RPP Kelas 4 SD Matematika Kurikulum 2013 Semester 2
RPP Kelas 4 SD Matematika Kurikulum 2013 Semester 2, K13 Revisi pada kelas 4 SD/MI Mata pelajaran matematika semester dua atau genap ini meliputi tema-tema matematika pada semester dua yang kami bagikan ini, RPP ini hanya sebuah referensi untuk bapak ibu jika diperlukan bisa di sesuaikan untuk latihan atau dilaksanakan pada proses KBM guna kelengkapan perangkat administrasi yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran.
RPP Kelas 4 SD Matematika Kurikulum 2013 Semester 2, merupakan bagian terbaru pada kurikulum 2013 revisi, tentu saja jika ingin melihat ini untuk perbandingan bisa di sesuaikan pada buku matematika kurikulum 2013 yang telah dimiliki khusus pada semester dua atau genap.
Baca RPP Matematika Kelas 4 SD Semester 1 K13 Revisi
RPP Kelas 4 SD Matematika Kurikulum 2013 Semester 2, merupakan bagian terbaru pada kurikulum 2013 revisi, tentu saja jika ingin melihat ini untuk perbandingan bisa di sesuaikan pada buku matematika kurikulum 2013 yang telah dimiliki khusus pada semester dua atau genap.
Baca RPP Matematika Kelas 4 SD Semester 1 K13 Revisi
Contoh RPP Kelas 4 SD Matematika Kurikulum 2013 Semester 2
A. TUJUAN
1. Siswa mampu memahami faktor persekutuan terbesar (FPB)
2. Siswa mampu menjelaskan faktor persekutuan terbesar (FPB)
3. Siswa mampu menentukan cara yang paling efektif dalam mencari faktor persekutuan terbesar (FPB)
4. Siswa mampu mengidentifikasi faktor persekutuan terbesar (FPB)
5. Siswa mampu menghitung/mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan berkaitan
B. KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
C. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
KD KETERANGAN
3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
A. Mengamati
• Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang faktor persekutuan terbesar (FPB) Dengan pohon faktor untuk mencari FPB 3 bilangan.
B. Menanya
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami
2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa dengan menunjukan langkah-langkahnya
C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang faktor persekutuan terbesar (FPB)
2. Siswa mencari keunggulan penyelesain dengan cara pohon faktor.
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang faktor persekutuan terbesar (FPB) dengan cara pohon faktor
4. Guru memberikan tambahan atau pembenaran apabila terdapat kesalahan pada penjelasan siswa
5. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan
D. Mencoba
1. Guru memberikan beberapa soal kepada siswa untuk mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dengan cara pohon faktor
2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal tersebut dengan cara pohon faktor secara individu
E. Mengkomunikasikan
1. Siswa secara bergantian mengerjakan hasil latihan di depan kelas dan menjelaskan kepada siswa dan guru.
2. Siswa menyampaikan manfaat belajar faktor persekutuan terbesar (FPB) yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru.
3. Guru melakukan remidial bagi siswa yang masih kesulitan.