-->

PENTING.. !! BOLEHKAH DOA DI KAMAR MANDI SAAT WUDHU ???

Situsberbagi.com - Salah satu rutinitas dan kewajiban kita umat muslim sebelum menunaikan sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah kita harus berwudhu. Sebab tanpa wudhu maka sholat kita tidak akan sah. Sebagaimana diketahui, sebelum berwudhu kita dianjurkan melafalkan bismillah dan mengamalkan sunah lainnya: mencuci telapak tangan, memasukkan air ke dalam hidung, dan kumur-kumur. Setelah berwudhu pun terdapat beberapa kesunahan yang dianjurkan seperti membaca doa dan lain-lain.


Sementara itu, kondisi kita saat ini kebanyakan tidak memiliki tempat khusus wudhu di dalam rumah. Kalau mau wudhu, pasti kita melakukannya di kamar mandi dan di situ biasanya ada tempat buang hajat. Padahal pada tempat itu tidak elok melafalkan kalimat dzikir dan doa. Pada kondisi ini, manakah yang harus diutamakan? Tetap membaca do’a dan bismillah demi mendapatkan kesunnahan wudhu’ atau meninggalkannya karena sedang berada di tempat yang dimakruhkan melafalkan dzikir dan doa?

Jawaban dari pertanyaan ini sudah dijelaskan oleh ulama terdahulu. Kumpulan pendapat mereka dapat ditemukan dalam Al-Mawsu’atul Fiqhiyyah. Ensiklopedia fikih tersebut menyebutkan:
Ł‚Ų§Ł„ Ų§ŲØŁ† Ų¹Ų§ŲØŲÆŁŠŁ†: Ł„Łˆ ŲŖŁˆŲ¶Ų£ ŁŁŠ Ų§Ł„Ų®Ł„Ų§Ų” ŁŁ‡Ł„ ŁŠŲ£ŲŖŁŠ ŲØŲ§Ł„ŲØŲ³Ł…Ł„Ų© ŁˆŲŗŁŠŲ±Ł‡Ų§ Ł…Ł† Ų£ŲÆŲ¹ŁŠŲ© Ų§Ł„ŁˆŲ¶ŁˆŲ” Ł…Ų±Ų§Ų¹Ų§Ų© Ł„Ų³Ł†ŲŖŁ‡؟ Ų£Łˆ ŁŠŲŖŲ±ŁƒŁ‡Ų§ Ł…Ų±Ų§Ų¹Ų§Ų© Ł„Ł„Ł…Ų­Ł„؟ Ł‚Ų§Ł„: Ų§Ł„Ų°ŁŠ ŁŠŲøŁ‡Ų± Ų§Ł„Ų«Ų§Ł†ŁŠ Ł„ŲŖŲµŲ±ŁŠŲ­Ł‡Ł… ŲØŲŖŁ‚ŲÆŁŠŁ… Ų§Ł„Ł†Ł‡ŁŠ Ų¹Ł„Ł‰ Ų§Ł„Ų£Ł…Ų± ŁˆŁ‡Łˆ Ł…Ł‚ŲŖŲ¶Ł‰ Ł…Ų§ Ų¹Ł†ŲÆ Ų§Ł„Ų­Ł†Ų§ŲØŁ„Ų© Ł…Ł† Ų£Ł† Ų§Ł„ŲŖŲ³Ł…ŁŠŲ© ŁŁŠ Ų§Ł„ŁˆŲ¶ŁˆŲ” ŁˆŲ§Ų¬ŲØŲ©، ŁˆŲ£Ł† Ų§Ł„Ų°ŁƒŲ± ŲØŲ§Ł„Ł‚Ł„ŲØ Ł„Ų§ ŁŠŁƒŲ±Ł‡، ŁˆŲ°Ł‡ŲØ Ų§Ł„Ł…Ų§Ł„ŁƒŁŠŲ© Ų„Ł„Ł‰ ŁŠŁƒŲ±Ł‡ Ų§Ł„Ų°ŁƒŲ± ŁŁŠ Ų§Ł„Ų®Ł„Ų§Ų”

Artinya, “Ibnu ‘Abidin mengatakan, andaikan seorang berwudhu di kamar kecil, apakah dianjurkan baginya membaca bismillah dan kesunahan lainnya dari membaca do’a wudhu demi menjaga kesunahan atau meninggalkannya mengingat tempatnya? Menurut Ibnu ‘Abidin, pendapat yang jelas adalah meninggalkan kesunahan karena kebanyakan ulama lebih memprioritaskan larangan dari perintah. Hal ini sesuai dengan pendapat ulama dari Madzhab Hanbali yang mengatakan bismillah wajib dalam wudhu. Sementara tetap berdzikir di dalam hati tidak dimakruhkan dan menurut ulama Madzhab Maliki dimakruhkan zikir di kamar kecil.”

Merujuk pada pendapat ini, lebih baik tidak melafalkan bismillah dan do’a pada saat wudhu di kamar mandi. Aturan ini berlaku bila di dalamnya terdapat tempat buang hajat. Ibn ‘Abidin mengatakan, larangan melafalkan dzikir pada tempat kotor lebih jelas ketimbang perintah umum melafalkan dzikir dan doa, khususnya pada saat wudhu. Hal ini ditekankan guna menghormati kesucian kalimat dzikir dan doa. Meskipun membacanya dimakruhkan, membatinkan dzikir dan doa di dalam hati tetap diperbolehkan. Adapun terkait kesunahan berdo’a setelah wudhu, solusinya ialah membacanya pada saat keluar dari kamar mandi. Wallahu a’lam

sumber : www.nu.or.id

Demikian artikel mengenai apakah bolehkah doa di kamar mandi pada saat wudhu, semoga bermanfaat. Jika ada referensi dan ilmu atau pendapat yang lain silahkan berbagi di sini. terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel