-->

Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017

Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017[tab][content icon="file-word-o" title=" Subtema 1"]Satuan Pendidikan: SD/MI
Kelas / Semester:  1 /2
Tema:  5. Pengalamanku
Sub Tema:  1. Pengalaman Masa Kecil
Muatan Terpadu:  B Ind, PPKn, SBDP
Pembelajaran ke:  1
Alokasi waktu:  1 hari

B. KOMPETENSI DASAR

Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Muatan: PPKn 
No Kompetensi Dasar
1.1    Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.1    Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.

3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.

Muatan : SBdP
No Kompetensi Dasar
3.2  Mengenal elemen musik melalui lagu.
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.

PPK yang dikembangkan :
• Disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran

C. TUJUAN 

  1. Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat  dengan tepat dan percaya diri.
  2. Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
  3. Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
  4. Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
  5. Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
  6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
  7. Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
  8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
  9. Dengan mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
  10. Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
  11. Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
  12. Dengan mengamati intonasi dan cara membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.

D. MATERI

  1. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat  dengan tepat dan percaya diri.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
  3. Siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
  4. Siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
  5. Siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
  6. Siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
  7. Siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
  8. Siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
  9. Siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 1
 | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 2
 | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 3
 | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 4
 | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 5
 | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1 Pembelajaran 6
[/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 2"]Satuan Pendidikan: SD/MI
Kelas / Semester:  1 /2
Tema:  5. Pengalamanku
Sub Tema:  2. Pengalaman Bersama Teman
Muatan Terpadu:  B Ind, PPKn, SBDP,
Pembelajaran ke:  1
Alokasi waktu:  1 hari


B. KOMPETENSI DASAR 

Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata daerah.
4.8 Mempraktikkan ungkapan  terima kasih, permintaan  maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2   Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

Muatan : SBdP
No Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
4.3 Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari.

C. TUJUAN 

  1. Dengan mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan dengan tepat.
  2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan dalam suatu tarian dengan percaya diri.
  3. Dengan menyimak teks dan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan ungkapan permintaan maaf lisan dengan tepat.
  4. Setelah menyimak teks dan berdiskusi, siswa dapat menulis ungkapan permintaan maaf dengan tepat.
  5. Melalui teks, siswa dapat menggali informasi tentang aturan bermain bersama teman di rumah.
  6. Setelah berdiskusi dan membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama teman dengan tepat. 

D. MATERI

  1. Siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan dengan tepat.
  2. Siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan dalam suatu tarian dengan percaya diri.
  3. Siswa dapat menjelaskan ungkapan permintaan maaf lisan dengan tepat.
  4. Siswa dapat menulis ungkapan permintaan maaf dengan tepat.
  5. Siswa dapat menggali informasi tentang aturan bermain bersama teman di rumah.
  6. Siswa dapat menyampaikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama teman dengan tepat.

E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
     | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 1
     | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 2
     | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 3
     | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 4
     | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 5
     | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 6
    [/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 3"]Satuan Pendidikan: SD/MI
    Kelas / Semester:  1 /2
    Tema:  5. Pengalamanku
    Sub Tema:  3. Pengalaman di Sekolah
    Muatan Terpadu:  B Ind, PPKn, SBdP
    Pembelajaran ke:  1
    Alokasi waktu:  1 hari

    B. KOMPETENSI DASAR 

    Muatan: Bahasa Indonesia
    No Kompetensi Dasar
    3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata daerah.
    4.8  Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

    Muatan: PPKn
    No Kompetensi Dasar
    1.3   Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
    2.3   Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
    3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.
    4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah.

    Muatan : SBdP
    No Kompetensi Dasar
    3.1  Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
    4.1  Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi.

    C. TUJUAN 

    1. Melalui pengamatan berbagai contoh foto keluarga, siswa dapat menggali informasi tentang keberagaman karakteristik fisik individu di rumah dengan benar.
    2. Melalui bertukar pendapat dengan teman tentang ciri-ciri fisik anggota keluarga masing-masing, siswa dapat menggali informasi tentang keberagaman karakteristik fisik individu di rumah dengan benar.
    3. Dengan mengidentifikasi foto keluarga, siswa dapat menceritakan keberagaman karakteristik fisik individu di rumah kepada teman dengan percaya diri.
    4. Dengan mencatat ciri-ciri fisik anggota keluarga berdasarkan hasil pengamatan, siswa dapat menceritakan keberagaman karakteristik fisik individu di rumah kepada teman dengan tepat dan percaya diri.
    5. Dengan mengamati contoh karya ekspresi tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi dengan tepat.
    6. Dengan membuat lempung terigu, siswa dapat mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat lempung terigu sebagai salah satu bahan lunak dengan benar.
    7. Dengan membuat lempung terigu, siswa dapat berkreasi membentuk benda yang memiliki fungsi tertentu dengan kreatif sesuai tema yang telah ditentukan.
    8. Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan kata ajakan dengan tepat
    9. Dengan menyalin contoh kata ajakan, siswa dapat menuliskan kata ajakan dengan tepat.
    10. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan kata ajakan dengan tepat.

