-->

Cara Membuat Nilai Deskripsi Kurikulum 2013

Alhamdulillah
Semoga kita selalu dalam curahan kasing sayang-Nya.
Langsung saja pada kesempatan ini saya akan posting melaui blog sederhana ini apK13sd. Bagaimana sih cara membuat nilai deskripsi pada raport kurikulum 2013 SD? Adakah panduan untuk membuat nilai atau mengolah nilai menjadi sebuah kalimat deskripsi pada raport K13 SD?


Untuk jawaban panduan ada, yaitu di buku panduan penilaian 2013 terbaru yaitu revisi 2016. Silahkan download buku nya pada postingan sebelumnya:(Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru)  Dan caranya  mengolah / membuat nilai deksripsi tentu ada dibuku tersebut... heheh.. ya iya lah....
cata membuat nilai deksripsi rapot kurikulum 2013


Saya yakin Bapak/Ibu Guru setelah mendowload tak perlu lagi membaca lanjutan postingan ini, karena postingan ini juga  dari buku tersebut, namun untuk sekaligus saya juga ikut membaca dan belajar, ditambah untuk nambah-tambah postingan blog.


Pengolahan Hasil Penilaian Pengetahuan

Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD.

rekap nilai pengetahuan kurikulum 2013

A. Pengolahan nilai pengetahuan

Data pada tabel di bawah ini adalah contoh hasil pengolahan penilaian pengetahuan dalam satu semester untuk muatan pelajaran Bahasa Indonesia.

Keterangan:
  • Nilai penilaian harian (NPH) merupakan rerata nilai dari penilaian harian (tes dan nontes) pada setiap KD per mata/muatan pelajaran.
  • Nilai penilaian tengah semester (NPTS) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per mata/muatan pelajaran
  • Nilai penilaian akhir semester (NPAS) atau nilai penilaian akhir tahun (NPAT) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per mata/muatan pelajaran.
  • Nilai akhir semester (NAS) atau nilai akhir tahun (NAT) diperoleh dari NPH, NPTS dan NPAS/NPAT pada KD per mata/muatan pelajaran yang digunakan untuk pengisian nilai rapor.
  • Predikat diperoleh dari hasil nilai akhir masing-masing mata/muatan pelajaran, sebelum dideskripsikan pada rapor. Rentang predikat ditentukan oleh masingmasing satuan pendidikan dengan mempertimbangkan KKM.
  • Deskripsi ditulis berdasarkan capaian nilai tertinggi dan terendah dari capaian KD. Kalimat pada deskripsi rapor ditulis berdasarkan hasil analisis KD berupa kata kunci.

 b. Menentukan Nilai Akhir

Penghitungan NA untuk setiap KD dapat dilakukan sesuai dengan kegiatan penilaian yang dilakukan dan pembobotan. Untuk penghitungan NA KD 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 3.5, 3.8, dan 3.10 didasarkan pada NPH, NPTS, dan NPAS. Jika bobot di suatu satuan pendidikan adalah (2*NPH):NPTS:NPAS, maka penghitungan NA KD menggunakan rumus sebagai berikut:

rumus hitung nilai KD
Penghitungan NA untuk setiap KD dapat dilakukan sesuai dengan kegiatan penilaian yang dilakukan dan pembobotan. Untuk penghitungan NA KD 3.6, 3.7, dan 3.9 didasarkan pada NPH dan NPAS. Hal ini dikarenakan ketiga KD tersebut terdapat pada tema 3 dan/atau 4 yang kegiatan pembelajarannya dilakukan setelah PTS Jika bobot di suatu satuan pendidikan adalah (2*NPH):NPAS, maka penghitungan NA KD menggunakan rumus sebagai berikut:

Dengan demikian penghitungan NA Muatan pelajaran dapat dilakukan dengan
menggunakan rumus: NA Mupel = Rata-rata NA KD


c. Menentukan Predikat dan Deskripsi Nilai

Contoh pengolahan nilai dan deskripsi rapor Arora di sekolah memiliki KKM satuan pendidikan 70, maka rentang predikat berdasarkan rumus sebelumnya diperolehdata sebagai berikut .
Lebih jelas tentang KKM dan Predikat lihat postingan (KKM dan Rentang Predikat Kurikulum 2013)

Sedangkan capaian nilai pengetahuan Arora 81, maka predikat dan deskripsi nilai
Arora sebagai berikut


Untuk menuliskan deskripsi rapor, dimulai dari menganalisis capaian nilai KD tertinggi dan terendah. Berikut disajikan tabel nilai KD pengetahuan muatan pelajaran Bahasa Indonesia.



Keterangan:
KD di atas hanya sebagai contoh, apabila terjadi perubahan, KD disesuaikan dengan peraturan yang berlaku

Berdasarkan tabel di atas, tampak bahwa capaian nilai tertinggi pada KD 3.5 = 91 (sangat baik), sedangkan capaian nilai terendah pada KD 3.3 = 73 (cukup). Dengan demikian deskripsi rapor sebagai berikut.

Ananda Arora sangat baik dalam mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek, cukup dalam menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan.



Itualah postingan tentang langkah-langkah membuat nilai deksripsi raport pada kurikulum 2013 jenjang SD.


 Semoga bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel