-->

Download Aplikasi Penilaian Rapor KTSP SD Lengkap

inulwara.blogspot.com
Memberikan penilaian hasil belajar merupakan salah satu tugas pokok seorang guru selain tugasnya mendidik, mengajar, melatih, mengarahkan, atau membimbing peserta didik di dalam kelas. Bukan sesuatu yang asing karena tugas pokok itu sudah diatur berdasarkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Memberikan penilaian tidak hanya dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung atau ketika pembelajaran berakhir. Sebagai laporan rutin semester maupun tahunan, sudah menjadi kewajiban guru jika di setiap akhir ulangan semester sibuk merekapitulasi nilai yang diperoleh peserta didik untuk diolah menjadi nilai rapor yang akan disampaikan sebelum atau sesudah libur semester nanti.

Mengolah nilai yang mudah dan praktis sangat diharapkan para guru. Jam kerja yang cukup singkat, atau karena menjalankan tugas pokok lainnya sering menyita waktunya dalam mengolah penilaian hasil belajar peserta didik. Tidak jarang di beberapa waktu tertentu tugas sekolah terpaksa harus ia selesaikan di rumah.

Banyaknya dan rumitnya mengolah nilai rapor juga menjadi keluhan sebagian guru dalam memberikan laporan penilaian hasil belajar peserta didik di akhir semester. Kurangnya pengetahuan IT semakin menambah kendala dalam mengolah penilaian hasil belajar berbasis aplikasi komputer. Jangan heran jika hingga saat ini masih ditemukan banyak guru yang masih mengolah nilai rapor secara manual. Selain itu, penilaian yang autentik juga menjadi syarat objektivitas penilaian yang diolah agar prestasi peserta didik benar-benar diputuskan secara tepat dan akurat.

Masalah-masalah di atas tentunya menjadi hal yang lumrah dan sifatnya kontinyuitas. Jika tidak dicari solusi yang tepat, maka keluhan-keluhan tersebut akan terus ada dan muncul secara terus-menerus. Dan hal ini bisa jadi akan berdampak negatif terhadap kualitas hasil belajar peserta didik secara komprehensif.

Bagi Anda yang masih menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan ingin mengolah nilai rapor peserta didik, mungkin aplikasi ini dapat mempermudah pekerjaan mengolah nilai rapor peserta didik. Aplikasinya dapat langsung Anda download di sini. Aplikasi penilaian rapor KTSP SD ini berbasis microsoft excel. Anda dapat menggunakannya dengan mudah tanpa harus hitung-menghitung nilai lagi karena sudah dibuatkan formulanya.

Tidak ada yang salah memang, baik yang mengolah nilai rapor secara manual ataupun berbasis aplikasi selama hal itu objektif. Yang jadi masalah adalah ketika nilai rapor diolah dengan segala bentuk kekurangan data pendukung yang diperlukan atau dengan isitilah lain "Nilai Khayalan". Tentu Anda tidak ingin dicap sebagai "Guru Gadungan", bukan?

Memang, kualitas peserta didik itu tidak diukur dari nilai yang di dapatnya, tetapi dilihat dari bagaimana ilmu itu dapat ia serap dan terapkan dalam kehidupannya sehari-hari dan perkembangannya meningkat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Meskipun demikian, penilaian diolah dimaksudkan untuk memberi gambaran secara umum tentang ilmu yang peserta didik serap selama kegiatan belajar mengajar di sekolah dan sekaligus sebagai tindak lanjut pengambilan keputusan berikutnya. Dan inilah alasan mengapa penilaian itu harus objektif.

Mudah-mudahan dengan aplikasi penilaian rapor KTSP SD di atas dapat mempermudah pekerjaan Anda di sekolah dalam mengolah nilai rapor hasil belajar siswa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel