KKM dan Rentang Predikat Kurikulum 2013
Kami kutip dari buku Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) tahun 2016 sebagai berikut: (Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) halaman 9) Dalam menetapkan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama-sama kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. KKM dicantumkan dalam Dokumen I KTSP dan bersifat dinamis, artinya memungkinkan mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan proses pembelajaran. KKM dituliskan dalam bentuk angka (bilangan bulat) dengan rentang 0 – 100. Dengan demikian, penentuan KKM muatan pelajaran merupakan kewenangan
pendidik yang disetujui di tingkat Satuan Pendidikan melalui rapat dewan guru. KKM dapat dibuat berbeda untuk setiap mata pelajaran dan dapat juga dibuat sama untuk semua mata pelajaran pada suatu sekolah. Apabila sekolah menentukan KKM yang berbeda untuk setiap mata pelajaran, sekolah harus mempertimbangkan panjang interval setiap mata pelajaran.
KKM yang berbeda akan mengakibatkan interval predikat dan penentuan predikat yang berbeda. Misalnya, muatan pelajaran dengan KKM 75 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 75, sedangkan KKM 60 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 60.Hal ini berimplikasi antara lain pada format dan pengisisan rapor. Apabila sekolah menentukan KKM yang sama untuk semua mata pelajaran, misalnya dengan menjadikan KKM mata pelajaran paling rendah sebagai KKM satuan pendidikan. Hal ini akan menyederhanakan penentuan interval predikat serta format dan pengisian rapor. Nilai KKM ditulis dalam dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan disosialisasikan kepada semua warga sekolah.
Kemudian Lajut Ke Panduan (Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) Halaman 46 Setelah KKM setiap muatan/mata pelajaran ditentukan, KKM satuan pendidikan dapat ditetapkan dengan memilih KKM yang terendah dari seluruh KKM muatan/ mata pelajaran. Misalnya, suatu sekolah berdasarkan hasil analisis menentukan satu KKM untuk seluruh mata pelajaran 60. Rentang predikat dapat menggunakan satu ukuran yang sama di satu sekolah. Misalnya, KKM satuan pendidikan 60, berarti predikat Cukup dimulai dari
nilai 60. Rentang predikat untuk semua mata pelajaran menggunakan rumus sebagai berikut:
Sehingga panjang interval untuk setiap predikat 13 atau 14. Karena rentang predikat nilainya 13 atau 14, maka untuk mata pelajaran Matematika, rentang predikatnya sebagai berikut.
Contoh Rentang Predikat untuk KKM Satuan Pendidikan 60 Pada contoh di atas, rentang predikat untuk predikat A yaitu 13 sedangkan predikat B dan C rentang predikatnya 14.
YANG PERLU DI PERHATIKAN ADALAH RENTANG PREDIKAT TIDAK BULAT ATAU ADA ANGKA DI BELAKANG KOMA
Maka kita bisa memilih angka bulat terdekat, maksudya seperti pada yang di contohkan diatas
Contoh Rentang Predikat Dari Beberapa KKM KKM Satuan Pendidikan *)
*) KKM Satuan Pendidikan menggunakan angka KKM Muatan Pelajaran paling rendah/minimal.
Kemudian aplikasi raport k13 apK13sd sebisa mungkin kami sesuikan sesuai pedoman tersebut diatas, untuk aplikasinya bisa di lihat di link berikut.
1. Aplikasi K13 SD Guru Kelas
2. Aplikasi K13 SD Guru Mapel
Demikikan yang bisa kami posting, semoga bermanfaat.
Sumber/Referensi:
Buku Panduan Penilaian SD Tahun 2016 (download)
pendidik yang disetujui di tingkat Satuan Pendidikan melalui rapat dewan guru. KKM dapat dibuat berbeda untuk setiap mata pelajaran dan dapat juga dibuat sama untuk semua mata pelajaran pada suatu sekolah. Apabila sekolah menentukan KKM yang berbeda untuk setiap mata pelajaran, sekolah harus mempertimbangkan panjang interval setiap mata pelajaran.
KKM yang berbeda akan mengakibatkan interval predikat dan penentuan predikat yang berbeda. Misalnya, muatan pelajaran dengan KKM 75 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 75, sedangkan KKM 60 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 60.Hal ini berimplikasi antara lain pada format dan pengisisan rapor. Apabila sekolah menentukan KKM yang sama untuk semua mata pelajaran, misalnya dengan menjadikan KKM mata pelajaran paling rendah sebagai KKM satuan pendidikan. Hal ini akan menyederhanakan penentuan interval predikat serta format dan pengisian rapor. Nilai KKM ditulis dalam dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan disosialisasikan kepada semua warga sekolah.
Kemudian Lajut Ke Panduan (Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) Halaman 46 Setelah KKM setiap muatan/mata pelajaran ditentukan, KKM satuan pendidikan dapat ditetapkan dengan memilih KKM yang terendah dari seluruh KKM muatan/ mata pelajaran. Misalnya, suatu sekolah berdasarkan hasil analisis menentukan satu KKM untuk seluruh mata pelajaran 60. Rentang predikat dapat menggunakan satu ukuran yang sama di satu sekolah. Misalnya, KKM satuan pendidikan 60, berarti predikat Cukup dimulai dari
nilai 60. Rentang predikat untuk semua mata pelajaran menggunakan rumus sebagai berikut:
Sehingga panjang interval untuk setiap predikat 13 atau 14. Karena rentang predikat nilainya 13 atau 14, maka untuk mata pelajaran Matematika, rentang predikatnya sebagai berikut.
Contoh Rentang Predikat untuk KKM Satuan Pendidikan 60 Pada contoh di atas, rentang predikat untuk predikat A yaitu 13 sedangkan predikat B dan C rentang predikatnya 14.
YANG PERLU DI PERHATIKAN ADALAH RENTANG PREDIKAT TIDAK BULAT ATAU ADA ANGKA DI BELAKANG KOMA
Maka kita bisa memilih angka bulat terdekat, maksudya seperti pada yang di contohkan diatas
Contoh Rentang Predikat Dari Beberapa KKM KKM Satuan Pendidikan *)
*) KKM Satuan Pendidikan menggunakan angka KKM Muatan Pelajaran paling rendah/minimal.
Dari uraian tersebut diatas dapat diketahui. untuk rentang Predikat A (Sangat Baik), B ( Baik), C (Cukup), D (Perlu Bimbingan) berdasarkan pada KKM Satuan Pendidikan.
Kemudian aplikasi raport k13 apK13sd sebisa mungkin kami sesuikan sesuai pedoman tersebut diatas, untuk aplikasinya bisa di lihat di link berikut.
1. Aplikasi K13 SD Guru Kelas
2. Aplikasi K13 SD Guru Mapel
Demikikan yang bisa kami posting, semoga bermanfaat.
Sumber/Referensi:
Buku Panduan Penilaian SD Tahun 2016 (download)