Pedoman Panduan Penulisan Soal SD/MI 2017
Pedoman Panduan Penulisan Soal SD/MI 2017 - Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran.
Baca Juga
[ads-post]
Oleh karena penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi.
Kaedah penulisan soal, contoh- contoh yang diberikan diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid. Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh karena itu bentuk penilaian lain seperti portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk penilaian tersebut tidak penting.
Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
BAB I Pendahuluan 1
BAB II Penyusunan Kisi-Kisi . 4
BAB III Penulisan Soal . 11
A. Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda . 11
B. Teknik Penulisan Soal Uraian . 31
C. Penulisan Soal Berpikir Tingkat Tinggi
(higher order thinking skill atau HOTS) . 43
BAB IV Penutup . 49
| Pedoman Panduan Penulisan Soal SD/MI 2017
| Pedoman Panduan Penulisan Soal SD/MI 2017