    D. MATERI

    1. Siswa dapat menggali informasi tentang keberagaman karakteristik fisik individu di rumah dengan benar.
    2. Siswa dapat menggali informasi tentang keberagaman karakteristik fisik individu di rumah.
    3. Siswa dapat menceritakan keberagaman karakteristik fisik individu di rumah kepada teman dengan percaya diri.
    4. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi.
    5. Siswa dapat mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat lempung terigu sebagai salah satu bahan lunak.
    6. Siswa dapat berkreasi membentuk benda yang memiliki fungsi tertentu dengan kreatif sesuai tema yang telah ditentukan.
    7. Siswa dapat menemukan dan menuliskan kata ajakan dengan tepat.

    E. PENDEKATAN & METODE
    Pendekatan : Scientific
    Strategi : Cooperative Learning
    Teknik : Example Non Example
    Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
       | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 1
       | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 2
       | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 3
       | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 3 Pembelajaran 4
       | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 5
       | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 2 Pembelajaran 6
      [/content][content icon="file-word-o" title=" Subtema 4"]Satuan Pendidikan: SD/MI
      Kelas / Semester:  1 /2
      Tema:  5. Pengalamanku
      Sub Tema:  4. Pengalaman yang Berkesan
      Muatan Terpadu:  B Ind, PPKn, SBdP
      Pembelajaran ke:  1
      Alokasi waktu:  1 hari

      B. KOMPETENSI DASAR 

      Muatan: Bahasa Indonesia
      No Kompetensi Dasar
      3.11  Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
      4.11  Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.

      Muatan: PPKn
      No Kompetensi Dasar
      1.4   Menerima keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah
      2.4   Menampilkan sikap kerja sama dalam keberagaman di rumah
      3.4  Mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah.
      4.4  Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah.

      Muatan : SBdP
      No Kompetensi Dasar
      3.4  Mengenal bahan alam dalam berkarya.
      4.4  Membuat karya dari bahan alam.

      C. TUJUAN 

      1. Setelah menyanyikan lagu ‘Kasih Ibu’, siswa dapat menuliskan ungkapan hormat kepada ibu dalam sebuah syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.
      2. Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat.
      3. Setelah menyimak teks, siswa dapat menggali informasi tentang contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah.
      4. Setelah mengumpulkan informasi, siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama membersihkan rumah bersama keluarga.
      5. Melalui kegiatan menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan bahan berasal dari hewan yaitu melukis kulit telur.
      6. Siswa mampu membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari hewan (melukis kulit telur).

      D. MATERI

      1. Siswa dapat menuliskan ungkapan hormat kepada ibu dalam sebuah syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.
      2. Siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat.
      3. Siswa dapat menggali informasi tentang contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah.
      4. Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama membersihkan rumah bersama keluarga.
      5. Siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan bahan berasal dari hewan yaitu melukis kulit telur.
      6. Siswa mampu membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari hewan (melukis kulit telur).

      E. PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan : Scientific
      Strategi : Cooperative Learning
      Teknik : Example Non Example
      Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
         | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 1
         | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 2
         | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 3
         | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 4
         | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 5
         | Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 4 Pembelajaran 6
        [/content][/tab]
        [warning title="REKOMENDASI" icon="exclamation-triangle"]Kelas 1 Tema 8 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
        Kelas 1 Tema 7 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
        Kelas 1 Tema 6 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
        Kelas 1 Tema 5 RPP Kurikulum 2013 SD-MI Sub Tema 1,2,3,4 Revisi 2017
        [/warning]

        Berlangganan update artikel terbaru via email:

        Iklan Atas Artikel

        Iklan Tengah Artikel 1

        Iklan Tengah Artikel 2

        Iklan Bawah Artikel