-->

Download Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban BOS K7a dan K7 SD

inulwara.blogspot.com
Laporan pertanggungjawaban penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak hanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan intern sekolah saja. Namun, sudah menjadi keharusan bagi setiap sekolah baik SD, SMP, SMA, dan lainnya untuk melaporkan segala penggunaan dana tersebut ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setiap 3 bulan sekali (per triwulan sesuai program penyalurannya). Biasanya, format pelaporan untuk diserahkan ke Dinas Pendidikan adalah format K7a dan K7.

Terkadang, antara Dinas Pendidikan dan sekolah terjadi miskomunikasi dalam pelaporan pertanggungjawaban dana BOS ini khususnya mengenai poin-poin utama pelaporan tersebut. Sehingga, seringkali banyak ditemukan masalah dan kendala dalam menyinkronkan antara penggunaan di sekolah dengan laporan yang diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Selain karena ketidaktahuan poin utama pelaporan, minimnya informasi yang diterima, pelaporan yang asal-asalan juga menyebabkan timbulnya masalah. Beberapa sekolah (khususnya SD) juga masih banyak yang tidak memiliki tenaga administrasi di sekolahnya sehingga, setiap kali pelaporan harus mencari jasa pihak lain untuk membuat laporan pertanggungjawaban dana BOS tersebut.

Kelemahan-kelemahan di atas tentu menjadi motivasi tersendiri bagi pihak penanggungjawab BOS Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bagian Bina SD untuk menghadirkan sebuah aplikasi sederhana dalam membantu mempermudah dan mempercepat pelaporan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah serta meminimalisir kemungkinan kesalahan dalam pelaporannya. Adanya aplikasi pelaporan K7a dan K7 SD berbasis Microsoft Excel ini memungkinkan penggunanya dapat dengan mudah dan cepat melaporkan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS sekolahnya ke Dinas Pendidikan Kabupaten.

Bagi Anda yang ingin mendownload aplikasi K7a dan K7 berbasis Microsoft Excel, silakan klik di sini! Aplikasi ini dibuat oleh Penanggung jawab BOS Kabupaten. Aplikasi ini merupakan poin-poin utama pelaporan pertanggungjawaban penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah. Penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal mengisi form isian sesuai perintah yang tersedia berikut identitas sekolah dan Kepala Sekolah Anda. Kalkulasi penggunaan dana akan secara otomatis muncul karena sudah disertakan formula penghitungannya.

Demikian, semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel