-->

RPP PJOK SD Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2016

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -
Kurikulum 2013 menggunakan dan menekankan kepada pembelajaran langsung (direct teaching) dan tidak langsung (indirect teaching). Pembelajaran langsung adalah pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan menggunakan pengetahuan peserta didik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP. Pembelajaran tidak langsung adalah pembelajaran yang terjadi selama proses pembelajara langsung yang mengondisikan dan menghasilkan dampak pengiring (nurturant effect). Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap yang terkandung dalam KI-1 dan KI-2.

Dimana dalam pelaksanaan pembelajaran, tenaga pengajar tidak harus seratus persen sesuai dengan RPP, artinya tenaga pengajar tidak hanya terpaku pada langkah – langkah yang ada, karena proses pembelajaran merupakan sesuatu yang dinamis yang tergantung kepada faktor fisik dan psikis peserta didik dan guru, sehingga menuntut guru untuk mampu mengembangkan konsep yang ada untuk menjadikan sesuatu yang dinamis dan kreativ . Karena itu, dalam membuat RPP sebaiknya tidak sekaligus untuk satu tahun atau satu semester: tetapi secara bertahap akan melaksanakan proses belajar/mengajar.

Indikator Komponen RPP 
  • Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  • Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  • Kelas/semester;
  • Materi pokok;
  • Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD  dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;  tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; 
  • Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi; materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang  relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi; 
  • Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai; 
  • Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  • Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan; 
  • langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan  penilaian hasil pembelajaran.

untuk mata pelajaran PJOK berikut ini kami sajikan untuk anda contoh RPP PJOK SD kelas 4 kurikulum 2013 Revisi 2016 dan tetunya RPP PJOK kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2016 di susun berdasarkan materi yang terdapat buku PJOK kelas 4 (Buku pegangan guru & dan siswa ) kurikulum 2013 revisi 2016 

Adapun materi yang terdapat pada buku PJOK SD kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2016 yang dijadikan sumber atau bahan pembuatan RPP yaitu diantaranya sebagai berikut.

  • Sepakbola
  • Bolalavoli
  • Bolabasket
  • Kasti
  • Rounders
  • Jalan Cepat
  • LariJarak pendek
  • Beladiri
  • Aktivitas Senam Lantai
  • Aktivitas Gerak Berirama
  • Renang
  • Jenis Cidera dan Cara Penanggulangannya
  • Perilaku Terpuji Dalam Pergaulan Sehari-Hari

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel