-->

Kompetensi Dasar Bahasa Daerah (Jawa/Madura) Kelas 2

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

1

2

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

1.1      Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa daerah yang dikenal sebagai bahasa ibu dan sarana komunikasi.

1.2      Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

2.1      Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa daerah.

2.2      Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa daerah.

2.3      Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa daerah.

2.4      Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan alam dan penampakannya melalui pemanfaatan bahasa daerah.

2.5       Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa daerah.

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

 

3.1       Mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat.

3.2       Mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi huruf lepas untuk menulis kata dan kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung sesuai kaidah.

3.3       Mengamati, mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara lisan dan tulis.

3.4       Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah atau sekolah.

3.5       Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks buku harian sederhana tentang kegiatan diri sendiri atau anggota keluarga secara lisan dan tulis.

3.6      Mengenal dan memahami teks permintaan maaf dan sikap hidup rukun di lingkungan keluarga dan teman secara lisan dan tulis.

3.7       Mengenal dan memahami teks tembang dolanan/ laghu en-maenan.

1

2

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1       Melafalkan bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat.

4.2       Menebalkan dan menyalin huruf lepas pada kata atau kalimat sederhana menjadi kata atau kalimat dengan tulisan tegak bersambung sesuai kaidah

4.3       Menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru, secara lisan dan tulis.

4.4       Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah atau sekolah.

4.5       Mengungkapkan teks buku harian sederhana tentang kegiatan diri sendiri atau anggota keluarga secara lisan dan tulis.

4.6       Memperagakan teks permintaan maaf dan sikap hidup rukun di lingkungan keluarga dan teman secara lisan dan tulis.

4.7       Melagukan tembang dolanan/ laghu en-maenan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel