-->

Penyebab Anak Sulit Tidur Siang dan Cara Mengatasinya

Pentinya Tidur Siang

Tidur siang untuk anak adalah aktivitas yang memberikan banyak manfaat.

Tidur siang menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi untuk anak. Dengan tidur siang hormon pertumbuhan anak akan berkembang. H-GH banyak ditemukan dalam darah. Hal ini memicu pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak.

Seperti dikutip dari sahabatnetsle.com dijelaskan bahwa dengan tidur siang dapat membantu pertumbuhan tinggi dan kecerdasan otak anak.

Dilanjutkan dengan studi internasional di Washington DC yang memaparkan bahwa tiga per lima orang yang tidak  tidur siang memiliki produktifitas kerja yang rendah.

Sementara dikutip dari BBCNews.com "membawa anak untuk tidur 1 jam setelah makan siang dapat membantu mereka (anak-anak) dalam belajar dengan meningkatkan kekuatan otak. Setelah tidur siang anak mengingat 10% lebih banyak informasi yang mereka peroleh dari pada informasi yang ia peroleh jika ia terjaga".

Itu artinya bahwa dengan tidur siang memberikan kekuatan lebih baik untuk menerima informasi.  Pada saat tidur siang otak anak mengalami peningkatan aktivitas otak yang berkaitan dengan penyatuan informasi informasi baru.

Masih dari BBCNews sebuah penelitian menunjukan bahwa membantu anak anak kelas 3 sampai kelas 5 lebih baik mengingat pelajaran pra sekolah.


Tidur siang benar-benar memberikan manfaat kepada anak, dari situ maka dapat disimpulkan manfaat dari tidur siang yaitu:
1. Meningkatkan konsentrasi anak
2. Meningkatkan kecerdasan otak
3. Meningkatkan kemampuan memori otak dalam menyimpan info d masih informasi baru.
4. Menjaga kebugaran tubuh anak.
5. Mempercepat perkembangan tubuh anak.


Sementara jika anak kurang tidur siang, dapat membuat berkurangnya kebugaran sehingga menyebabkan mudah kelelahan, cepat marah dan akhirnya berkurang juga tingkat konsentrasi anak.

Berdasarkan uraian-uraian di atas maka kita mengetahui betapa pentingnya tidur siang bagi anak.

Untuk itu menjadi hal yang penting bagi orang tua untuk dapat membantu membiasakan anak tidur siang.


Tapi nyatanya tidak semua anak mau untuk tidur siang, lantas bagaimana untuk membuat anak mau untuk tidur siang?


Sumber : freepik

Sebelum mengetahui cara mengatasi anak yang sulit tidur siang. Hal yang perlu untuk diketahui pertama yaitu penyebab yang membuat anak sulit tidur siang.

Berikut ini akan dijelaskan apa penyebab anak sulit tidur siang.

Penyebab anak sulit tidur siang

1. Tidak terbiasa tidur siang

Jika anak anda tidak terbiasa untuk tidur siang. Tentu mereka akan kesulitan ketika suatu saat anda mencoba merubah nya untuk tidur siang.

Jika akan sudah terbiasa tidak tidur siang selama ini. Maka perlu untuk membiasakan anak tidur siang terlebih dahulu dengan pelan-pelan.

2. Anak yang terlalu aktif

Anak yang terlalu aktif tentu butuh berbagai macam aktifitas untuk menyalurkan energinya. Dia tidak akan bisa diam. Apalagi untuk tidur dia akan merasa sulit karena dia memiliki energi yang  berlebihan.

Anak dengan tipe ini memerlukan banyak aktifitas sehingga menghabiskan energinya. Ketika energinya sudah terkuras baru dia dapat tidur.

3. Mengkonsumsi minuman berkafein

Kafein tidak hanya ada pada kopi. Jadi walau anak tidak mengkonsumsi kopi, dia juga dapat mengkonsumsi kafein. Kafein dapat berasal dari minuman yang nersoda atau juga permen coklat.

Anak seperti di kutip dari okezonelifestyle anak yang sensitif jika mengkonsumsi kafein akan menyebabkan dia tidak mengantuk melainkan tambah aktif dan sulit untuk tidur.

4. Menggunakan HP/Smartphone

Untuk memanjakan anak, memberikan berbagai macam permainan pada anak. Kini banyak orang tua yang memberikan anaknya smartphone atau HP.

Salah satu dampak negatif yang dapat diperoleh jika tidak ada pembatasan penggunaan yaitu anak akan sulit tidur.

Game atau peainan pada handphone yang menarik membuat otaknya terangsang untuk terus memainkan game pada HP tersebut.

5. Menonton filem horror

Filem horor adalah filem yang dipenuhi dengan adegan menakutkan. Beberapa anak memang menyukai filem ini. Namun filem ini dapat membuat anak sulit tidur. Adegan adegan yang menakutkan pada filem ini dapat membuat anak selalu teringat dan menakutinya. Bahkan juga dapat terbawa ke dalam mimpi dan menjadi mimpi buruk bagi anak tersebut.


Sumber : freepik

Cara Mengatasi Anak Sulit Tidur Siang

Setelah mengetahui, penyebab anak sulit tidur. Berikut ini cara yang dapat orang tua lalukan untuk membuat anak tidur siang.

1. Membiasakan anak untuk tidur siang dengan membuat jadwal tidur

Kita dapat membiasakan anak untuk tidur siang dengan membuat jadwal tidur. Buat jadwal tidur dengan waktu tidur, waktu bangun, baik iti tidur siang maalipun tidur malam. Dengan adanya jadwal tersebut anak-anak akan berkembang dengan konsisten.

Rutinitas tidur akan membantu anak untuk memiliki kebiasaan dalam tidur. Mungkin akan menjadi sulit diawalnya oleh sebab itu buat kesepakatan dengan anak. Kemudian ciptakan lingkungan yang dapat membuat ia mudah tidur.

2. Berikan asupan makanan dengan karbohidrat dan gula yang cukup serta hindarkan dari kafein.

Seperti kita ketahui bahwa kefein membuat anak menjadi sulit tidur. Maka hindarkanlah dari kafein. Sementara memberikan asupan makanan yang mengandung gula dan karbohidrat dapat membuat anak lebih mudah tidur.

Saat anak kenyang dia lebih mudah tidur dari pada kondisi lapar. Maka pada siang hari berikanlah makan buat anak yang cukup seperti makan nasi dan sayuran ditambah dengan susu jika perlu. Setelah makan siang sampaikan bahwa hal selanjutnya yaitu tidur siang bagi anak. Itu akan sangat baik untuk anak.

3. Menciptakan suasana yang nyaman di tempat tidur.

kita dapat menciptakan suasana yang nyaman pada anak dengan cara:
a. Jangan gunakan terlalu banyak selimut - lebih sulit tidur saat anak terlalu panas.

b. Biarkan boneka binatang, boneka favorit, atau barang kenyamanan lainnya.

4. Ciptakan suasana yang menenangkan.

Kita dapat menciptakan suasana yang menenangkan dengan cara:
a. Matikan lampu, tutup nuansa jendela, matikan TV.
b. Mainkan musik yang tenang dan lembut.

5. Menemani anak untuk tidur

Jika anak sulit tidur seperti karena ketakutan. Maka hal yang dapat kamu lakukan yaitu menemaninya. Berikan kenyamanan pada mereka dan kasih sayang serta kelemkelemnutan. Cobalah gosok punggung lembut jika anak anda gelisah.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel