-->

Resmi Dirilis, Installer Aplikasi Dapodik 2018.b Dapat Anda Download Di Sini!

inulwara.blogspot.com
Pada artikel saya sebelumnya telah dibahas bahwa installer aplikasi Dapodik 2018.b akan dirilis bertepatan pada tanggal 30 Januari 2018. Hari ini, tepat tanggal 30 Januari 2018 telah secara resmi dirilis installer Dapodik 2018.b tersebut oleh Kemdikbud.

Pada aplikasi Dapodik terbaru ini, terdapat beberapa perubahan dan pembaruan fitur yang memungkinkan pada aplikasi sebelumnya terkunci sekarang dibuka, yang sebelumnya tidak ada sekarang ditambahkan. Hal ini tidak lain adalah sebagai upaya peningkatan layanan data menyangkut pendidik, peserta didik, sekolah, sarpras, dan mutu pendidikan.

Bagi Anda yang ingin download installer aplikasi Dapodik 2018.b dapat mengunjungi link resmi unduhan di sini. Jika mengalami kendala karena padatnya laju trafik pengunjung yang menyebabkan server ngadat, Anda dapat mendownloadnya di link alternatif yang saya sediakan di alamat ini.

Perlu Anda ketahui bahwa link alternatif di atas bukanlah bagian dari link resmi Kemdikbud, melainkan link yang saya sajikan untuk membantu Anda jika terjadi kendala pengunduhan di link resminya. Pada dasarnya, installer aplikasi Dapodik 2018.b yang saya sajikan adalah installer yang saya unduh dari link resmi Kemdikbud. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi tersebut bukan Aplikasi Phising (pengelabuan).

