-->

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0 Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam kesempatan berikut ini, saya akan share tentang daftar tanya jawab seputar aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0 untuk entry Dapodik SD, SMP, dan SLB pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016, selengkapnya sebagai berikut :

1. Perbedaan versi 4.1.0 dengan versi 4.0.3?

Secara garis besar tidak ada perubahan signifikan detail seperti yang ada di pembaharuan salah satunya :
a.   Penambahan password pada tabel PTK.
b.   Membuka periode aktif pendataan semester genap tahun ajaran 2015/2016.
c.   Kolom hapus pembukuan untu prasarana yang akan di hapus.
d.   Kolom layak menerima PIP di table peserta didik sesusai dengan kriteria di juknis PIP.
e.   Tabel riwayat pekerjaan PTK (riwayat mengajar).

2. Apa yang harus dilakukan oleh operator sekolah untuk memulai pendataan semester genap dengan menggunakan versi 4.1.0?

a.   Uninstall aplikasi 4.0.3
b.   Install aplikasi versi 4.1.0
c.   Generate ulang prefill dan registrasikan dengan prefill baru
d.   Mulai update data : anggota rombel, pembelajaran, dan data periodik lainnya (baca buku manual aplikasi)
3. Apakah prefill yang lama bisa digunakan di aplikasi sekarang versi 4.1.0?

Tidak, harus lakukan generate ulang prefill sebelum memulai proses pendataan. Jangan di biasakan mengkoleksi prefill, hendaknya melakukan generate ulang prefill ketika akan memulai pendataan

4. Bagaimana untuk sekolah baru, sekolah merger dan sekolah yang sudah tutup?

Laporkan ke dinas pendidikan kabupaten/kota setempat untuk di teruskan ke pusat selanjutnya admin pusat yang akan melakukan tindaklanjut permasalahan tersebut.

5. Apakah aplikasi ini masih bersifat mampu bekerja dalam keadaan offline?

Ya, mekanisme tersebut masih tetap berlaku di versi ini untuk meakomodir untuk sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan akses internet.

6. Berapa lama pengerjaan update data dari semester ganjil ke semester genap?

Pada prinsipnya aplikasi dapodik sudah mengakomodir fitur percepatan pengerjaan update data tersebut, yaitu fitur lanjutan semester (di tabel anggota Rombel), lanjutkan data periodik (di tabel kerusakan prasarana ), lanjutkan data priodik PD (pada table peserta didik), salin penugasan (pada tabel PTK).

Dengan menggunakan fitur tersebut mempercepat proses pengerjaan update data di perkirakan kurang dari 5 hari update data dari semester ganjil ke semester genap bisa dilakukan (untuk sekolah besar).

7. Kapan paling lambat pengiriman data dapodik?

Pengiriman dapodik sudah di atur dalam aplikasi persemester.

8. Di mana saya bisa mendapatkan aplikasi dapodik versi 4.1.0 dan prefillnya?

Lakukan pengunduhan installer aplikasi melalui website resmi http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

Untuk unduh prefill melalui laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik/generate_prefill.php

9. Kapan masa berlaku aplikasi versi terbaru 4.1.0?

Masa berlaku aplikasi versi 4.1.0 berakhir pada tanggal 01 juli 2016. Selanjutnya nanti akan diumumkan updater aplikasi di tahun ajaran 2016/2017.

10. Ketika data masih invalid (warna merah) apakah masih bisa syncron?

Tidak. Pastikan seluruh data yang berwarna merah sudah bersih, hal ini di maksudkan untuk meningkatkan kualitas data yang dikirimkan oleh sekolah.

11. Lalu apa yang harus dilakukan ketika masih ada data yang invalid (warna merah)?

Perbaiki sesuai dengan data invalidnya, sebelum syncron lakukan validasi kembali.

12. jika peringatan warning (warna kuning) apakah bisa melakukan syncronisasi?

Dapat, untuk yang bertanda warning masih bisa diberikan keringanan untuk pengiriman data masih di ijinkan, namun demikian diharapkan peringatan warna kuning tersebut di perbaiki sampai bersih validasinya.

13. Apa yang dimaksud dengan data periodik, lalu bagaimana cara mengisinya?

Data periodik adalah data yang harus diupdate setiap periode semester tahun pelajaran, data semester lalu akan tersimpang sebagai histori dan data semester selanjutkan harus diisikan ulang karena dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan kondisi.

