-->

Berbagi Info: Trick Cepat Penyelesaian PMP ala MAT DOBLANG

well, pada kesempatan ini saya ingin berbagi trik bagaimana solusinya menyelesaikan PMP ala MAT DOBLANG. Nama Mat Doblang sebenarnya adalah nama akun facebook dari seorang operator yang tergolong aktif dalam berbagi ilmu terutama ilmu yang berkaitan dengan operator. Trik ini adalah trik jitu khusus bagi orang yang mencari jalan pintas, tidak mau ribet -ribet mengerjakan PMP. Harap maklum, sebagai operator sekolah, tentunya memiliki tugas yang banyak sekali, dan bukan hanya mengerjakan PMP saja. Ingat masih ada tugas besar operator sekolah yaitu verval PD mengingat data pada verval PD akan dijadikan acuan untuk peserta Ujian Nasional 2016/2017.  Dan PMP ini dianggap menyita banyak waktu dan tenaga, oleh karenanya perlu trik trik menyegarkan yang "mungkin" bisa digunakan sebagai solusi.
Tujuan saya berbagi trik ini, bukan menghimbau untuk mengerjakan PMP lewat "Jalur Khusus", tapi ini adalah hanya sekedar sharing. Kalau ingin tantangan silahkan baca trik beliau berikut ini. Langsung saja, ke TKP.
Didalam trik cepat penyelesaian PMP ala MAT Doblang, langkah pertama yang harus dikerjakan adalah menyiapkan aplikasi berupa NAVICAT, bisa didownload DISINI,   kemudian amplop 4.0.3 LE bisa dicari https://www.identik.org/project/amplop/ , lalu juga persiapkan file pg-hba yang sudah diedit oleh beliau, file nya ada disini, dan jika hendak kirim data, hendaklah file pg-hba diganti dengan versi asli PMP nya, bisa didownload disini 
1.  setting koneksi navicat dengan PMP
setelah didownload aplikasi navicat, installah aplikasi tersebut ke komputer anda. setelah terinstal, silahkan buka aplikasi navicatnya dan lakulan pensettingan seperti video berikut:


           
keterangan:
connection name: data_didas
host: localhost
port: 7127
initial database: template1
user name: postgres
pasword:ddikda5
2. export data referensi ke excel
setelah berhasil membongkar data PMP via Navicat, maka proses selanjutnya adalah mengedit referensi data melalui excel. Untuk langkah- langkahnya bisa dilihat pada video dibawah ini



                                                                                                                                                                    
berdasarkan video diatas, data yang dibutuhkan adalah:
1. Penggunya; untuk mengetahui pengguna_id
2. Jawaban; sebagai dasar atau sumber data yang akan dicopy sebagai jawaban pengguna yang belum ngejawab
3. submit_instrumen; untuk melakukan konfirmasi atas semua jawaban pengguna secara masal
 Langkahnya sebagai berikut:
  • Langkah pertama ambil data yang diperlukan dari db PMP untuk selanjutnya diedit melalui excel
  • daftar pengguna
  • klik tabel pengguna
  • export wizard
  • pilih xls - next
  • tentukan dimana file hasil export akan disimpan
  • next - start - close

  • lanjut ke tabel jawaban, jika punya, jika tidak MAT DOBLANG sudah menyediakan untuk tiap-tiap pengguna (guru, siswa, kepsek, komite dan pengawas)
  • silahkan buka file hasil export dan pelajari tiap tiap kolomnya

  • perhatikan peran_id
  • angka 12 untuk siswa
  • angka 53 untuk guru
  • angka 14 untuk komite dan
  • angka 13 untuk pengawas
  • yang kita butuhkan dari file ini nantinya adalah pengguna_id dan sekolah_id
file pendukung yang harus ada adalah sebagai berikut
1.Template peserta didik
2. template guru SD
3. template guru SMP

 3.  Cara insert jawaban PMP via Navicat
perhatikan video berikut ini:

                        untuk editing file excel PMP, gunakan edit data siswa dengan cara membuka template peserta didik pada file pendukung. selanjutnya perhatikan kolom jawaban_id (yang masih kosong) dan pengguna_id. Gunakan Generate UUID yang terdapat pada aplikasi amplop yang sudah didownload tadi, jika berada pada kisaran 3000 keatas file yang mau digenerate, silahkan lakukan generate UUID secara online. langkahnya tinggal klik www.uuid.online. Langkah selanjutnya adalah perhatikan kolom sekolah_id, gunakan menu find dan replace untuk mempercepat proses kerja, lalu copy file id dari file pengguna ke kolom pengguna_id, isikan dengan uuid pengguna yang bisa didapatkan dari file pengguna. setelah semua selesai dimana jawaban id, sekolah id dan pengguna id telah terisi dengan UUID, maka copy paste atau import ke navicat nya. Itulah langkah-langkahnya.well, siapa yang berani coba?????
(sumber ini saya ambil dari situs beliau yang beralamatkan di http://sdnbendhil05pg.blogspot.co.id)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel