e-rapor SMP 2017: Updater e-Rapor SMP V.1.0 to 1.1, Panduan Singkat Instalasi serta Manajemen Penilaian oleh Admin
Aplikasi e-rapor SMP telah mengalami pembaharuan setelah beberapa hari yang lalu rilis dengan versi 1.0. Pada versi 1.1 ini, terdapat beberapa pembaharuan yang wajib anda ketahui, yaitu diantaranya adalah:
- [Pembaharuan] Update Database ke versi 3.72
- [Pembaharuan] Membuka Filter Keaktifan PTK dan Gelar Akademik untuk pengambilan data Guru
- [Pembaharuan] Membuka Filter Kelas Terbuka dan Kelas Jauh
- [Pembaharuan] Perubahan tampilan Cetak Leger
- [Pembaharuan] Menampilkan cetak rapor multi kkm
- [Pembaharuan] Penambahan Fitur Hapus Pembelajaran yang salah input
- [Pembaharuan] Pembaharuan tampilan mapping dan edit KD
- [Perbaikan] Perbaikan bug cetak identitas pada halaman depan rapor
- [Perbaikan] Perbaikan bug mapel ganda pada cetak rapor KTSP akibat penambahan mapel wajib di dapodik
- [Perbaikan] Perbaikan Filter Kelas dan Mata Pelajaran
- [Perbaikan] Perbaikan bug tampilan sikap pada halam pertama rapor
- [Perbaikan] Perbaikan Format Import KKM
- Pastikan anda sudah melakukan instalasi e-rapor SMP versi 1.0. Jika anda belum memiliki aplikasi e-rapor SMP versi tersebut, ada baiknya anda kunjungi link ini DOWNLOAD APLIKASI E-RAPOR SMP TAHUN 2017-2018 BESERTA PANDUANNYA. Pada link tersebut, sudah kami lampirkan link unduhan e-rapor beserta panduan instalasinya.
- Pastikan size updater e-rapor SMP sebesar 43,5 MB. Cara memastikannya adalah dengan memilik file-->klik kanan ---> lalu pilih properties. Berikut ini adalah tampilan properties dari file e-rapor SMP:
- Lakukan Updating aplikasi dari versi 1.0 ke versi 1.1 menggunakan Updater e-rapor SMP versi 1.0 to V.1.1 (sebagai catatan: jangan melakukan uninstal aplikasi eRapor SMP V.1.0) caranya adalah run as administrator updater lalu tunggu proses hingga selesai.
- Silahkan anda login dengan menggunakan user default e-rapor yaitu admin, dengan password admin123456. Setelah anda berhasil login, anda dapat mengubah user. Skema langkah dapat anda lihat pada gambar berikut ini:
- Hal lainnya adalah ambil data-data dari Dapodik.
- Tambahkan data user melalui data user. Data user menyediakan fitur tambah user untuk data user guru, data user wali kelas, data user BK dan data user siswa. Bagi anda yang tidak ingin repot- repot menambahkan user, anda dapat mengeklik generate ulang password. Aplikasi akan secara otomatis menambahkan user dengan password default yaitu admin123456(khusus admin). Sedangkan password untuk data user yang lain adalah sebagai berikut:
Secara default :
Untuk Guru Mapel yang ber NIP.
- Username : NIP Guru
- Password : 123456
- Username : Nama Guru (nama guru tanpa spasi dan karakter khusus huruf kecil semua, maksimal 18 karakter)
- Password : 123456
- Username : Nama Rombel – Kode Semester (huruf kecil semua, tanpa spasi) (Contoh : xmipa120161)
- Password : 123456
- Username :BKNIPGuru (Misal: bk196807171991031008)
- Password :123456
- Username :BKNAMA (missal : bkrahmadnisupanji)
- Password : 123456
Untuk Peserta Didik.
- Username : NISN (missal :00234676)
- Password : 123456
Perhatikan langkah-langkah berikut:
- Hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah Mapping Mapel Rapor. Caranya adalah Pada jendela Mapping Mapel, Pilih Kurikulum, Isikan Nama mapel pada Rapor, kelompok Mapel dan nomor Urut Mapel tersebut pada Rapor, selanjutnya klik tombol simpan Perhatikan langkah yang ditunjukan pada gambar berikut ini:
Gambar diatas adalah gambar yang menjelaskan mapping mapel khusus kurikulum 2013, yang kebetulan disekolah kami menerapkan kurikulum 2013. Mohon disesuaikan Kelompok Mapel dan No. urut mapel pada pedoman rapor, Pedomannya dapat anda unduh disini
- Input KKM Mata Pelajaran
- Input Tanggal Rapor
- Hal yang terakhir yang dilakukan adalah sincron nilai dapodik dan back up rapor.