Cara mengisi dapat dilakukan secara manual (input ulang) atau menggunakan fitur yang sudah di sediakan pada action menu lanjutkan data periodik PD atau PTK, data yang tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke semester genap.

14. Jika ada siswa mutasi dari sekolah lain apa yang harus di lakukan?

Bisa menggunakan fitur mutasi online (tarik PD online melalui website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id) atau mutasi manual (input ulang pada aplikasi), fitur ini bersifat pilihan.

Tidak boleh melakukan mutasi manual (input ulang pada aplikasi), jika sudah melakukan mutasi online (tarik PD online).

15. Jika ada PTK mutasi/mencari jam tambahan di sekolah lain apa yang harus dilakukan?

Bisa menggunakan fitur mutasi PTK online (tarik PTK online melalui website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id), agar sekolah baru tidak perlu menambahkan/inputkan PTK di sekolah baru/sekolah ke 2 secara manual.

16. Ketika syncron berapa lama data masuk ke dalam server?

Data masuk ke dalam database dan profil sekolah secara realtime, tapi untuk agregat data muncul dalam waktu 1x24 jam.

17. Apa yang dimaksud dengan dokumen pakta integritas?

Dokumen yang menyatakan keabsahan data dapodik oleh sekolah secara online untuk di bubuhi tanda tangani oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, dinas kabupaten/kota.

18. Apa yang harus sekolah lakukan dengan dokumen pakta integritas tersebut?

Dokumen tersebut dapat di serahkan oleh pihak sekolah kepada dinas pendidikan kab/kota.

19. Kapan dokumen tersebut di kumpulkan?

Dokumen pakta integritas dapat di unduh web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada saat data sekolah sudah merasa data lengkap, benar dan mutakhir, untuk selanjutnya dokumen tersebut di tanda tangani oleh sekolah, pengawas dan dinas pendidikan kab/kota.

20. apakah pengawas, kepala sekolah, KKDatadik terlibat dalam dokumen pakta integritas?

Ya. Ketiga pihak tadi mengverifikasi data dapodik yang terkirim ke pusat.

21. Penggunaan kurikulum 2013 Tidak diizinkan pada aplikasi dapodikdasmen?

Laporkan sekolah kepada dinas pendidikan di daerahnya agar dilaporkan kepada Puskurbuk untuk di daftarkan agar bisa melanjutkan Kurikulum 2013.

22. Bagaimana cara merubah nama operator pada aplikasi dapodik?

Lakukan pengupdatean data pengguna pada Manajemen Pengguna. Ada pada menu Pengaturan >> table pengguna>> masukan kode registrasi >> lakukan perubahan penggantian nama pada manajemen pengguna.

23. Sekolah kami berstatus Negeri, tapi kenapa menerima BOS = Tidak?

Laporkan sekolahnya kepada dinas pendidikan di daerahnya, agar dinas untuk melaporkan permasalahan tersebut kepada CS Pusat atau laporkan secara langsung kepada CS Pusat.

24. Sudah lakukan update versi aplikasi dari 4.03 menjadi 4.1.0 tapi pada aplikasi masih muncul 4.0.3?

Jika sudah lakukan update versi aplikasi lakukan reload atau tekan tombol CTRL + F5

25. Peta koordinat sekolah salah posisi?

Lakukan perubahan melalui http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Login menggunakan akun SDM yang sudah di registrasikan kemudian lakukan syncron pada aplikasi dapodik.

26. Bagaimana cara mengupdate versi aplikasi?

Cek koneksi internet harus terhubung ke internet. Lakukan pengupdatean versi melalui menu pengaturan kemudian pilih Cek Pembaruan, jika laptop dalam keadaan online/terhubung internet. Maka akan terunduh secara otomatis.

27. NISN tidak muncul di aplikasi Dapodikdasmen?

Cek kembali penginputan pada vervalpd apakah sudah melakukan konfirmasi data, jika pada vervalpd belum melakukan konfirmasi data maka data NISN siswa tidak akan muncul pada aplikasi dapodikdasmen.

28. Bagaimana cara mengajukan NUPTK melalui Dapodik?

a.   Lakukan pengisian dapodik secara benar.
b.   Kosongkan table NUPTK pada aplikasi dapodik (yang belum mempunyai NUPTK), dan yang akan memvalidasi adalah pihak dari PDSP akan di terbitkan sesuai dengan kebutuhan guru di daerahnya masing-masing dan sesuai dengan pengajuan dari Direktorat GTK.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel