Kompetensi Dasar Bahasa Daerah (Jawa/Madura) Kelas 5
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1 | 2 |
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. | 1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya budaya daerah sebagai anugerah Tuhan. 1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa daerah yang diakui sebagai budaya daerah yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan. 1.3 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial. 1.4 Mengagumi keindahan karya seni dan karya kreatif daerah Jawa Timur sebagai anugerah Tuhan. |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. | 2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah budaya Jawa Timur. 2.2 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alams ekitar melalui budaya Jawa Timur. 2.3 Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan tatakrama di rumah dan sekolah. |
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
| 3.1 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks narasi atau deskripsi. 3.2 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks tentang peristiwa faktual secara lisan dan tulis. 3.3 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi berbagai ragam gaya bahasa (basa rinengga/ lalonget) dalam konteks komunikatif. 3.4 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi tembang macapat sesuai dengan kaidah. 3.5 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita pewayangan/ topeng dhalang. 3.6 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi pasangan aksara Jawa / carakan Madhura sesuai dengan kaidah. |
1 | 2 |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. | 4.1 Membaca teks narasi atau deskripsi dengan teknik membaca. 4.2 Menceritakan kembali teks tentang peristiwa faktual dengan menggunakan bahasa Jawa krama/ engghi bhunten secara lisan dan tulis. 4.3 Menulis teks dengan basa nnengga/ lalonget sesuai dengan kaidah dan konteksnya. 4.4 Melagukan tembang macapat. 4.5 Menceritakan kembali cerita wayang/ topeng dhalang secara tulis dan lisan. 4.6 Menulis dan membaca teks sederhana beraksara Jawa/ carakan Madhura yang menggunakan pasangan. |