Cara Instalasi aplikasi Dapodik 2018.b

Aplikasi Dapodik versi ini adalah aplikasi dalam bentuk installer (master aplikasi) dan bukan dalam bentuk patch (update). Jika dalam bentuk patch Anda dapat menginstalasi aplikasinya secara langsung tanpa harus meng-uninstal aplikasi sebelumnya, berbeda dengan installer ini, Anda harus meng-uninstal aplikasi Dapodik sebelumnya agar tidak tumpang tindih. Lalu, bagaimana cara instalasi aplikasi Dapodik 2018.b ini? Berikut langkah-langkahnya:
  • Pastikan Kode Registrasi Sekolah dan akun petugas/operator sudah Anda persiapkan;
  • Silakan unduh aplikasi Dapodik 2018.b pada alamat yang sudah saya sertakan di atas;
  • Selanjutnya, lakukan generate prefill pada alamat ini dengan menggunakan login Dapodik yang terdiri username dan password lalu masukan kode registrasi sekolah Anda pada form yang telah disediakan dan jangan lupa pilih "Jenjang" sekolah Anda yang sesuai. Jika berhasil login, silakan klik "Generate" dan tunggu hingga prosesnya selesai. Selanjutnya, klik "Download" untuk menyimpan hasil "Generate" tersebut. Perlu diketahui, file hasil "Generate" berekstensi .prf. Jangan lupa file hasil "Generate" tersebut Anda simpan di folder yang mudah Anda temukan karena file tersebut akan digunakan untuk langkah penginstalan selanjutnya;
  • Jika installer aplikasi Dapodik dan file hasil generate sudah Anda download dan simpan,  selanjutnya mari lakukan uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya yang telah terpasang di laptop Anda. Caranya cukup mudah, Anda masuk "Control Panel" lalu pilih "Program", klik "Add or Remove Program", selanjutnya cari program bernama "Dapodikdas" dan lakukan "uninstal" hingga prosesnya selesai, selanjutnya silakan restart laptop Anda;
  • Jika uninstal sudah berhasil Anda lakukan, saatnya untuk instalasi ulang aplikasi Dapodik yang baru. Namun, saya sarankan disable terlebih dahulu antivirus yang terpasang di laptop Anda karena pada beberapa kasus, antivirus tertentu akan membaca installer aplikasi Dapodik sebagai virus. Adapun cara instalasi ulang aplikasi Dapodik sebagai berikut: (1) Buka direktori C lihat folder bernama "prefill_dapodik" (tanpa tanda kutip) lalu buka folder tersebut dan lihat apakah ada file atau tidak. Jika ada, silakan hapus, jika tidak ada langsung saja letakkan file hasil "generate" yang baru saja Anda lakukan di atas; (2) Jika setelah dibuka direktori C ternyata tidak terdapat folder bernama "prefill_dapodik", maka Anda harus membuatnya. Ingat, jangan sampai salah menuliskannya baik hurufnya maupun besar kecilnya huruf yang digunakan (sekali lagi, jangan pakai tanda kutip). Selanjutnya, silakan letakkan file hasil "generate" tadi di dalam folder tersebut; (3) Berikutnya, silakan lakukan instalasi aplikasi Dapodik dengan cara klik file installer-nya lalu klik kanan dan pilih "run as administrator" atau bisa juga denga langsung "klik double" pada file installer-nya. Selanjutnya, silakan ikuti proses instalasi hingga selesai dengan mengeklik "lanjut" atau "continue". Selama proses instalasi, mungkin Anda diminta untuk mengeklik "setuju" atau "agree" klik saja perintah itu, begitupun pada waktu tertentu Anda akan diminta untuk mengeklik "pasang", maka klik saja perintah tersebut dan tunggu hingga proses instalasi berakhir; (4) Jika proses instalasi telah selesai, biasanya muncul notifikasi apakah program mau langsung dijalankan atau tidak. Saran saya pilih saja "tidak", lalu, silakan restart laptop Anda; (5) Saatnya menjalankan aplikasi Dapodik 2018.b dengan mengeklik double icon Dapodik pada desktop Anda. Saat terbuka, akan muncul jendela baru "Registrasi", lakukan registrasi dengan mengisi form yang tersedia, yang meliputi jenis registrasi, username (email), password, kode registrasi sekolah, dan konfirmasi password. Karena Anda melakukan instalasi menggunakan file hasil "generate" prefill, pilihlah jenis registrasinya "Offline". Sedangkan username dan password, gunakan akun login Dapodik sebelumnya atau akun saat Anda melakukan "Generate" prefill.

Itulah langkah-langkah cara instalasi ulang aplikasi Dapodik 2018.b yang bisa Anda terapkan menggunakan file hasil generate prefill (offline). Dikatakan offline karena menggunakan file hasil "generate" prefill selama proses instalasi. Sedangkan online, Anda tidak perlu melakukan "Generate" prefill untuk instalasi aplikasi Dapodik. Saat Anda mengeklik icon Dapodik pada desktop dan muncul jendela registrasi, jenis registrasi yang dipilih adalah secara "online" bukan offline. Namun, saya menyarankan kepada Anda untuk menginstalasi secara offline karena database yang ditampilkan sesuai dengan data terakhir kita sinkron sedangkan online terkadang ada data yang error atau tidak tampil. Sehingga akan menjadi masalah baru buat Anda. Untuk lebih jelasnya Anda bisa unduh buku panduan penggunaan aplikasi Dapodik 2018.b di sini.

Munculnya keluhan saat Generate Prefill

Pada sebagian sekolah sering ditemui saat ingin melakukan Generate Prefill tidak berhasil atau gagal login. Beberapa penyebabnya di antaranya:
  1. Username dan password tidak dikenal oleh sistem;
  2. Kode registrasi telah dilakukan reset oleh admin Dapodik Kabupaten/kota.

Solusinya adalah pastikan username dan password yang digunakan adalah yang  telah terdaftar di pusat yang terakhir kali digunakan dan lakukan koordinasi kepada admin Dapodik Kabupaten/Kota.

Demikian informasi tentang rilis resmi installer aplikasi Dapodik 2018.b. Jika ada kendala, baik proses pengunduhan ataupun proses instalasi, silakan kita diskusikan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel