Kelas 2 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4
[tab][content icon="file-word-o" title=" Subtema 1"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub tema : 1. Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10. Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
3.10.1. Membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.10.2. Menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
4.10. Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar.
4.10.1. Menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) yang benar.
4.10.2. Membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.6.1. Mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1. Membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
3.2.1 Menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2.1 Memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua dengan benar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.
2. Dengan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam, siswa dapat membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.
3. Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
4. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
5. Dengan mengamati kata ganti Tuhan, siawa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) yang benar.
6. Dengan penugasan, siswa dapat membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
7. Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
8. Dengan penugasan, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Penggunaan huruf kapital (nama Tuhan)
2. Satuan Baku untuk mengukur waktu
3. Pola irama sederhana berbirama dua
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks lagu “Terima Kasih, Ya Tuhan”.
2. Model jam.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 8: Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 1
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 2"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub tema : 2. Menjaga Keselamatan di Rumah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10. Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
3.10.1. Membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.10.2. Menemukan penggunaan huruf kapital (nama orang) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
4.10. Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar.
4.10.1. Menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan tepat.
4.10.2. Membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.6.1. Menentukan konversi satuan waktu dengan benar.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1. Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam dengan benar.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
3.3.1 Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan secara tepat.
3.3.2 Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh berdasarkan level gerak dalam tarian sesuai hitungan dengan benar.
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3.1 Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan secara tepat.
4.3.2 Melakukan gerak bagian anggota tubuh berdasarkan level gerak dalam tarian sesuai hitungan dengan benar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati kartu pelajar, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (nama orang) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
3. Dengan mengamati kartu pelajar, siswa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan tepat.
4. Dengan penugasan, siswa dapat membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5. Dengan mengamati model jam, siswa dapat menentukan konversi satuan waktu dengan benar.
6. Dengan mengamati model jam, siswa dapat menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam dengan benar.
7. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan secara tepat.
8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh berdasarkan level gerak dalam tarian sesuai hitungan dengan benar.
9. Dengan penugasan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan secara tepat.
10. Dengan penugasan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh berdasarkan level gerak dalam tarian sesuai hitungan dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Penggunaan huruf kapital (nama orang)
2. Satuan Baku untuk mengukur waktu
3. Gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Kartu pelajar siswa.
2. Gambar gerakan tari menggunakan kemoceng.
3. Gambar model jam
4. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 8: Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 1
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 3"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub tema : 3. Aturan Keselamatan di Perjalanan
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10. Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
3.10.1. Membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.10.2. Menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
4.10. Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar.
4.10.1. Menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan benar.
4.10.2. Membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.6.1. Menentukan konversi satuan waktu dengan benar.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1. Menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan benar.
3.1.2 Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
3.1.3 Mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
3.1.4 Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan benar.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.3.1 Membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek dengan bahan alami secara kreatif.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar dan teks percakapan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
3. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan benar.
4. Dengan penugasan, siswa dapat membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5. Dengan mengamati gambar kalender, siswa dapat menentukan konversi satuan waktu dengan benar.
6. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
7. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan benar.
8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
10. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan benar.
11. Dengan penugasan, siswa dapat membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek dengan bahan alami secara kreatif.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Penggunaan huruf kapital (nama Tuhan)
2. Konversi satuan waktu
3. Karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Gambar dan teks percakapan tentang aturan perjalanan.
2. Teks bacaan “Aturan Keselamatan dalam Bus”.
3. Gambar kalender
4. Alat dan bahan dalam membuat “Kerajinan Kulit Kerang”
5. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 8: Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 1
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 4"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub tema : 4. Menjaga Keselamatan di Perjalanan
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10. Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
3.10.1. Membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.10.2. Menemukan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
4.10. Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar.
4.10.1. Menyunting teks pendek sesuai dengan kebenaran aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
4.10.2. Memperbaiki teks pendek hasil menyunting sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.6.1. Menyelesaikan permasalahan sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1. Menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
3.1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan benar.
3.1.2 Mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
3.1.3 Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara tepat.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
4.3.1 Membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara kreatif.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati teks dongeng, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
3. Dengan membaca teks yang belum benar, siswa dapat menyunting teks pendek sesuai dengan kebenaran aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
4. Dengan penugasan, siswa dapat memperbaiki teks pendek hasil menyunting sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
5. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
6. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
7. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan benar.
8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara tepat.
10. Dengan penugasan, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara kreatif.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Penggunaan huruf kapital (awal kalimat)
2. Permasalahan sehari-hari tentang satuan waktu
3. Karya hiasan dengan bahan buatan
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks dongeng “Kisah Kera dan Ayam”.
2. Gambar karya hiasan dari bahan buatan.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : Bahan dan Alat membuat karya ”Hiasan Anak Ayam”
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 8: Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 6
[/content][/tab]
[warning title="REKOMENDASI" icon="exclamation-triangle"]
Kelas 2 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 6 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
[/warning]
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub tema : 1. Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10. Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
3.10.1. Membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.10.2. Menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
4.10. Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar.
4.10.1. Menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) yang benar.
4.10.2. Membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.6.1. Mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1. Membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
3.2.1 Menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2.1 Memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua dengan benar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.
2. Dengan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam, siswa dapat membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.
3. Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
4. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
5. Dengan mengamati kata ganti Tuhan, siawa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) yang benar.
6. Dengan penugasan, siswa dapat membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
7. Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
8. Dengan penugasan, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Penggunaan huruf kapital (nama Tuhan)
2. Satuan Baku untuk mengukur waktu
3. Pola irama sederhana berbirama dua
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks lagu “Terima Kasih, Ya Tuhan”.
2. Model jam.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 8: Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin) 2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius) 3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius) 4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis) 5. Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. 6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis) | 15 menit |
Kegiatan inti | AYO MENGAMATI 1. Kegiatan awal pembelajaran 1 adalah materi matematika tentang membaca tanda waktu. 2. Siswa diminta untuk mengamati setiap kegiatan pada gambar. 3. Siswa diminta menjawab pertanyaan terkait dengan isi gambar. 4. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: 1. Pukul berapa Udin sarapan pagi? 2. Pukul berapa Udin berangkat sekolah? 3. Pukul berapa Udin pulang sekolah? 5. Guru menjelaskan cara membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam. 6. Siswa mengamati beberapa contoh cara membaca tanda waktu. 7. Guru membimbing siswa hingga benar-benar paham dengan cara membaca tanda waktu. AYO BERLATIH 1. Siswa menyelesaikan soal-soal membaca tanda waktu. 2. Siswa bersama guru memeriksa kebenaran jawaban yang telah dibuat siswa. 3. Guru memberikan arahan dan motivasi terkait dengan hasil jawaban siswa. AYO MEMBACA (LITERASI) 1. Menghubungkan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa diajak untuk membaca teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi”. 2. Guru menjelaskan cara membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat pada teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi”. 3. Siswa membaca teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi” dengan lafal dan intonasi yang tepat. 4. Bertanya jawab tentang isi teks yang telah dibaca. 5. Bersama-sama menyimpulkan isi teks. Dalam hal ini, guru dapat mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks sehingga siswa dapat menyimpulkan dengan benar. AYO MENGAMATI 1. Siswa diminta untuk membaca kembali teks “Aturan Ketika sarapan Pagi”. 2. Siswa diajak untuk menemukan aturan penggunaan huruf kapital, yaitu terhadap nama “Tuhan” dan pengganti nama “Tuhan”. 3. Guru membimbing siswa tentang aturan penggunaan huruf kapital, terutama penulisan nama “Tuhan” dan pengganti nama Tuhan”. AYO MENULIS 1. Siswa menulis 5 kalimat yang berhubungan dengan penulisan kata ganti “Tuhan”, yaitu Yang Maha Esa, Yang Mahakuasa, Yang Mahabesar, Yang Maha Pengasih, dan Yang Maha Penyayang. 2. Memeriksa kebenaran kalimat yang telah ditulis siswa dengan mengacu pada aturan penulisan huruf kapital. 3. Siswa membacakan kalimat yang telah dibuat dengan lafal dan intonasi yang tepat. AYO BERNYANYI 1. Menghubungkan dengan pembelajaran SBdP, guru dapat mengajukan pertanyaan tentang “Aturan Ketika Sarapan Pagi” yang telah dibaca sebelumnya. 2. Guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa, misalnya: apa yang kita lakukan sebelum makan?, mengapa kita harus berdoa? 3. Siswa diarahkan mengaitkan hubungan berdoa dengan bersyukur pada Tuhan. 4. Siswa mengamati teks lagu “Terima Kasih, Ya Tuhan”. 5. Siswa diarahkan memperhatikan tanda tekanan nada kuat dan nada lemah pada lagu. 6. Guru menjelaskan tentang tekanan nada kuat dan nada lemah pada lagu hingga siswa benar-benar paham. AYO BERLATIH 1. Siswa diminta menyanyikan lagu “Terima Kasih, Ya Tuhan” dengan memperhatikan tekanan nada kuat dan nada lemah pada lagu. 2. Perlu diingat bahwa kemampuan siswa dalam bernyanyi berbeda. Oleh sebab itu, siswa hendaknya dibimbing dengan baik hingga mereka benar-benar mampu menyanyikan lagu “Terima Kasih, Ya Tuhan” sesuai dengan tekanan nada kuat dan nada lemah pada lagu. | 180 menit |
Penutup | 1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflectif): · Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? · Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar? 2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini. 3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru. 4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. 5. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. 6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius) | 15 menit |
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 2"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub tema : 2. Menjaga Keselamatan di Rumah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10. Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
3.10.1. Membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.10.2. Menemukan penggunaan huruf kapital (nama orang) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
4.10. Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar.
4.10.1. Menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan tepat.
4.10.2. Membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.6.1. Menentukan konversi satuan waktu dengan benar.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1. Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam dengan benar.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
3.3.1 Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan secara tepat.
3.3.2 Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh berdasarkan level gerak dalam tarian sesuai hitungan dengan benar.
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3.1 Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan secara tepat.
4.3.2 Melakukan gerak bagian anggota tubuh berdasarkan level gerak dalam tarian sesuai hitungan dengan benar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati kartu pelajar, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (nama orang) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
3. Dengan mengamati kartu pelajar, siswa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan tepat.
4. Dengan penugasan, siswa dapat membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5. Dengan mengamati model jam, siswa dapat menentukan konversi satuan waktu dengan benar.
6. Dengan mengamati model jam, siswa dapat menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam dengan benar.
7. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan secara tepat.
8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh berdasarkan level gerak dalam tarian sesuai hitungan dengan benar.
9. Dengan penugasan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan secara tepat.
10. Dengan penugasan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh berdasarkan level gerak dalam tarian sesuai hitungan dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Penggunaan huruf kapital (nama orang)
2. Satuan Baku untuk mengukur waktu
3. Gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Kartu pelajar siswa.
2. Gambar gerakan tari menggunakan kemoceng.
3. Gambar model jam
4. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 8: Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu | ||||||
Pendahuluan | 1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin) 2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius) 3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius) 4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis) 5. Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. 6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis) | 15 menit | ||||||
Kegiatan inti | AYO MENGAMATI 1. Siswa diminta mengamati gambar yang berhubungan dengan menjaga keselamatan di rumah. 2. Bertanya jawab tentang gambar. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: Apa saja yang dilakukan Udin dan keluarga?; Apakah kamu melakukan hal yang sama seperti Udin dan keluarga?; dan sebagainya. 3. Selanjutnya, masuk pada pembelajaran 1. 4. Materi yang akan dibahas pada awal pembelajaran 1 adalah mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu aturan penggunaan huruf kapital. AYO MENGAMATI 1. Siswa diminta mengamati dan membaca teks percakapan Udin dan kakak. 2. Bertanya jawab tentang isi percakapan Udin dan kakak. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: Apa isi percakapan Udin dan kakak?; Apa kesimpulanmu terhadap isi percakapan mereka?; dan sebagainya. AYO MEMBACA (LITERASI) 1. Siswa diminta mengamati gambar kartu pelajar mutiara. 2. siswa diminta menemukan aturan penggunaan huruf kapital pada kartu Pelajar mutiara. 3. guru membimbing siswa tentang aturan penggunaan huruf kapital, Terutama penulisan nama orang. AYO BERLATIH 1. Siswa mengisi kartu pelajar sesuai dengan identitas diri masing-masing. 2. Mengoreksi kebenaran kartu pelajar yang telah diisi siswa sesuai dengan aturan penulisan huruf kapital yang benar. 3. Siswa membacakan identitas diri masing-masing sesuai dengan kartu pelajar yang telah diisi. AYO MENGAMATI 1. Menghubungkan dengan mata pelajaran SBdP, siswa diminta mengamati alat yang digunakan Udin dan kakak ketika membersihkan dokumen keluarga, yaitu kemoceng. 2. Guru memperagakan contoh gerakan ketika menggunakan kemoceng. 3. Guru mengarahkan siswa bahwa gerakan menggunakan kemoceng dapat dibuat dalam bentuk tari. 4. Siswa diminta mengamati gambar gerakan tari menggunakan kemoceng pada buku siswa. 5. Guru mencontohkan gerakan tari menggunakan kemoceng. AYO MENCOBA 1. Siswa diminta melakukan gerakan tari menggunakan kemoceng sesuai dengan gambar dan contoh yang diperagakan guru. 2. Guru membimbing siswa dengan perlahan dalam melakukan setiap gerakan. 3. Siswa diminta melakukan gerakan dalam posisi duduk dan berdiri, serta menggunakan hitungan. 4. Bertanya jawab tentang perasaan siswa setelah melakukan gerakan tari. AYO MENGAMATI 1. Menghubungkan dengan mata pelajaran matematika, guru bertanya 2. tentang waktu mulai dan selesai Udin dan kakak membersihkan dokumen keluarga. 3. Siswa mengamati gambar tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam pada buku siswa. 4. Guru menjelaskan konversi waktu dari jam ke menit. 5. Guru menggunakan model jam yang dapat diutak-atik dalam menjelaskan konversi satuan waktu dari jam ke menit. 6. Siswa diminta menemukan dan menyimpulkan bahwa 1 jam = 60 menit. AYO BERLATIH 1. Siswa menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan konversi satuan waktu, yaitu dari jam ke menit. 2. Guru bersama siswa memeriksa kebenaran jawaban siswa. 3. Guru memberikan skor dan penilaian terhadap hasil kerja siswa. | 180 menit | ||||||
Penutup | 1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflectif): · Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? · Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar? 2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini. 3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru. 4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. 5. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. 6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius) | 15 menit |
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 3"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub tema : 3. Aturan Keselamatan di Perjalanan
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10. Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
3.10.1. Membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.10.2. Menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
4.10. Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar.
4.10.1. Menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan benar.
4.10.2. Membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.6.1. Menentukan konversi satuan waktu dengan benar.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1. Menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan benar.
3.1.2 Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
3.1.3 Mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
3.1.4 Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan benar.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.3.1 Membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek dengan bahan alami secara kreatif.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar dan teks percakapan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
3. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan benar.
4. Dengan penugasan, siswa dapat membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5. Dengan mengamati gambar kalender, siswa dapat menentukan konversi satuan waktu dengan benar.
6. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
7. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan benar.
8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
10. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan benar.
11. Dengan penugasan, siswa dapat membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek dengan bahan alami secara kreatif.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Penggunaan huruf kapital (nama Tuhan)
2. Konversi satuan waktu
3. Karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Gambar dan teks percakapan tentang aturan perjalanan.
2. Teks bacaan “Aturan Keselamatan dalam Bus”.
3. Gambar kalender
4. Alat dan bahan dalam membuat “Kerajinan Kulit Kerang”
5. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 8: Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin) 2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius) 3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius) 4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis) 5. Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. 6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis) | 15 menit |
Kegiatan inti | AYO MENGAMATI 1. Siswa diberikan motivasi dengan mengamati gambar pada pengantar subtema 3, misalnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pada buku siswa. 2. Contoh pertanyaan yang dapat diajukan: Apa isi percakapan ibu guru dan Siti? Apa yang terjadi jika mereka tidak memakai sabuk pengaman? 3. Apa kesimpulanmu terhadap percakapan tersebut? 4. Ketika mengajukan pertanyaan, siswa diarahkan pada pengetahuan awal dan penanaman sikap yang sesuai nilai-nilai yang dapat diteladani melalui gambar. 5. Langkah selanjutnya, masuk pada pembelajaran 1. AYO MENGAMATI 1. Pada awal pembelajaran, siswa mengamati gambar yang berisi percakapan tentang aturan dalam perjalanan. 2. Siswa diarahkan untuk berdiskusi dengan teman sebangku tentang isi percakapan yang telah dibaca. 3. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi percakapan berdasarkan diskusi yang telah dilakukan. AYO MEMBACA (LITERASI) 1. Siswa membaca teks tentang “Aturan Keselamatan dalam Bus”. 2. Ketika membaca, siswa diarahkan untuk memperhatikan kejelasan lafal dan intonasi yang digunakan. 2.Apabila diperlukan, guru dapat mencontohkan terlebih dahulu cara membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. 3. Bertanya jawab tentang isi teks yang telah dibaca. AYO MENGAMATI 1. Siswa membaca kembali teks “Aturan Keselamatan dalam Bus”. 2. Guru mengingatkan kembali aturan penggunaan huruf kapital, khususnya penggunaan nama Tuhan dan pengganti nama Tuhan. 3. Siswa menjelaskan aturan penggunaan huruf kapital pada teks “Aturan Keselamatan dalam Bus”. 4. Siswa membaca beberapa kalimat yang ada pada buku siswa dengan nyaring. 5. Siswa menyebutkan beberapa kata yang menggunakan huruf kapital pada kalimat yang telah dibaca. 6. Guru menjelaskan aturan penggunaan huruf kapital yang terdapat pada kalimat (penggunaan huruf kapital pada nama Tuhan). AYO BERLATIH 1. Siswa menulis 5 kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital. 2. Siswa membacakan kalimat yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat. AYO MENGAMATI 1. Menghubungkan dengan pembelajaran matematika, siswa iminta mengamati gambar kalender yang ada pada buku siswa. 2. Berdasarkan gambar yang diamati, siswa diminta menyebutkan jumlah dan nama hari dalam 1 minggu. 3. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang konversi satuan waktu, misalnya: jika 1 minggu = 7 hari, 2 minggu = ... hari, dan seterusnya. AYO BERLATIH 1. Siswa mengerjakan soal latihan tentang konversi satuan waktu. 2. Jika ada siswa yang mengalami kesulitan diberikan bimbingan. 2. AYO BERKREASI (4C: CREATIVITY) 1. Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat “Kerajinan Kulit Kerang”. 2. Guru memberikan bimbingan dalam membuat kerajinan kulit kerang berdasarkan petunjuk yang ada pada buku siswa. AYO BERLATIH 1. Siswa bersama teman sebangkunya membuat karya kerajinan kulit kerang. Jika kerang tidak ada, dapat diganti dengan menggunakan bahan alam lainnya, seperti batu berukuran kecil atau berbagai jenis kacang-kacangan. 2. Dalam membuat kerajinan, diperlukan bimbingan dari guru agar hasil karya siswa maksimal. | 180 menit |
Penutup | 1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflectif): · Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? · Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar? 2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini. 3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru. 4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. 5. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. 6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius) | 15 menit |
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 4"] RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
Sekolah :
Kelas /Semester : II/2 (dua )
Tema : 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub tema : 4. Menjaga Keselamatan di Perjalanan
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10. Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
3.10.1. Membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.10.2. Menemukan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
4.10. Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar.
4.10.1. Menyunting teks pendek sesuai dengan kebenaran aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
4.10.2. Memperbaiki teks pendek hasil menyunting sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.6.1. Menyelesaikan permasalahan sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1. Menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
3.1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan benar.
3.1.2 Mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
3.1.3 Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara tepat.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
4.3.1 Membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara kreatif.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati teks dongeng, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
3. Dengan membaca teks yang belum benar, siswa dapat menyunting teks pendek sesuai dengan kebenaran aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
4. Dengan penugasan, siswa dapat memperbaiki teks pendek hasil menyunting sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
5. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
6. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
7. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan benar.
8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara tepat.
10. Dengan penugasan, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara kreatif.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Penggunaan huruf kapital (awal kalimat)
2. Permasalahan sehari-hari tentang satuan waktu
3. Karya hiasan dengan bahan buatan
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks dongeng “Kisah Kera dan Ayam”.
2. Gambar karya hiasan dari bahan buatan.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : Bahan dan Alat membuat karya ”Hiasan Anak Ayam”
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II, Tema 8: Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin) 2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius) 3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK: Religius) 4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis) 5. Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. 6. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis) | 15 menit |
Kegiatan inti | AYO MENGAMATI 1. Siswa diberikan motivasi dengan mengamati gambar pada pengantar subtema 4, misalnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pada buku siswa. 2. Ketika mengajukan pertanyaan, siswa diarahkan pada pengetahuan awal mereka dan penanaman sikap yang sesuai nilai-nilai yang dapat diteladani melalui gambar. 3. Langkah selanjutnya, masuk pada pembelajaran 1. AYO MEMBACA (LITERASI) 1. Siswa membaca dongeng “Kisah Kera dan Ayam” dengan nyaring. 2. Siswa menceritakan isi dongeng yang dibaca. 3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang isi dongeng yang berkaitan dengan pentingnya mengetahui arah dan tujuan perjalanan agar tidak tersesat ketika melakukan perjalanan. AYO MENGAMATI 1. Siswa diminta membaca kembali teks dongeng “Kisah Kera dan Ayam”. 2. Siswa diingatkan kembali dengan aturan penggunaan huruf kapital. 3. Siswa memperhatikan contoh penggunaan huruf kapital pada petikan Langsung. AYO BERLATIH 1. Siswa mengerjakan latihan, yaitu menemukan kesalahan penggunaan huruf kapital pada kalimat. 2. Siswa memperbaiki kesalahan yang terdapat pada kalimat tersebut dengan menuliskan kembali pada kolom yang ada di buku siswa. 2. AYO MENGAMATI 4. Siswa mengamati gambar karya hiasan menggunakan bahan buatan. 5. Siswa dan guru bertanya jawab tentang gambar dan cara membuatnya. AYO BERKREASI (CREATIVITY) 1. Siswa menyiapkan bahan dan alat dalam membuat karya hiasan anak ayam dari bahan kertas. 2. Siswa di bawah bimbingan guru membuat karya hiasan anak ayam menggunakan bahan kertas. AYO MEMBACA (LITERASI) 1. Siswa membaca kembali cuplikan dongeng “Kisah Kera dan Ayam”. 2. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi teks yang berkaitan dengan konversi satuan waktu. 3. Guru memberikan penjelasan tentang konversi satuan waktu. AYO BERLATIH 1. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang berhubungan dengan konversi satuan waktu. 2. Guru memberikan bimbingan pada siswa yang mengalami kesulitan. 3. Guru memberikan skor dan penilaian bagi siswa yang belum paham. | 180 menit |
Penutup | 1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung (HOTS: Reflectif): · Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? · Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar? 2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini. 3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru. 4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. 5. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. 6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius) | 15 menit |
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 2
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 3
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 4
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 5
| Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 6
[/content][/tab]
[warning title="REKOMENDASI" icon="exclamation-triangle"]
Kelas 2 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 6 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
Kelas 2 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
[/warning]