-->

Pemetaan KD Kelas 2 Kurikulum 2013

Setelah beberapa waktu lalu saya posting pemetaan KD Kelas 1 sekarang saya akan posting lagi pemetaan KD kelas 2. Sedikit saya ulas kembali bahwa pemetaan KD ini sangat berguna terutama dalam pembuatan raport, apalagi kalo bapak-ibu menggunakan aplikasi untuk pembuatannya. Dari pengalaman yang saya alami saya sempat bingung jika lihat di buku guru. Terkadang KD yang ditampilkan pada sub tema tidak saya dengan KD yang ditampilkan pada setiap PB dan saya tidak tau pemetaan mana yang betul. Lain waktu saya juga menemukan antara KD yang di tulis dengan deskripsinya tidak sama dengan kurikulum. Husnudzon saya hal itu mungkin dikarenakan salah ketik…. terlepas dari itu semua pemetaan KD yang akan saya bagikan ini sudah dupilah-pilah permuatan …. jika penasaran ini tampilannya….

NO MUATAN PELAJARAN KOMPETENSI DASAR TEMA 5 TEMA 6 TEMA 7 TEMA 8 KALIMAT KUNCI
SUB TEMA SUB TEMA SUB TEMA SUB TEMA
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 PPKN 3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”                                 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah                                 Mengenal tata tertib dan aturan
3.3 Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah                                 Mengenal keberagaman karakteristik individu
3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah                                 Mengenal arti bersatu.
                                         
2 B. INDONESIA 3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman                                 Membaca dan menulis  teks deskriptif.
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman                                 Membaca dan menulis  teks petunjuk/arahan.
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman                                 Membaca dan menulis teks terima kasih.
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman                                 Membaca dan menulis teks cerita diri/personal.
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman                                 Membaca dan menulis teks teks diagram/label.
                                         
3 MATEMATIKA 3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana                                 Mengenal dan mendeskripsikan lambang bilangan.
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain                                 Mengenal bilangan asli sampai 99.
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana meng-gunakan gambar-gambar/ benda konkrit                                 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana.
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20                                 Menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20.
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain                                 Mengenal bangun datar dan bangun ruang.
3.9 Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)                                 Membandingkan lamanya aktivitas yang berlangsung
3.10 Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan)                                 Memperkirakan berat suatu benda.
3.11 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang dan lebih pendek)                                 Membandingkan panjang suatu benda.
3.12. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya                                 Menentukan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
                                         
3 SBDP 3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi                                 Mengenal hasil karya seni ekspresi
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis                                 Mengenal pola irama lagu.
3.3 Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari                                 Mengenal unsur-unsur gerak dalam menari
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya                                 Mengenal  bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
3.5 Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat                                 Mengenal karya seni budaya
                                         
3 PJOK 3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional                                 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor
3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk Permainan sederhana dan atau permainan tradisional.                                 Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional                                  Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif
3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional                                 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat.
3.5 Mengetahui konsep berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam                                 Mengetahui konsep berbagai pola gerak dasar dominan statis dan dinamis dalam aktivitas senam.
3.6 Mengetahui konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.                                 Mengetahui konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama.
3.8 Mengetahui bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga kebersihannya terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan                                 Mengetahui bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga kebersihannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel