatan karya, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
D. MATERI
1. Siswa dapat mengelompokkan benda-benda sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Siswa dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan sekitar dengan benar.
3. Siswa dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
4. Siswa dapat memeragakan kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-benda dengan benar.
5. Siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
6. Siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 6
[/content][/tab]
[warning title="REKOMENDASI" icon="exclamation-triangle"]Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 1 Tema 6 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
[/warning]