-->

ZAMIA DAN LEUKEMIA


Pada mulanya saya kaget karena beberapa teman di Fb share tentang tanaman ini. Tak ingin percaya begitu saja, saya kemudian mencari tahu kebenarannya dan kemudian saya temukan berita ini. Ternyata apa yang disampaikan menjawab rasa penasaran saya. Dan betul yang disampaikan jadilah pembaca yang cerdas jangan asal sebar dan percaya begitu saja lakukan tabayyun dulu .... heheee ... selamat membaca ....
Leukimia bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti virus,mutasi gen, radiasi, dan kemoterapi. Paparan radiasi atau penyinaran dosis tinggi dan pemakaian beberapa jenis obat kemoterapi antikanker kemungkinan bisa meningkatkan terjadinya leukimia. Karena ini sebelum mengambil tindakan, tenaga medis biasanya akan melakukan konsultasi yang cemat agar pasien yang dikemoterapi melakukan konsultasi yang cermat agar pasien yang dikemoterapi menyadari resikonya. Leukemia terjadi sebagai akibat prosuksi sel darah putih yang berlebihan sehingga justru menyerang sel darah merah sendiri.
Penyakit leukemia merupakan penyakit kanker yang terjadi pada sel darah merah putih yang diproduksi dengan tidak terkendali dan bisa mengganggu terjadi sel darah normal. Terdapat beberapa jenis penyakit leukemia. Jenis penyakit leukemia adalah Myelocytic atau Myelogeneus leukemia merupakan sel darah kanker yang asalnya berasal dari sel darah merah, granulocytes, macrophages dan juuga keping darah. Jenis penyakit leukemia yang lainnya adalah Lymphocytic leukemia, biasanya sel leukemia ini berasal dari sel lymphocyte.Penyakit leukemia yang dibagi berdasarkan berkembangnya kanker salah satunya adalah leukemia yang akut dan leukemia kronis. Leukemia akut adalah leukemia yang membutuhkan pengobatan dalam hitungan minggu saja, sedangkan leukemia kronis adalah penyakit leukemia yang jika hidup penderitanya butuh pengobatan hitungan tahun. Penyebab timbulnya penyakit leukemia ini disebabkan karena penggunaan dari zat-zat kimia tertentu misalnya adalah benzene, virus dari HTLV (T-cell Leukemia Vruses) I dan II, penyakit keturunan, misalnya adalah sindrom down yang punya resiko terkena leukemia 20 kali lebih besar dibanding orang normal.
Apa hubungannya dengan Zamia ? Minggu-minggu terakhir ini netizen dihebohkan dengan berita yang menuebutkan bahwa tanaman Zamia atau biasa dikenal dengan pohon dollar dapat menyebabkan kanker leukemia, dan berita itu kemudian menyebar dan disebarkan. Berikut ini saya copaskan berita yang kemduian menyebar.
BAHAYA PENYAKIT LEUKIMIA !!!!
Adik ipar saya umur 31 thn baru meninggal semalam disebabkan oleh Leukimia. Almarhum semasa hidupnya meneliti utk gelar Master in Botanical di kampus USM mengkaji sejenis tumbuhan ini. Rekan satu tim research beliau sdh meninggal setahun yg lalu mengidap penyakit leukimia juga. Almarhum dpt bertahan hingga semalam. Memang hasil penelitiannya telah disahkan oleh pihak kampus USM dan pihak Kementrian Kesehatan bahwa Leukimia itu dapat ditimbulkan dari tumbuhan tsb. Jadi cerita D Hizzad Bole penyebab kanker darah (Leukimia) ternyata terbukti.
Di China sdh cukup lama diketahui tentang bahaya tanaman ini, tapi hanya diberitakan suratkabar China saja. Sedangkan ditempat kita tanaman ini dirawat & dijadikan tanaman hias di rumah.PERHATIAN DAN WASPADA !!! Jika ada tanaman ini dirumah,silahkan secepatnya musnah dengan membakarnya sebelum tanaman berbunga. Karena dari bunganya menyebabkan kanker darah (Leukimia) Silahkan share. BENARKAH .?
Zamia adalah tanaman asli Mexico dengan nama ilmiah Zamia sp (ada beberapa macam spesies) adalah tanaman keluarga bangsa cycas (cicadales) termasuk dalam golongan tanaman berbiji terbuka.Tanaman Zamia ini merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh dengan cepat, pada umumnya tinggi 10 sampai 15 meter dan besar batang 40 sampai 50cm. Tumbuhan ini merupakan suatu jenis pohon yang banyak dibudidayakan di Pulau Jawa pada ketinggian kurang dari 1000 meter dari atas permukaan laut (K. Heyne, 1987). Salah satu kandungan Zamia adalah kristal Ca oksalat, dan senyawa inilah yang dihebohkan menjadi penyebab. Jika memang benar maka jutaan orang pasti terkena leukemia karena bayam yang kita makanpun mengandung kristal Ca oksalat dan masih banyak sayuran yang kita makan juga mengandung unsur ini. Ingat dimakan, bukan sekedar kena getahnya seperti yang dihebohkan dengan Zamia.
Seorang dokter yang juga dosen UNAIR menuliskan bahwa berita tersebut juga tidak ada benar ya,karena dalam ilmu kedokteran tidak bisa menyimpulkan sebuah kasus kemudian menggeneralisir penyebab menjadi umum, diperlukan observasi yang berkelanjutan untuk menyimpulkan. Penyakit leukemia, seperti kebanyakan penyakit keganasan/ kanker) lainnya, diakibatkan oleh kelainan kromosom sel yang dapat diakibatkan oleh paparan zat radiasi, zat karsinogenik (penyebab kanker) atau kelainan genetik yang diturunkan dari orang tua. Sampai sekarang ilmu kedokteran belum mengidentifikasi satu zat tertentu dan khusus yang menyebabkan leukemia. Menurut blog tanyadokter.blog.com, secara umum pencegahan penyakit kanker dapat dilakukan dari menjalani gaya hidup sehat dan menghindari zat beradiasi atau karsinogenik – hal ini termasuk radiasi terionisasi (contohnya banyak sekali), rokok, benzene (zat petro-kimia), sayuran berpestisida, dan beberapa jenis obat kemoterapi.
Dengan penjelasan tersebut artinya tidak ada hubungan antara Zamia dengan leukemia, padahal berita tersebut sudah terlanjur menyebar. Kasihan benar  ribuan Zamia yang sudah terlanjur dibasmi hanya gara-gara berita hoax, oleh karena itu jadilah pembaca yang cerdas, jangan menelan mentah-mentah berita yang menyebar.
WASPADALAH TERHADAP BERITA HOAX.

Sumber: http://ekapgsdump.com/2016/01/23/zamia-dan-leukemia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel