-->

Mau Tau Negara Yang Ingin Menghapus Semua Mata Pelajarannya


Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa Finlandia adalah negara yang sistem pendidikannya menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Dalam berbagai ranking internasional, sistem pendidikan Finlandia selalu berada di 10 besar. Walau begitu, rupanya saat ini Finlandia sedang berupaya untuk melakukan perombakan besar-besaran di sistem edukasi mereka.

Finlandia berniat untuk menghilangkan semua mata pelajaran dari kurikulum sekolah mereka. Tidak akan ada lagi mata pelajaran fisika, matematika, bahasa, sejarah, atau geografi. Perubahan ini kemudian dijelaskan oleh Menteri Departemen Pendidikan mereka, Marjo Kyllonen.



Selama ini sekolah mengajar dengan cara yang tradisional dan sudah dipakai sejak tahun 1900-an. Sekarang, kebutuhan sudah berubah dan kita butuh sesuatu yang lebih cocok untuk abad ke-21. Alih-alih mengajarkan tiap mata pelajaran secara terpisah, siswa akan diajari untuk melihat satu fenomena dengan pendekatan interdisipliner.

Contohnya, Perang Dunia II akan dilihat dari perspektif sejarah, geografi, dan matematika. Lalu, siswa juga bisa mengambil kursus ‘Bekerja di Café’ untuk menyerap semua ilmu tentang bahasa, ekonomi, dan komunikasi.

Walau begitu, konsep ini tidak akan diterapkan untuk semua jenjang usia. Sistem pendidikan yang unik ini baru mulai diterapkan ketika siswa sudah berusia 16 tahun. Ide dari konsep ini adlah membiarkan siswa memilih topik atau fenomena terentu yang ingin dipelajari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel