-->

Download Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017 Dan Panduan E-Rapor Smp Terbaru Tahun 2017/2018

Unduh Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017/2018


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net ini akan membahas dan membagikan file wacana Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP yang sebagaimana Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP tersebut.

Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 wacana Rencana Pem­ bangunan Jangka Menengah Nasional  2015­2019 menjelaskan, bahwa sasaran pembangunan di bidang pendidikan antara lain peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, tersedianya kurikulum yang handal, dan tersedianya sistem penilaian yang komprehensif. Untuk itu Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berhubungan dengan  Badan Penelitian dan Pengembangan, Ke­ menterian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Penilaian Pendidikan, menyusun Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk SMP (SMP).

Panduan ini berisi konsep penilaian, penilaian oleh pendidik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam panduan ini diuraikan cara menetapkan KKM dan mengisi rapor. Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam  merencanakan dan  melakukan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta menciptakan laporan pen­capaian kompetensi penerima didik.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyam­paikan  ucapan  terima kasih  dan penghargaan yang setinggi­tingginya atas tugas banyak sekali pihak dalam penyusunan panduan ini. Secara khusus disampaikan ucapan terima kasih dan peng­hargaan kepada tim penyusun yang telah bekerja keras dalam merampungkan panduan ini.

Hasil monitoring dan penilaian pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 menawarkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam  mengimplementasikan Kurikulum
2013 yaitu penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menya­takan mereka belum sanggup merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik yaitu merumuskan indikator, menyusun butir­butir instrumen, dan melakukan penilaian perilaku dengan memakai berbagai  macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melakukan penilaian keterampilan, alasannya yaitu belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.
Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam membuatkan butir­ butir soal pengetahuan, karena  kurang  memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butir­butir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, yang dikom­ binasikan dengan  keterampilan berpikir tingkat  rendah hingga tinggi.

Berdasarkan hasil monitoring tersebut satuan pendidikan juga mengalami kesulitan dalam memilih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan penerima didik. Permasalahan lain yang sering muncul adalah  penetapan KKM, penentuan predikat dan deskripsinya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagaikompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran atau KKM satuan pendidikan. Di samping itu, satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam memilih kebijakan berkaitan dengan  nilai hasil remedial.

Selain itu hasil monitoring juga menawarkan bahwa  pendidik maupun satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam melaku­kan pengolahan nilai, pemanfaatan, dan pelaporannya.

Memperhatikan permasalahan­permasahan di atas, perlu  disu­sun Panduan Penilaian pada SMP (SMP). Panduan penilaian ini dibutuhkan sanggup memudahkan pendidik dan  satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

Aplikasi e-Rapor berbasis Web
E-Rapor SMP yaitu aplikasi berbasis  web, di mana dalam satu sekolah aplikasi  ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server.

Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan penerima didik,kepala sekolah dan orang tua) sanggup mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan memakai web browser.

Berikut ini File Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP yang sanggup Anda Unduh Secara Gratis.

Untuk selengkapnya anda sanggup pribadi unduh beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel